Galaxy Fit3, smartband yang memiliki banyak fitur dari Samsung. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Cek Fitur & Spesifikasi Galaxy Fit3, Smartband Terbaru dari Samsung

26 February 2024   |   19:05 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Setelah menunggu lebih dari 3 tahun, Samsung akhirnya meluncurkan smartband (gelang pintar) generasi terbaru, Galaxy Fit3. Perangkat fitness tracker ini membawa sejumlah perubahan dan fitur menarik dari seri sebelumnya, tetapi harganya tetap ramah kantong.

Annisa Nurul Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia menerangkan Galaxy Fit3 memiliki layar yang lebih lebar 45 persen dibandingkan dengan model terdahulu. Dengan demikian, pengguna bisa melihat lebih banyak fitur, termasuk memantau data kesehatan dan kebugaran di wearable ini. 

Bodi perangkat ini menggunakan aluminium, sementara strap atau talinya terbuat dari karet sintetis. Penggunaan material ini membuat Fit3 ringan digunakan saat beraktivitas maupun berolahraga. “Target Fit3 yakni orang yang baru start berolahraga, baru mulai hidup sehat,” ujar Annisa saat media session di Jakarta, Senin (26/2/2024). 

Berikut ini adalah beberapa rangkuman dari pengalaman Hypeabis.id mencoba smartband terbaru buatan Samsung tersebut. 

Baca juga: Spesifikasi & Harga Samsung Galaxy S24, S24+, & S24 Ultra


1. Stylish & tahan lama 

Galaxy Fit3 didesain dengan bodi alumunium dan layar berukuran 1,6 inci. Layar yang lebih lebar itu memuat setidaknya 4 bar informasi fitness tracker. Pengguna dapat mempersonalisasi informasi yang diinginkan.

Smartband ini memiliki lebih dari 100 pilihan tampilan. Pengguna juga bisa mengatur foto sendiri sebagai latar belakang. Buat pencinta fesyen, kalian bisa memadukan tali jam atau band yang bisa dilepas-pasang dengan mudah, hanya dengan satu klik.

Sementara itu, Fit3 diklaim memiliki daya tahan baterai mumpuni. Baterainya bisa tahan hingga 13 hari untuk sekali pengisian daya. Adapun, ketika dipakai seharian dengan koneksi aktif ke smartphone, baterai berkurang sekitar 10 persen. 
 

Galacy Fit3. (Foto : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Galaxy Fit3. (Foto : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)


2. Fitur pantau metrik 

Melalui seri wearable ini, Samsung sejak beberapa tahun lalu memprioritaskan tidur berkualitas para penggunanya. Pola tidur yang baik sangat memengaruhi kesehatan. Oleh karena itu, Fit3 memiliki fitur Sleep Coaching, yang memungkinkan penggunanya untuk melacak pola tidur.

Mereka bisa mengetahui apakah pola tidurnya sudah baik atau belum. Bahkan alat ini bisa mendeteksi dengkuran dan memantau kadar oksigen darah. Dengan melihat kebiasaan tidur, pengguna akan bisa melakukan perubahan demi tubuh yang lebih sehat.
 
Sementara untuk mendukung aktivitas kebugaran, ada 100 jenis latihan atau olahraga yang bisa dipilih. Kamu juga bisa melihat hasil dari aktivitas yang dilakukan dan menyimpannya sebagai catatan untuk lebih memotivasi diri. 

Galaxy Fit3 juga membantu pengguna memahami kesehatan secara lebih mendalam dan menyeluruh. Pengguna perangkat ini bisa meninjau metrik kesehatan yang mencakup detak jantung, kalori yang terbakar, periode menstruasi, dan level stres. 
 

3. Tahan air & debu

Galaxy Fit3 memiliki rating 5ATM dan IP68 untuk ketahanan air dan debu. Artinya, kamu bisa menggunakannya saat beraktivitas luar ruangan dengan berbagai kondisi. Dengan rating tersebut, perangkat ini dapat digunakan saat mandi, bahkan bisa untuk berenang di air asin seperti pantai atau laut.
 

Galaxy Fit3. (Foto : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Galaxy Fit3. (Foto : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

4. Fitur keselamatan

Untuk meningkatkan keamanan penggunanya, Galaxy Fit3 memiliki fitur keselamatan termasuk Fall Detection dan Emergency SOS. Ketika pengguna terdeteksi terjatuh secara tidak normal, perangkat akan memberi pengguna opsi untuk segera menghubungi layanan darurat guna mendapatkan dukungan medis tepat waktu. 

Saat pengguna dalam keadaan darurat, mereka bisa langsung mengirimkan SOS dengan menekan tombol samping sebanyak lima kali. Untuk menggunakan fitur ini, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di smartphone dan masukkan daftar kontak yang diinginkan ketika kamu dalam keadaan darurat. 
 

5. Kontrol perangkat

Galaxy Fit3 bisa menjadi remote control untuk kamera smartphone saat mengambil foto. Kamu bisa mengatur timer untuk mengambil foto dengan Camera Remote. 

Selain itu, perangkat ini bisa sebagai pengontrol media lainnya seperti pemutar musik di perangkat yang terhubung. Untuk pengalaman yang lebih seamless, ketika pengguna tidak ingin diganggu atau hendak tidur, kamu dapat secara otomatis menyinkronkan mode antara Galaxy Fit3 dan smartphone yang dipasangkan. 

Tidak perlu khawatir jika smartphone atau smartband ini hilang. Pengguna dapat menemukannya dengan fitur Find My Phone di Galaxy Fit3, atau sebaliknya. 
 

Ketersediaan 

Galaxy Fit3 sudah mulai dijual pada 23 Februari 2024. Smartband ini dijual dengan harga Rp799.000. Ada tiga pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan gaya kamu, diantaranya Gray, Silver, dan Pink Gold.  

Baca juga: 5 Perbedaan Smartwatch dan Smartband, Ketahui Fungsi & Fitur Utamanya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mencicipi Fusion Dessert Bercita Rasa Lokal ala Tentrem Yogyakarta

BERIKUTNYA

Fesyen Masih Jadi Sektor Unggulan Ekonomi Kreatif, Dukungan Event Kolaboratif Digenjot

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: