Doodle Google dalam rangka Hari Kemerdekaan RI 2021 (Dok. Google)

Google Tampilkan Doodle Spesial HUT ke-76 Kemerdekaan RI

17 August 2021   |   14:14 WIB

Kemeriahan Hari Ulang Tahun ke-76 tahun Republik Indonesia juga terlihat pada tampilan Google Doodle hari ini, Selasa (17/8/2021). Jika kamu membuka tampilan pencarian Google, kamu akan melihat ilustrasi keragaman budaya dan kesenian di Indonesia dengan warna yang cukup cerah.

Mengutip dari Google, karya Google Doodle tersebut dibuat oleh seniman Kathrin Honesta. Dia mengilustrasikan Doodle tersebut untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang dikenal juga sebagai peringatan Tujuhbelasan.

Selain itu, Google juga menyatakan salah satu hal yang mendasari bentuk ilustrasi tersebut juga dikarenakan Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 300 kelompok etnis dan bahasa yang unik.
 
“Perayaan Hari Kemerdekaannya juga mencerminkan identitas multikultural Indonesia sekaligus mempromosikan arti solidaritas di dalam komunitas lokal sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu,” tulis Google.

Terkait dengan makna dalam karya Doodle Google tersebut, setiap hurufnya menggambarkan unsur-unsur yang umum dalam perayaan Hari Kemerdekaan, dimulai dengan Sasando,  alat musik harpa senar sembilan yang terbuat dari bambu dan daun lontar asli Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Dari kiri ke kanan, instrumen, objek, dan beberapa orang yang digambarkan termasuk Rebana--instrumen mirip tamborin, topeng Hudoq dari Kalimantan, dan penari kipas Pakarena dari Sulawesi. Selain itu, ditampilkan juga Tifa, alat musik perkusi dari Maluku, gambus atau kecapi dari Sumatera, serta pola batik dan topeng unik untuk instrumen dan asal-usul tarian.

Sementara itu, pada perayaan HUT RI tahun 2020 lalu, Google Doodle menggandeng seniman asal Jakarta Martcellia Liunic. Martcellia membuat karya seni Doodle yang menyoroti keragaman flora dan fauna Indonesia dengan ilustrasi seperti Harimau Sumatra dan Bunga Rafflesia Arnoldi.

Selain itu, ditampilkan juga ilustrasi panjat pinang, salah satu permainan hiburan acara Tujuhbelasan paling populer yang merepresentasikan semangat gotong royong serta persatuan yang kuat.



Editor: Roni Yunianto

 
SEBELUMNYA

Yuk Belajar Sejarah lewat Pertunjukan Seri Monolog Di Tepi Sejarah

BERIKUTNYA

Ekspresi Cinta Tanah Air dalam Maha Karya Lukisan Sudjojono

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: