Pengunjung menyaksikan atraksi barongsai di mal Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (10/2/2024). (sumber gambar JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani )

Intip Prospek Karier Tahun Naga Kayu Menurut Ahli Fengshui & Career Coach

12 February 2024   |   20:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Tahun Baru China atau Imlek masih terasa euforianya di Indonesia dengan berbagai kegiatan yang semarak. Kendati Tahun Naga Kayu secara resmi telah dimulai pada Sabtu, 10 Februari, tapi momen ini akan berlanjut hingga perayaan Cap Go Meh pada Sabtu, 24 Februari 2024. 

Komunitas Tionghoa memang percaya Imlek akan memberikan pengharapan baru yang dihitung melalui teknik astrologi China. Bagi mereka, ramalan ini dapat dijadikan sebagai pegangan untuk menghindari ciong atau tanda sial dalam berbagai aspek kehidupan, baik karier atau asmara.

Baca juga: Intip Hoki Tahun Naga Kayu, Bisnis Ini Diprediksi Moncer

Pakar Feng Shui, Steven Eric Lazuardi mengatakan bahwa Tahun Naga Kayu akan menjadi awal tahun untuk mendatangkan rezeki bagi anak-anak muda yang ingin memulai karier. Namun, berbagai kondisi juga akan berpengaruh dalam dunia dan pencarian kerja, yang membuat tahun ini bakal lebih semarak.

Sebagai shio kelima, Steven menjelaskan bahwa Naga Kayu memiliki sifat semangat yang tinggi, sehingga generasi muda akan lebih banyak menghadapi tantangan di masa depan. Selain itu, energi kayu juga dapat membuat ide-ide brilian, yang terefleksi dalam berbagai cabang ranting pepohonan.

Oleh karena itu, diperlukan berbagai inovasi yang sangkil dan mangkus untuk berjuang di tengah persaingan yang ketat. Namun, semangat untuk mengobarkan strategi tersebut tidak perlu berapi-api, karena akan bisa berbalik arah hingga terjadi persaingan yang tidak sehat.

Dari 12 shio dalam astrologi China, pada tahun Naga Kayu kali ini yang diprediksi akan mendapat berkah adalah shio tikus, shio monyet, dan shio naga. "Tapi shio naga sendiri ada ciongnya, karena berbenturan. Artinya tahun ini ada bahaya dari penyakit dan perjalanan karier, sehingga harus diruwat," katanya pada Hypeabis.id.

Lebih lanjut, dari sudut pandang fengshui, berbagai jenis pekerjaan yang bakal moncer pada tahun ini adalah developer dan tambang. Selain itu ada juga yang berkaitan dengan karier di bidang pertanahan, seperti industri pertanian hingga bisnis properti yang kian marak di berbagai daerah.

Namun, pada tahun ini diprediksi juga akan ada dua shio yang yang  terkena ciong, yaitu shio anjing, dan shio kerbau. Bahkan, masyarakat dengan elemen api juga disarankan untuk berhati-hati, terutama dalam membangun karier hingga bisnis, termasuk dalam membangun personal branding di dunia kerja.

"Untuk membangun karier, pada Tahun Naga Kayu ini jangan terlalu banyak bohong. Selain itu ikuti aja top leadernya di tempat kerja siapa. Bahasa mudahnya, kalian mau jadi kepala cacing atau ekor naga. Menurut saya mendingan di ekornya dulu," katanya.

Senada, pakar fengshui Yulius Fang mengatakan, Tahun Naga Kayu adalah tahun yang unik. Sebab, dalam siklusnya, Naga Kayu hanya muncul 60 tahun sekali. Selain itu, tahun ini juga memiliki tantangan yang cukup kuat, dari sudut pandang ekonomi akibat dampak geopolitik global.

Yulius menjelaskan, dengan adanya momon tersebut, para pengusaha hingga anak muda yang sedang meniti karier untuk tetap waspada. Dia menghimbau agar masyarakat untuk tidak terlalu gegabah dalam mengambil spekulasi, terkait perpindahan karier, atau perpindahan tempat kerja tanpa rencana yang terukur.

"Kondisi ekonomi Indonesia memang ada sedikit perbaikan, dibanding tahun lalu. Namun, imbas perang dan konflik dan sebagainya ini harus ada kompromi. Jadi, tahun Naga Kayu adalah tahun yang masih butuh perjuangan," katanya.

Terpisah, Career Coach Aditiyo Indrasanto mengatakan, salah satu prospek karier yang diprediksi cemerlang adalah bidang pekerjaan dunia teknologi. Sebab, di tengah era digital berbagai jenis pekerjaan di bidang teknologi banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan dalam skala nasional atau internasional.

Oleh karena itu, dia berharap generasi muda untuk dapat mengasah keterampilan serta memiliki tujuan dan perangai yang baik, dalam meniti karier di masa depan. Hal itu penting dilakukan sebab, selain skill, attitude juga penting dimiliki di tengah persaingan yang semakin ketat di Tahun Naga Kayu ini.

"Sebagai perekrut kerja saya juga sering mengetes kandidat yang ingin masuk perusahaan. Nah, orang yang memiliki mentalitas dan attitude yang tidak baik biasanya hanya mau bekerja sesuai job desk mereka semata," papar Aditiyo. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Profil Atlet NFL Travis Kelce, Pacar Taylor Swift yang Jadi Sorotan di Super Bowl 2024

BERIKUTNYA

Kelvin Kiptum, Atlet Maraton Pemegang Rekor Dunia Tewas Akibat Kecelakaan Mobil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: