Galaxy Ring, perangkat wearable dengan bentuk cincin dari Samsung. (Sumber gambar : Samsung)

Intip Fitur & Ketersediaan Galaxy Ring, Gadget Unik Samsung di MWC 2024

26 February 2024   |   20:25 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Samsung terus berinovasi dengan produk wearable-nya. Bukan smartband atau smartwatch, kali ini melalui Mobile World Congress (MWC) 2024, perusahaan asal Korea Selatan itu mengenalkan Galaxy Ring, perangkat yang berfokus pada kesehatan dan kebugaran dalam bentuk cincin. 

Digadang-gadang sebagai pesaing Oura Ring, cincin pintar buatan Samsung memiliki desain minimalis yang kokoh. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan yakni Perak Platinum, Emas, dan Hitam Keramik. 

Mengutip The Verge, Galaxy Ring memiliki bobot yang ringan dan tersedia dengan size 5 hingga 13, di dalamnya terdapat label S hingga XL. Besaran baterainya pun bervariasi-tergantung ukuran cincinnya, mulai dari 14,5mAh hingga 21,5mAh. 

Baca juga: Cek Fitur & Spesifikasi Galaxy Fit3, Smartband Terbaru dari Samsung

VP Samsung Dr. Hon Pak menyampaikan bahwa cincin pintar ini memiliki daya tahan baterai yang panjang. Samsung katanya telah mengoptimalkan masa pakai baterai Galaxy Ring sebelum hari peluncurannya. 

Mengutip Android Police, kemungkinan akan ada mode untuk memperpanjang masa pakai baterai atau menggunakan semua fitur di Galaxy Ring. Diprediksi, masa baterainya tidak jauh berbeda dengan Oura Ring, yakni sekitar 4-7 hari dalam sekali pengisian daya. 
 
Bicara soal fitur, Galaxy Ring akan menyertakan serangkaian sensor untuk melacak berbagai metrik kesehatan. Akan ada pemantauan detak jantung, jumlah langkah, dan pola pernapasan. 
 

Galaxy Ring (Sumber gambar: Samsung)

Galaxy Ring (Sumber gambar: Samsung)


Samsung mengatakan pengguna juga akan menerima saran kesehatan yang dipersonalisasi berdasarkan data tidur mereka.
Selain itu, cincin pintar ini juga menawarkan pelacakan kesuburan. Hal ini diketahui karena mereka bermitra dengan Natural Cycles.

Semua data kesehatan yang dikumpulkan akan disinkronkan dengan Samsung Health, aplikasi yang sama untuk mengumpulkan dan menganalisis semua informasi kesehatan dari perangkat wearable Galaxy lainnya.

“Dengan Galaxy Ring, pengguna dapat merasakan pengalaman di setiap langkah perjalanan kesehatan mereka, semuanya sejalan dengan visi Samsung yang lebih luas untuk platform kesehatan digital yang lebih terhubung, terintegrasi, dan lancar,” tutur Hon Pak. 

Selain Galaxy Ring, Samsung juga menghadirkan fitur My Vitality Score baru untuk Samsung Health. Fitur ini akan menggunakan data tidur, detak jantung, tingkat aktivitas, dan variabilitas detak jantung untuk menawarkan wawasan kesehatan yang dipersonalisasi.

Adapun My Vitality Score akan debut di Galaxy Watch 6 yang dipasangkan dengan Samsung Galaxy S24 sebelum diluncurkan ke perangkat Galaxy lainnya pada akhir tahun ini. 
 

Ketersediaan & Harga Galaxy Ring 

Galaxy Ring akan berintegrasi dengan ekosistem Samsung Health yang ada, termasuk perangkat Galaxy Watch. Meskipun harga pastinya belum diketahui, cincin pintar ini dijadwalkan untuk dirilis pada akhir 2024.  

Awalnya, Galaxy Ring akan kompatibel secara eksklusif dengan smartphone Samsung Galaxy. Namun, Samsung berencana untuk memperluas kompatibilitasnya ke perangkat Android lain dan kemungkinan perangkat iOS pada masa mendatang. 

Baca juga: Sebelum Beli, Cek Perbedaan Samsung Galaxy S24, S24+, S24 Ultra

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menyusuri Jejak Usia Emas & Retrospeksi Grup Band God Bless di Galeri Nasional

BERIKUTNYA

Kisah Inspiratif di Balik Brand Wewangian Lokal Alchemist Fragrance & Euódia Home

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: