Dune: Part Two. (Sumber gambar: Warner Bros. Pictures)

Sinopsis Film Dune: Part Two yang Mulai Tayang di Bioskop

28 February 2024   |   19:24 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah tiga tahun, sekuel film Dune akhirnya resmi dirilis dalam tajuk Dune: Part Two. Kembali disutradarai oleh Denis Villeneuve, Dune: Part Two akan melanjutkan kisah di musim pertamanya yakni mengikuti perjalanan Paul Atreides setelah lolos dari serangan House Harkonnen hingga bertemu kaum Fremen.
 
Menukil dari situs IMDb, film Dune: Part Two dibuka dengan kisah Putri Irulan Corrino (diperankan oleh Florence Pugh), yang diam-diam menulis jurnal bahwa Paul Atreides (Timothee Chalameet) mungkin masih hidup. Sementara ayah Irulan, Kaisar Shaddam IV (Christopher Walken) terlihat putus asa akibat runtuhnya House Atreides.

Baca juga: 5 Gaya Aktor & Aktris Dunia di Gala Premiere Film Dune: Part Two
 
Di sisi lain, Paul dan ibunya, Lady Jessica (Rebecca Ferguson) berhasil kabur ke Sietch Tabr di Arrakis bersama pasukan Fremen pimpinan Stilgar (Javier Bardem). Kedatangan keduanya sempat dicurigai sebagai mata-mata oleh sebagian kaum Fremen. Meski begitu, sebagian lainnya percaya pada ibu dan anak itu lantaran meyakini ramalan turun-temurun.
 
Ramalan itu meyakini bahwa akan datang juru selamat yang membantu kemerdekaan Fremen dan membawa kemakmuran di Arrakis. Stillgar dan beberapa orang Fremen percaya Paul merupakan adalah juru selamat itu karena melihat tanda-tanda yang tertulis di ramalan.
 
Namun, Paul Atreides kala itu tidak setuju bahwa dirinya adalah juru selamat. Dia hanya ingin mempelajari cara Fremen bertahan hidup dan berjuang bersama kaum itu dalam melawan Harkonnen.
 
Paul lantas berusaha menjalani kehidupannya yang baru dengan mengikuti aktivitas hingga misi pasukan Stilgar. Dia kerap ikut melawan pasukan Harkonnen yang berusaha memproduksi Spice hingga menjadi pejuang Fedaykin.
 

D

Cuplikan film Dune: Part Two. (Sumber gambar: Warner Bros. Pictures)

Di sisi lain, Paul menjalin hubungan dengan Chani (Zendaya), perempuan yang kerap muncul dalam mimpinya pada masa lalu. Paul pun dalam kondisi dilema antara memutuskan cintanya yang besar atau menyelamatkan nasib alam semesta yang turut menentukan masa depannya.
 
Denis Villeneuve, sang sutradara, mengatakan berbeda dari musim pertamanya yang menghadirkan plot cerita lebih kontemplatif, pada sekuelnya ini, film Dune akan lebih menghadirkan cerita laga peperangan. Meski demikian, inti dari ceritanya tetap berkutat pada persoalan romansa antara Paul dan Chani.
 
"Bagaimana Paul bisa mendapatkan kepercayaannya, bagaimana dia akan membuka hatinya padanya, dan bagaimana mereka akan menemukan cara untuk membebaskan dunia Chani dari cengkeraman Harkonnen. Ini film yang jauh lebih emosional," katanya dikutip dari Empire.
 

Aktor Timothee Chalameet sebagai Paul

Aktor Timothee Chalameet sebagai Paul Atreides. (Sumber gambar: Warner Bros. Pictures)

Sang sutradara juga menyoroti transformasi karakter Paul yang jauh lebih matang dalam Dune: Part Two. Pada sekuel ini, cerita akan mengukuhkan kehadiran Paul sebagai sosok simbolis dalam sebuah kisah legenda. 
 
Sebagai karakter, kata Villeneuve, Paul memiliki kekuatan untuk mengubah keadaan. Namun, di sisi lain, dia juga tahu bahwa jika melakukan hal itu, akan menciptakan kekerasan yang sangat besar dan dia akan dicap menjadi semacam diktator.
 
"Dia [Paul] mencoba mencari cara untuk menghindari masa depan yang tidak menyenangkan itu. Itulah beban yang ada di pundaknya," terang Villeneuve.
 
Diakui oleh Villeneuve, ada dua tantangan utama yang dihadapinya dalam menggarap film Dune: Part Two. Pertama, secara teknis, sekuel Dune ini jauh lebih menantang karena menghadirkan lebih banyak adegan aksi, sehingga memaksanya menyiapkan teknis secara jauh lebih kompleks dibandingkan musim pertamanya.
 
Selain itu, dari sudut pandang penulisan skenario, Villeneuve merasa menghadapi tantangan untuk menghadirkan sekuel Dune tetap dimengerti meskipun belum menonton bagian pertamanya. Sebagai penulis sekaligus sutradara, dia berupaya membuat Dune: Part Two sebagai film yang otonom alias berdiri sendiri.
 
"Tetap saja, ini merupakan kelanjutan langsung dari bagian pertama, tetapi untuk memastikan bahwa penonton dapat menikmati bagian dua tanpa harus melihat bagian satu, itu adalah salah satu tantangan dalam penulisan skenario," terangnya.
 
Dune: Part Two masih akan dibintangi oleh jajaran pemain seperti Timothee Chalamet, Zendaya, Josh Brolin, Rebecca Ferguson, dan Dave Bautista. Selain itu, sejumlah aktor hit Hollywood juga bergabung untuk sekuel itu, seperti Florence Pugh, Lea Seydoux, Austin Butler, Christopher Walken, termasuk Anya Taylor Joy yang perannya masih dirahasiakan.
 
Film Dune: Part Two tayang di Indonesia mulai 28 Februari 2024.
 


 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Mendung Tanpo Udan, Tayang 29 Februari di Bioskop

BERIKUTNYA

Kenali Penyebab Lensa Kamera Berjamur Serta Cara Menanganinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: