Fenty Beauty dianggap sebagai blue print untuk produk riasan yang inklusif bagi semua warna dan jenis kulit. (Dok. Fenty Beauty)

3 Selebriti yang Sukses Bangun Kerajaan Bisnis Kecantikan

30 August 2021   |   19:44 WIB

Coba sebutkan siapa selebriti ternama yang belum meluncurkan lini kecantikannya. Sepertinya agak susah ya, karena kebanyakan selebriti telah mencoba peruntungan di industri ini. Sebut saja Victoria Beckham, Jennifer Lopez, Britney Spears, Rihanna, Mary-Kate dan Ashley Olsen, Lady Gaga, hingga Kardashian-Jenner bersaudara yang punya lini kecantikan mereka masing-masing.

Bahkan, kalau Genhype mengikuti berita industri kecantikan, setiap selebriti sepertinya sudah mendaftarkan nama mereka sebagai merek dagang terlebih dulu jika sewaktu-waktu kesempatan untuk berbisnis datang. 

Di antara bisnis kecantikan selebriti yang terus berkembang, ada tiga nama yang berhasil meraup kesuksesan dengan lini produk mereka.
 
  • Fenty Beauty - Rihanna

 

Rihanna memformulasikan kosmetik yang memenuhi kebutuhan semua warna kulit.  (Dok. Fenty Beauty)

Siapa yang akan membayangkan 10 tahun yang lalu bahwa suatu hari Rihanna akan bergabung dengan klub miliarder pilihan dunia pada usia 33 tahun, bukan karena musiknya, melainkan berkat keterampilan bisnisnya yang cerdas.

Penghitungan Forbes menetapkan selebriti kelahiran Barbados itu sebagai miliarder dengan total kekayaan bersih sebesar US$1,7 miliar baru-baru ini.

Sekarang dianggap sebagai musisi wanita terkaya di dunia, penyanyi lagu Diamonds ini telah menjadi pengusaha wanita sukses hanya dalam beberapa tahun berkat  merek kosmetik Fenty Beauty yang dibangun pada tahun 2017.

Fenty Beauty, yang dia miliki bersama dengan grup LVMH, didasarkan pada tema inklusivitas yang kuat dengan, misalnya, produk foundation yang tersedia dalam lusinan warna bahkan undertones kulit.

Awal Agustus, Forbes melaporkan bahwa merek tersebut telah menghasilkan lebih dari US$550 juta pendapatan tahunan pada tahun 2018, hanya satu tahun setelah didirikan.

Hari ini, perusahaan itu dilaporkan bernilai hampir US$2,8 miliar, dan peluncuran lini parfum dan perawatan kulit (Fenty Skin) baru-baru ini menunjukkan bahwa bisnis tersebut masih akan terus berkembang.
 
  • The Honest Company - Jessica Alba

Sukses dengan lini produk kecantikan dan perawatan kulit, Honest Company kini juga menjual produk pembersih ramah lingkungan. (Dok. Honest Company)

Sukses dengan lini produk kecantikan dan perawatan kulit, Honest Company kini juga menjual produk pembersih ramah lingkungan. (Dok. Honest Company)

Dia mungkin dikenal karena kemampuan aktingnya, tetapi Jessica Alba juga seorang pengusaha wanita yang masuk industri kosmetik satu dekade lalu.

The Honest Company, yang menawarkan produk alami untuk kecantikan dan perawatan kulit segala usia, memang kalah populer jika dibandingkan beberapa merek kosmetik. Jumlah pengikutnya di Instagram bahkan hanya 1 juta, kalah telak jika dibandingkan dengan 10,8 juta pengikut Fenty Beauty.

Meski demikian, perusahaan ini masih termasuk bisnis yang sukses. Menurut laporan terbaru dari Cosmetify, perusahaan ini memiliki omset sebesar US$300,5 juta.
 
  • Kylie Cosmetics - Kylie Jenner

Kylie Jenner memulai bisnis kecantikannya dengan Kylie Lip Kit yang terkenal pada 2014. (Dok. Kylie Cosmetics)

 

Kylie Jenner memulai bisnis kecantikannya dengan Kylie Lip Kit yang terkenal pada 2014. (Dok. Kylie Cosmetics)
 

Sebelum dilakukan penghitungan ulang angka pendapatan, Kylie Jenner sempat dinobatkan sebagai miliarder termuda di dunia pada 2019 oleh Forbes. Keahliannya berbisnis kosmetik menjadi kekuatannya dalam beberapa tahun terakhir—dan dia baru berusia 24 tahun.

Jenner memulai bisnisnya dengan produk pewarna bibir atau yang dikenal dengan Kylie Lip Kit pada 2014 silam. Dari produk lip liner dan liquid lipstick ini Kylie Cosmetics pun lahir sebagai salah satu perusahaan produk kecantikan yang paling populer.

Wanita muda itu dengan luar biasa memanfaatkan 255 juta pengikut Instagram dan 25,1 juta pengikut untuk Kylie Cosmetics—yang telah memberinya perkiraan pendapatan hampir US$200 juta, menurut Cosmetify.

Merek yang menawarkan tata rias dan perawatan kulit ini bahkan mengungguli KKW Beauty, merek produk kecantikan milik Kim Kardashian, yang diluncurkan tiga tahun setelah Kylie Cosmetics.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Clubhouse Hadirkan Fitur Audio Spasial, Bikin Obrolan Lebih Hidup

BERIKUTNYA

Potret Putus Cinta dalam Video Klip Single Pre-release Hate That

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: