Poster Madame Web. (Sumber gambar : Laman website resmi Madame Web)

Sinopsis Madame Web, Aksi Sang Peramal Masa Depan Tayang di Bioskop 14 Februari 2024

12 February 2024   |   11:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perluasan proyek Sony’s Spider-Man Universe (SSU) berlanjut lewat film aksi terbaru, Madame Web. Film yang fokus mengulas karakter pahlawan wanita yang debut dalam komik The Amazing Spider-Man No. 210 karya Denny O'Neil dan John Romita Jr. pada 1980 itu bakal tayang pada Hari Valentine, 14 Februari 2024. 

Kendati muncul dalam seri komik tersebut, antara Madame Web dan Spider-Man ternyata berada di universe yang berbeda. Sony justru membuatnya satu alam semesta dengan Venom yang dikenal sebagai musuh utama Spider-Man.

Ya, SSU merupakan semesta yang berisi para karakter villain dari Spider-Man, namun tidak menutup kemungkinan pahlawan laba-laba itu bisa muncul di universe tersebut, seperti yang terjadi dalam film Spider-Man: No Way Home di mana Tom Hardy menemukan fakta tentang Peter Parker. 

Baca juga: Sinopsis Mad Max: Fury Road, Film Laga Duet Tom Hardy & Charlize Theron

Sejauh ini, SSU sudah menerbitkan tiga buah film, di antaranya Venom yang rilis pada 5 Oktober 2018, Venom: Let There Be Carnage pada 1 Oktober 2021, dan Morbius yang tayang pada 1 April 2022. Dengan demikian, Madame Web menjadi film keempat dari proyek kolaborasi antara Sony, Columbia Pictures, dan Marvel Entertainment itu.

Madame Web pertama kali dikonfirmasi pada 2019 dan Sony menunjuk penulis Matt Sazama dan Burk Sharpless untuk menulis skenarionya, serta SJ Clarkson sebagai sutradara. Dalam Marvel Comics, Cassandra Webb alias Madame Web muncul saat Peter Parker (Spider-Man) sangat membutuhkan bimbingan. Dia digambarkan sebagai paranormal wanita lanjut usia yang buta tetapi bisa melihat masa depan dan melakukan telepati.

Meskipun menderita Myasthenia Gravis atau kelemahan otot akibat gangguan saraf, Madame Web ditunjang kursi yang dirancang khusus mendiang suaminya. Kursi yang menyerupai jaring laba-laba siber itu menjadi penghubungnya dengan dunia luar, termasuk Parker.

Kendati demikian, spin-off Spider-Man yang dibuat Sony ini menampilkan kisah asal muasal Cassandra atau Cassie menjadi Madame Web. Dibintangi Dakota Johnson, Cassie merupakan wanita muda yang bekerja sebagai paramedis yang kerap menolong banyak orang. 

Suatu ketika, Cassie menolong korban kecelakaan mobil di atas Jembatan Brooklyn. Namun saat hendak menolong, dia malah terjatuh bersama mobil korban. Untung saja dia berhasil diselamatkan, tetapi dari kejadian itu, dunianya berubah.

Dari kecelakaan yang membuatnya hampir meregang nyawa karena tenggelam, Cassie justru mendapati dirinya tiba-tiba memiliki kemampuan yang tidak biasa. Dia dapat meramal dan melihat masa depan. 

Cassie bisa melihat kecelakaan yang akan terjadi. Dia juga melihat akan adanya perburuan dan pembunuhan pada tiga orang wanita yang dilakukan seorang pria berjanggut, sesekali terlihat tampil dengan topeng mirip Spider-Man. Melihat potensi tersebut, Cassie berupaya menolong mereka dan semua penumpang di kereta.

Faktanya, tiga orang wanita yang ditolong Cassie berpengaruh dalam cerita yang dibangun dalam komik Marvel. Mereka diantaranya Anya Corazon (Isabela Merced) dan Mattie Franklin (Celeste O'Connor) yang dikenal sebagai Spider-Girl/Spider-Woman di komik tersebut. Adapun Julia Carpenter (Sydney Sweeney) diprediksi menjadi penerus Cassie. 

Film ini tampaknya menempatkan Cassie dan para calon Spider-Woman dalam konflik dengan Ezekiel Sims, karakter lain yang memiliki ikatan penting dengan sisi mistis dari franchise Spider-Man. Dalam komiknya, Ezekiel adalah seorang pengusaha kaya yang bertekad untuk melindungi Peter Parker dan pahlawan totemik lainnya dari penjahat vampir yang dikenal sebagai Morlun.

Bahkan dia yang pertama kali memberi petunjuk kepada Peter tentang gagasan bahwa kekuatannya tidak acak, tetapi hasil dari hubungan supernaturalnya dengan Spider-Totem. 

Kendati demikian, dalam film ini Sony menempatkan Ezekiel sebagai villain dengan kostum mirip Spider-Man berwarna hitam. Seperti Cassie, karakter yang diperankan Tahar Rahim itu juga memiliki kemampuan untuk melihat masa depan. Ezekiel ternyata sempat meneliti laba-laba bersama ibu Cassie di hutan Amazon.  

Meskipun sempat ditunda penayangannya pada tahun lalu, film ini diprediksi menjadi spin-off Spider-Man yang akan menarik perhatian penggemar Marvel Cinematic Universe karena tampilnya para Spider-Woman. Bisa saja film superhero pertama Marvel pada 2024 tersebut menjadi pembuka dari kisah karakter lain para Spider-Verse. 

Baca juga: 5 Film & Serial Hollywood Tayang 2024 di Netflix Indonesia, Ada Avatar hingga Rebel Moon Part 2

Mungkin juga posisi Ezekiel pada film ini sebagai upaya untuk mencegah sesuatu yang besar terjadi di masa depan, mengingat karakter tersebut terbilang baik dalam komik Marvel karena mengorbankan diri untuk menyelamatkan Spider-Man. 

Data Film
  • Judul : Madame Web
  • Sutradara : S.J Clarkson
  • Penulis Naskah : Matt Sazama, Burk Sharpless, dan Claire Parker
  • Pemeran : Dakota Johnson, Sydney Sweeney, Isabela Merced, Celeste O’Connor, Tahar Rahim, Emma Roberts, Adam Scott. 
  • Tempat dan Tanggal Rilis : Bioskop, 14 Februari 2024 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Intip Hoki Tahun Naga Kayu, Bisnis Ini Diprediksi Moncer

BERIKUTNYA

Film Dokumenter Dirty Vote Tembus 3 Juta Penayangan Kurang Dari 24 Jam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: