Ilustrasi produk smart home. (Sumber gambar : Freepik/

Ragam Produk Smart Home, Cocok Buat Kaum Urban

23 January 2024   |   08:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Smart home menjadi tren di kalangan kaum urban. Rumah yang dilengkapi teknologi canggih ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penghuninya karena bisa mengontrol peralatan listrik maupun elektronik melalui sebuah perangkat kendali seperti smartphone.

Dalam konsep rumah pintar ini, peralatan atau perangkat biasanya sudah memiliki fitur konektivitas WiFi atau Bluetooth. Dengan demikian, penghuni bisa melakukan pengaturan sekalipun berada di luar rumah atau di dalam perjalanan. 

Baca juga: 5 Kiat Ciptakan Smart Home yang Ramah Kantong

Dari sekian banyak produk smart home, yang cocok untuk kaum urban menurut Sabar Yusuf Firdaus Simatupang, Assistant Manager Product Strategy Group Smartphone PT Sharp Electronics Indonesia yakni televisi, air purifier, dan air conditioner (AC) yang sudah dilengkapi dengan artificial internet of things (AIOT).

Namun yang pasti, pastikan bahwa peralatan rumah tangga ini bisa menunjang pekerjaan dan aktivitas, serta memiliki kualitas tinggi. “Jangan mudah terkecoh dengan harga murah, sesuaikan dengan spesifikasi dan kualitasnya,” ujarnya.

Sabar menyebut Sharp beberapa lalu meluncurkan Aquos R8s Pro. Perusahaan meluncurkan smartphone ini untuk melengkapi lini produk elektronik. Nantinya, semua produk elektronik Sharp bisa tersambung atau dikendalikan dengan smartphone buatan perusahaan asal Jepang itu. 

Smart home bisa dikatakan menjadi cerminan rumah modern. Helen Widjaja, General Manager Merchandising ACE mengatakan dengan produk-produk smart home, pelanggan dapat mengontrol rumah dengan mudah dan dapat mengotomatisasi banyak aspek kehidupan sehari-hari. Selain itu, penghuni juga bisa mengelola konsumsi energi mereka dengan lebih baik, sehingga dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, dan hemat energi.

ACE menjual beberapa produk smart home, salah satunya dari Krisbow Sync. Untuk kategori elektrikal terdapat adaptor, extension socket, infra-red remote, stop kontak dinding, sakelar, hingga control panel untuk memudahkan mengelola semua peralatan rumah tangga dalam sekali sentuh menghidupkan atau mematikan peralatan sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian, pada kategori lighting, pengguna bisa memilih rangkaian ceiling lamp, LED strip, lampu bohlam yang bisa diatur melalui smartphone. Untuk kategori living terdapat air purifier, air cooler, robot vacuum, roller blind, hingga timbangan badan. 

Bicara CCTV sebagai produk smart home untuk menjaga keamanan rumah, IT (Immersive Tech) beberapa waktu lalu meluncurkan seri kamera IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 dengan beragam fitur canggih dan ketangguhan di segala cuaca. Andre Tanudjaja, Project Director IT mengatakan kamera CCTV nirkabel ini dapat menangkap video dan gambar dengan resolusi FHD (2304x1296) dengan sensor gambar 1/2,8 inci. 

Kamera ini dapat mengambil gambar dalam kondisi gelap melalui dukungan infra red dengan jarak maksimal 9 meter. Untuk kapasitas penyimpanan gambar atau video maksimal 128GB. Memiliki dimensi, panjang 6 cm, lebar 5,6 cm, dan tebal 11,5 cm, CCTV ini memiliki dudukan magnetik dan mudah dipasang. Bentuknya seperti kapsul, sementara bobotnya 300 gram. 

Kapasitas baterai IT Smart Magnetic Outdoor Battery Camera W02 mencapai 9600mAh yang membuatnya bisa beroperasi selama 2-4 bulan, bahkan di saat listrik di rumah padam. CCTV nirkabel dari IT itu sudah tersertifikasi IP65 alias tahan air dan debu.

Pengguna juga bisa berinteraksi atau melakukan komunikasi dua arah langsung dengan objek yang tertangkap CCTV berkat kehadiran mikrofon dan speaker. Bisa dikatakan, CCTV nirkabel ini menjadi perangkat smart home yang paling dibutuhkan untuk keamanan rumah kaum urban. Mengutip Era Jaya, berikut ragam produk smart home buat kaum urban.


1. Smart Lock dan Doorbell

Smart lock merupakan salah satu inovasi sistem penguncian praktis dan efisien untuk digunakan. Smart lock dibekali dengan teknologi fingerprint dan gesture. Selain itu, alat ini bisa memantau akses masuk dan keluar rumah sehingga keamanan rumah penggunanya makin terjamin.

Sementara smart doorbell dibekali dengan sensor bawaan yang bisa memberikan peringatan atau notifikasi langsung ke handphone apabila ditekan. Penggunanya juga bisa memantau sekaligus berbicara dengan pengunjung dari built-in kamera dan mikrofon yang tersimpan dalam doorbell.


2. Smart Plug

Smart plug dibekali dengan teknologi WiFi yang bisa menghubungkannya dengan aplikasi pendukung. Dengan ini, penghuni rumah dapat mengontrol segala jenis peralatan elektronik dari kejauhan, hingga menjadwalkan waktu aktif perangkat lewat aplikasi tersebut supaya dapat menghemat pengeluaran listrik bulanan.


3. Smart Lamp

Smart lamp atau lampu pintar dilengkapi fitur penjadwalan otomatis dan pengaturan suara. Dengan ini, penggunanya bisa mengatur waktu nyala dan matinya lampu sesuai kebutuhan.


4. Smart Speaker

Perbedaan mencolok smart speaker dengan speaker biasa adalah kehadiran fitur voice assistant. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghidupkan, mematikan, dan mengganti lagu di speaker cukup dengan perintah suara. Speaker ini juga dapat memberikan kualitas suara jernih dan mampu menjangkau koneksi wireless hingga 10 meter.


5. Smart Air Purifier

Produk ini dilengkapi dengan penyaring berbentuk filter untuk menyaring segala kotoran dan debu yang terkandung dalam udara. Dengan begitu, udara yang dikeluarkan menjadi lebih bersih serta menyehatkan. Air purifier ini juga bisa beroperasi secara otomatis dan diatur menggunakan perangkat pribadi. 


6. Smart Sensor

Smart sensor menawarkan beberapa jenis produk berupa light detection sensor, motion sensor, dan door window sensor. Smart sensor dapat mendeteksi otomatis ketika ada reaksi atau gesture yang ditimbulkan. Biasanya produk ini akan mengirimkan notifikasi ke perangkat pribadi penggunanya setelah melakukan pendeteksian.


7. Smart CCTV

CCTV ini sudah dilengkapi dengan kamera, mikrofon, maupun fitur gesture dan sound detection yang bisa mendeteksi suara sekaligus gerakan manusia secara otomatis. Di samping itu, CCTV ini juga dapat dengan mudah mengeluarkan sirine bawaan serta mengirim notifikasi apabila terjadi sesuatu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Liza Natalia & Zumba, Bukan Sekadar Olahraga

BERIKUTNYA

Arti Istilah 'Cringe' dan 'Savage' yang Viral di Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: