Poster film Siksa Kubur (Sumber gambar: Instagram/Jokoanwar)

Menggali Makna dan Teori di Balik Official Poster Film Siksa Kubur Garapan Joko Anwar

28 February 2024   |   22:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Rumah produksi Come and See Pictures akhirnya merilis official poster film Siksa Kubur. Peluncuran poster ini juga menjadi penanda kalau film perdana Joko Anwar yang bergenre horor religi ini akan segera tayang. Rencananya, film ini mulai beredar di bioskop pada 10 April 2024.

Poster film Siksa Kubur tampak tampil dengan gaya yang sederhana. Dengan latar belakang hitam, poster tersebut sekilas membentuk sebuah tengkorak dengan satu ekor ular terlihat sedang melintas menembus salah satu bola matanya.

Baca juga: Eksklusif Sutradara Joko Anwar: Siksa Kubur Bukan Sinema Dakwah atau Film Setan

Namun, di tengah kesederhanaan yang ditampilkan, poster film ini rupanya menyimpan makna tersembunyi yang seolah memancing para penonton untuk berteori. Gambaran poster tersebut cukup banyak mengundang tanya soal kengerian seperti apa yang bakal ditontonkan dalam film ini nantinya.
 

Poster film Siksa Kubur (Sumber gambar: Instagram/Jokoanwar)

Poster film Siksa Kubur (Sumber gambar: Instagram/Jokoanwar)


Jika diperhatikan, bentuk tengkorak kepala manusia tersusun dari pocong dengan kondisi yang lusuh. Secara spesifik, pocong tersebut berjumlah 12 orang. Kondisinya pun bermacam-macam, lima di antaranya berada di posisi lurus, sedangkan yang lain tampak melengkung-lengkung.

Seekor ular yang keluar dari bola matanya juga tampak memiliki sorot mata yang tajam, mungkin penuh dendam dan kemarahan. Mulutnya terbuka, seolah siap menerkam, dengan lidahnya yang juga menjulur ke luar.

Sementara itu, di bagian kanan poster tersebut, terdapat tulisan yang berbunyi “Anda akan percaya”. Bunyi tulisan ini tampak memiliki arti yang kuat dan berhubungan dengan inti dari film yang direncanakan tayang pada momen Lebaran ini.

“Setiap saya membuat poster, tidak pernah tidak ada artinya. Ada sebagian yang bisa kita buka sekarang, ada yang tidak dan harus menonton film ini terlebih dahulu,” ungkap Joko Anwar dalam konferensi pers di XXI Epicentrum, Jakarta, Rabu (28/2.2024),

Joko Anwar mengatakan kalau wujud tengkorak kepala manusia dan puluhan pocong yang ada di poster ini adalah sebuah pengingat tentang kematian. Menurutnya, setiap manusia yang hidup nantinya akan kembali ke alam ketika telah meninggal.

Poster ini tampak ingin menegaskan perihal kesementaraan dalam hidup. Setiap kekuasaan, jabatan, rezeki yang dimiliki oleh manusia, suatu saat tidak akan ada artinya lagi ketika meninggal dunia. Semua akan kembali ke Tuhan dengan cara yang sama.

Joko juga menyebut elemen ular dari bola mata tengkorak juga punya arti khusus. Seekor ular ini juga bukanlah ular biasa. Joko menyebut kalau hewan gaib itu kerap kali muncul di alam kubur.

“Itu memang bukan sembarang ular. Ular ini bernama Sajaul Al-Aqra,” imbuhnya.

Sajaul Al-Aqra adalah sebutan untuk ular mengerikan yang menjadi teman di alam kubur. Ular ini biasanya akan muncul di kuburan-kuburan orang-orang yang lalai terhadap agamanya.
 

Sementara itu, tulisan berbunyi “Anda akan percaya” yang cukup mencolok berada di bagian kanan poster juga punya arti khusus. Kalimat tersebut datang dari pemikiran salah satu karakter utama di film ini.

Dalam film ini, karakter utama dikisahkan mempertanyakan tentang hubungan perbuatan manusia dengan agama. Sebab, karakter utama ini merasa kalau semua orang percaya agama, tetapi terkadang tindakan mereka tidak mencerminkan hal tersebut.

“Jawabannya itu sederhana, mereka sebenarnya adalah manusia yang tidak percaya (agama, red). Kalau percaya sama agama, enggak akan berbuat dosa,” terangnya.

Joko anwar mengatakan bahwa film Siksa Kubur akan menjadi cukup berbeda dari horor lain. Alih-alih sekadar menyuguhkan jumpscare dan kesadisan, Siksa Kubur akan membawa kengerian penonton hingga mempertanyakan keimanan yang dimilikinya setelah menonton film ini.

Diproduksi oleh Come and See Pictures, dengan produser peraih Piala Citra FFI Tia Hasibuan, Siksa Kubur akan menjadi horor paling mencekam pada 2024. Siksa Kubur akan segera tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada Idulfitri tahun ini, yakni 10 April 2024.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jelang Bulan Ramadan, Ikuti Saran untuk Penderita Penyakit Degeneratif Agar Tetap Fit

BERIKUTNYA

Inspiratif, Balas Dendam Masa Lalu dengan Modifikasi Mobil ala Gofar Hilman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: