Acara konferensi pers ulang tahun Sociolla ke-9 di Laguna Atrium Central Park Mall, Jakarta, Selasa (27/2/2024). Sumber gambar: Sociolla

Intip Strategi Bisnis Sociolla Jadi Brand Lokal Kecantikan Ternama

27 February 2024   |   22:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Omni-retailer kecantikan Sociolla memasuki usia yang kesembilan tahun. Berawal dari e-commerce kecantikan yang beroperasi sejak 2015, kini Sociolla berkembang menjadi ekosistem kecantikan perawatan diri baik online maupun offline dengan jutaan pengguna. Terus berinovasi serta menghadirkan produk dan layanan berdasarkan kebutuhan masyarakat menjadi kunci utama bisnis perusahaan satu ini.

Co-Founder sekaligus CMO Sociolla Chrisanti Indiana mengatakan kunci utama pihaknya menjalankan bisnis ialah terus berkomitmen untuk memberikan inovasi baik dari segi produk, layanan, dan teknologi berdasarkan kebutuhan masyarakat khusus para pegiat kecantikan. Hal itulah yang terus dijalankan oleh Sociolla selama 9 tahun terakhir. 

Baca juga: Korea Selatan Masih Jadi Kiblat Kecantikan Asia, K-Beauty Kian Populer di Indonesia

Terbukti, sejak berdiri pada tahun 2015 dengan 100 brand, kini Sociolla telah bekerja sama dengan 400 lebih brand kecantikan baik lokal maupun internasional. Mereka juga memiliki 60 gerai yang tersebar di 35 kota, yang telah melayani jutaan konsumen di Indonesia. Bahkan, pada 2020, Sociolla juga telah berekspansi ke Vietnam baik secara online maupun offline dengan 12 toko di 4 kota di negara tersebut.

Menurut perempuan yang akrab disapa Santi itu, kecantikan adalah industri yang paling memiliki daya tahan tinggi sekaligus adaptif terhadap berbagai kondisi dan tantangan. Oleh karena itu, dia pun meyakini bahwa tren bisnis kecantikan pada tahun ini masih akan terus positif. Hal itu salah satunya ditandai dengan banyaknya brand kecantikan baik lokal maupun internasional yang akan bermunculan di pasar dalam negeri.

"Banyak juga brand kecantikan yang akan berfokus pada personalisasi. Jadi, semakin kesini, para beauty enthusiast akan semakin aware dengan kebutuhan mereka masing-masing, sehingga brand harus lebih adaptif untuk bisa menjawab itu dengan memberikan produk dan servis yang terpersonalisasi untuk para konsumen," katanya dalam acara konferensi di Jakarta, Selasa (27/2/2024).
 

Acara konferensi pers ulang tahun Sociolla ke-9 di Laguna Atrium Central Park Mall, Jakarta, Selasa (27/2/2024). Sumber gambar: Sociolla

Acara konferensi pers ulang tahun Sociolla ke-9 di Laguna Atrium Central Park Mall, Jakarta, Selasa (27/2/2024). Sumber gambar: Sociolla

Santi juga memaparkan personal care alias perawatan diri menjadi produk yang paling banyak dicari oleh konsumen Sociolla sejak pascapandemi hingga saat ini. Selain itu, parfum juga menjadi kategori produk yang paling cepat mengalami peningkatan penjualan sepanjang tahun 2023 hingga tiga kali lipat, sejak kategori ini dihadirkan pada 2025.

"Kami melihat enggak cuma parfum-parfum dari brand internasional, tapi local brands juga kini bermunculan dengan kualitas dan konsep yang sangat baik. Jadi kami melihat ini adalah sebuah potensi kategori yang bisa tumbuh sangat kuat pada 2024 di Sociolla," terangnya.

Untuk merespons tren tersebut, akhirnya dihadirkan fitur scent gallery atau galeri wewangian di gerai-gerai Sociolla. Fitur itu dibuat sebagai ruang bagi konsumen untuk mendapatkan pengalaman menjajal berbagai merek parfum secara langsung.

Santi pun menuturkan untuk tahun 2024, pihaknya telah mengatur sejumlah strategi bisnis untuk semakin menguatkan posisi Sociolla di industri kecantikan dalam negeri. Salah satunya adalah terus memberikan inovasi-inovasi yang tepat bagi konsumen, baik dari segi produk, layanan maupun teknologi.

Selain itu, mereka juga akan melakukan ekspansi bisnis dengan membuka sejumlah gerai baru di berbagai kota di Indonesia, yang difokuskan kepada wilayah-wilayah di luar kota besar di dalam negeri. "Kami melihat Indonesia sebagai negara berkembang dengan populasi yang besar, memberikan potensi yang semakin besar di industri ini. Jadi kami ingin menyasar itu sebenarnya," terangnya.
 

Acara konferensi pers ulang tahun Sociolla ke-9 di Laguna Atrium Central Park Mall, Jakarta, Selasa (27/2/2024). Sumber gambar: Sociolla

Acara konferensi pers ulang tahun Sociolla ke-9 di Laguna Atrium Central Park Mall, Jakarta, Selasa (27/2/2024). Sumber gambar: Sociolla

Sementara itu, untuk merayakan hari jadinya yang ke-9, Sociolla menggelar acara spesial dengan mengusung tema From Bestie to Bestie. Acara yang berlangsung di Laguna Atrium Mall Central Park Jakarta hingga 3 Maret 2024 tersebut menghadirkan serangkaian kegiatan seru, mulai dari bazaar puluhan brand kecantikan, konsultasi gratis, hingga bertemu dengan beauty influencer kenamaan.

Para pengunjung berkesempatan melakukan konsultasi, skin check hingga makeup demo bersama para pakar dari Sociolla dan bertemu beauty influencer dan selebriti seperti Tasya Farasya, Caitlin Halderman, Clarice Cutie, dr. Abelina, Elisa Jonathan dan masih banyak lagi.

Selain itu, pengunjung yang melakukan pembelanjaan minimum sebesar Rp500.000 berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik. Termasuk, beragam potongan harga hingga 90 persen dan voucher hingga Rp900.000 spesial dari Sociolla. 

Baca juga: Tren Kecantikan dari Haute Couture SS2024, Glazed Skin hingga Bowcore

Selain itu, ada juga hadiah SOCOBOX gratis dengan beauty freebies lainnya, yang bisa didapatkan selama periode 8-22 Maret 2024 di sejumlah toko Sociolla yang tersebar di seluruh Indonesia.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Daftar Promo Menarik Traveloka Travel Fair 2024: Tiket Pesawat, Hotel dan Tempat Wisata

BERIKUTNYA

4 Alasan Bahasa Inggris Jadi Bahasa Pergaulan Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: