Beragam Kain Batik (Sumber Gambar: Unsplash/iniizah)

Rekomendasi Lokasi Sentra Kain Batik di Jakarta

02 November 2023   |   20:00 WIB

Industri fashion makin berkembang dan menciptakan gaya baru dalam berpakaian. Kain batik, kain yang dahulu dinilai kuno, identik dengan orang tua hingga jarang sekali diminati oleh anak muda kini mulai mengalami kemajuan.

Mendobrak istilah kuno pada kain batik, dengan cara memadukannya. Seperti dengan bawahan jeans, rok plisket, celana kain, celana chino dan masih banyak lainnya. Kini batik tersedia di toko offline maupun online yang praktis, hanya dengan membuka smartphone, kalian dapat memilih berbagai jenis kain batik sesuai dengan keinginan kalian.

Tak hanya itu, kain yang dipasarkan pun memiliki harga yang bervariasi, dari harga yang sangat amat terjangkau hingga harga yang membuat geleng-geleng kepala. Namun, rasanya tidak puas bagi pecinta batik jika hanya dengan melihatnya di layar genggam.

Baca juga: 5 Pilihan Gaya Busana Batik yang Anggun & Modis

Pencinta batik tentunya harus merasakan kualitas, tekstur, warna serta motif pada kain. Pada era sekarang ini, meskipun banyak sekali penjual kain batik baik secara daring, mereka juga tetap menjual batik di took offlinenya. Sehingga sampai sekarang ini banyak sekali toko tekstil yang masih berdiri dan
berjualan.
 

1. Pasar Tanah Abang

Tanah Abang terkenal sebagai pusat tekstil terbesar di Asia Tenggara yang sudah ada sejak tahun 1735, yang dimana kita dapat membelinya secara eceran maupun grosir, kualitas yang dimilikipun sangat baik karena diambil langsung dari pabrik tekstil dalam negeri. Beragam motif batik Pekalongan hingga Solo dapat dijumpai di beberapa blok Pasar Tanah Abang. Harga yang ditawarkan juga beragam, dari Rp35.000 hingga Rp185.000 tergantung dari motif dan ukuran batik tersebut.

Kain batik, kain katun, kain sutra, kain drill, kain tile, dan banyak kain lainnya. Semuanya lengkap tersedia di sini. Pasar Tanah Abang memiliki beberapa blok yang khusus menjual kain tekstil.
Yaitu Blok A, B, F, dan AURI.

Pasar Tanah Abang terletak di Jl. KH. Mas Mansyur, Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang,
Jakarta Pusat.
 

2. Pasar Thamrin City

Ingat Batik, Ingat Thamrin City merupakan tagline bagi Thamrin City. Jika kalian sedang mencari kain batik, kalian boleh berkunjung kesini. Di Thamrin City terdapat 15 toko penjual batik yang dapat membuat kita bingung karena pilihannya sangat beragam. Terdapat batik dengan berbagai kualitas, mulai dari batik printing, batik cap, hingga batik tulis. Selain batik, ada pula beberapa jenis pakaian seperti pakaian dari tenun, busana muslim hingga toko khusus perempuan.

Thamrin City berada di Jalan K.H. Mas Mansyur, Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota
Jakarta Pusat. Kawasan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.
 

3. Rumah Batik Danar Hadi

Rumah Batik Danar Hadi ini merupakan solusi bagi kalian yang sedang mencari batik asli Solo
dengan kualitas yang premium, 20 butik tersebar luas di Indonesia. Terdapat banyak sekali jenis batik, seperti batik tumpal, batik etnik, batik ringkai rintik dan masih banyak lainnya. Danar Hadi telah berkembang menjadi sebuah perusahaan batik yang cukup terpandang dan terdepan di Indonesia, namun tetap membumi dan menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional.

Berbeda dengan Tanah Abang dan Thamrin City, Rumah Batik Danar Hadi ini menjual berbagai macam kain batik secara eksklusif sehingga harga yang ditawarkannya pun jauh berbeda dengan harga dipasar Tanah Abang dan Thamrin City sebelumnya.

Rumah Batik Danar Hadi ini terletak di Jalan Raden Saleh Raya No.1 A, RT.2/RW.2, Kenari, Kec.
Senen, Kota Jakarta Pusat, Jakarta.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Festival Film Indonesia 2023 Resmi Umumkan Jajaran Dewan Juri Akhir, Cek Nama-namanya

BERIKUTNYA

Daftar Pemeran Drakor Moon in The Day, Ada Kim Young-dae & Pyo Ye-jin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: