YouTube (Pexels/Freestocksorg)

YouTube Hadirkan 3 Fitur Gres untuk Perkuat Servis Konten Live Streaming

15 July 2021   |   17:33 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Streaming telah menjadi salah satu konten video yang banyak digemari oleh para pemirsa. Platform seperti YouTube, Facebook, dan Twitch adalah nama besar dalam dunia live streaming ini.  Nah, untuk memberikan kenyamanan lebih kepada para kreator konten dan penontonnya, YouTube menambahkan tiga fitur baru.

Melansir The Verge, ketiga fitur untuk kategori konten live streaming itu adalah pembatasan obrolan hanya untuk pelanggan (subscriber atau member), fitur pembuat jajak pendapat dalam obrolan (polling), dan pembuatan klip oleh konten kreator dan pemirsa.

Fitur-fitur ini sebenarnya telah ada selama beberapa waktu di platform Twitch. Tampaknya, YouTube memboyong ketiga fitur itu ke dalam platform videonya karena memiliki penilaian penting terhadap tools tersebut.

Tiga fitur anyar tersebut merupakan perlengkapan vital yang memungkinkan kreator konten atau streamer terlibat lebih dalam dengan komunitas penontonnya.
 
  • Fitur pembatasan obrolan hanya untuk member, yang dapat membantu mereka sebagai alat moderasi dan mengeliminasi orang-orang yang hanya mampir sejenak. Ini juga meningkatkan kemungkinan orang agar menjadi pelanggan berbayar para streamer. 
 
  • Fitur jajak pendapat sangat berguna untuk terlibat dengan ruang obrolan yang seringkali tidak terkendali. Dengan adanya fitur ini, streamer bisa meminta masukan tentang apa pun secara lebih sederhana. 
 
  • Fitur klip juga menjadi alat yang penting karena kebanyak orang tidak akan menonton live streaming selama berjam-jam. Memangkas bagian video yang menarik dan membagikannya akan membantu kreator bertemu penggemar baru.

Dalam perkembangan industri streaming global, Twitch masih menjadi nama pemain atau platform yang paling dominan. Adapun platform tersebut memiliki sekitar dua per tiga dari seluruh tayangan yang ada.

Kendati demikian, penantang baru seperti YouTube Streaming atau Facebook Gaming juga memiliki pasar tersendiri dan kemungkinan berkembang yang potensial, mengingat pasar ini juga terus mengalami peningkatan. 


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Cerita Soal Ghosthing, Lyodra Rilis Single Pop Ballad 'Kalau Bosan'

BERIKUTNYA

Piala Citra FFI 2021 Siap Menyapa Insan Perfilman Indonesia, Begini Tahapan Seleksinya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: