Hyundai Creta Alpha. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

SUV Matte Pertama, Cek Tampilan dan Keunggulan Hyundai Creta Alpha

17 February 2024   |   18:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Agen pemegang merek (APM) otomotif berlomba-lomba meluncurkan produk terbaru mereka dalam perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Salah satu yang tak mau ketinggalan yakni Hyundai Motors Indonesia yang merilis edisi terbaru dari Creta, yakni Creta Alpha. 

Mejeng di IIMS dengan harga Rp421,8 juta on the road (OTR) DKI Jakarta, lini Sport Utility Vehicle (SUV) ini membawa pembaruan pada desain eksterior serta interior.

Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan Creta Alpha menawarkan pilihan warna matte yang dilengkapi desain modern dan fitur-fitur canggih. “Peluncuran CRETA Alpha ini sekaligus mencerminkan semangat dan antusiasme kami dalam memasuki 2024 dengan lebih banyak penawaran terbaik bagi konsumen,” ujarnya. 

Baca juga: MG Maxus 9 dan MG ES EV, 2 Kendaraan Listrik Paling Baru dari MG di IIMS 2024

Dari pantauan Hypeabis.id, Creta Alpha hadir dalam pilihan tiga warna bodi, yaitu Optic White Matte, Magnetic Silver Matte, dan Midnight Black Matte. Pilihan warna baru ini menjadikan Creta Alpha sebagai SUV pertama di kelasnya yang menggunakan warna matte

Setiap pilihan warna punya tampilan luar kendaraan yang seragam. Jadi, seluruh elemen eksterior mulai dari atap, roof rail, door handle, skid plate, c-pillar garnish, hingga body kit bagian depan, samping, dan belakang, mengusung konsep monokrom.
 

Creta Alpha. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)

Creta Alpha. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)

SUV ini tampil semakin gagah dan sporty pada bagian interior berkat Headlining kendaraan yang menggunakan warna hitam. Creta Alpha hadir dengan Seat Stitch and Pipping, Door Trim Stitch, Shift Knob Stitch, dan Steering Stitch berwarna merah yang stand out dan memberikan kesan dinamis.

Ada pula aksen-aksen khusus yang tak bisa ditemui di model-model Hyundai Creta sebelumnya. Creta Alpha hadir dengan Door Spot Lamp with Creta Alpha Logo yang unik, emblem baru pada bagian floor mat, dan front seat dengan embroidery spesial yang membuat tampilan interior semakin bold.

Hyundai tampaknya memang fokus memberi pembaruan pada segi desain. Pasalnya, ciri khas dari Hyundai Creta tetap menonjol pada lini produk terbaru ini melalui Black Front Grille yang dilengkapi lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL, Black Front Grille Garnish, dan Dark Monochrome Front H-emblem. 

Untuk memberi pencahayaan yang optimal saat berkendara, mobil ini juga menggunakan LED Multi Focus Reflector (MFR) Headlamps pada bagian depan dan LED Rear Combination Lights pada bagian belakang. Kesan sporty pada Creta Alpha semakin tegas dengan Single Tone Black Alloy Wheels berukuran 17 inci yang kokoh. 
 

Interior Creta Alpha. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)

Interior Creta Alpha. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis)


Performa dan Fitur Keamanan

Dari segi performa, Creta Alpha membawa fitur dan performa dari Hyundai Creta varian Prime mengadopsi mesin Smartstream 1.5L yang dilengkapi Intelligent Variable Transmission (IVT) terdepan. Jadi, mobil mampu memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih mulus dan responsif. 

Creta Alpha dapat mencapai tenaga maksimum hingga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm/4.500 rpm. Dengan kecepatan tersebut, SUV ini tetap dilengkapi dengan Hyundai SmartSense untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi pengguna dalam menjalani mobilitas. 

Adapun, fitur Hyundai SmartSense di Creta Alpha meliputi Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat memberi peringatan jika ada potensi tabrakan dari depan. Lalu, ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang memonitor dan memperingati pengendara akan bahaya benturan di blind spot area yang berguna saat parkir paralel. 

Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) turut hadir membantu pengguna untuk mendeteksi objek atau kendaraan lain yang mendekat ketika mobil akan melaju mundur. Selain itu, terdapat Lane Following Assist (LFA) yang membantu pengendara untuk tetap berada di jalur aman dan Lane Keeping Assist (LKA) yang memberi peringatan ketika kendaraan melenceng dari jalur yang seharusnya. 

Creta Alpha juga dilengkapi Driver Attention Warning (DAW) yang mampu menilai dan menganalisa cara mengemudi pengguna. Ada pula Safe Exit Warning (SEW) untuk memonitor area blind spot agar penumpang bisa turun dengan lebih aman. 

Baca juga: Siap Tempur, Wuling Cloud EV Bisa Tempuh Jarak Hingga 505 Kilometer

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Intip Tampilan Perdana Film Tanduk Setan, Tayang 14 Maret 2024

BERIKUTNYA

3 Fakta Menarik Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari yang Mengalami Transformasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: