Drama Jewel In The Place (Sumber Foto: The Movie Database)

Penulis Klarifikasi, Drakor Uinyeo Dae Jang Geum Bukan Sekuel dari Jewel In The Palace (2003)

07 February 2024   |   18:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Drama Korea legendaris Jewel In the Palace (Dae Jang Geum) yang tayang pada 2003 di stasiun TV MBC, rencananya akan dibuat musim keduanya yang berjudul Uinyeo Dae Jang Geum pada 2025 mendatang. Lee Young-ae kembali dipercaya memerankan Jang Geum, dokter wanita pertama di era dinasti Joseon.

Adapun cerita dalam Jewel in The Palace didasarkan pada catatan sejarah era Dinasti Joseon yang mengisahkan Seo Jang-geum, seorang dokter perempuan pertama di kerajaan. Serial drama sejarah tersebut tayang sebanyak  54 episode, mulai 15 September 2003 sampai 23 Maret 2004. 

Namun, baru-baru ini beredar kabar bahwa Uinyeo Dae Jang Geum sama sekali tidak ada kaitannya dengan Jewel In the Palace. Mengutip dari Soompi, perusahaan produksi drama KPJ memaparkan bahwa Kim Young Hyun yang merupakan penulis naskah Jewel In The Palace sama sekali tidak terlibat dalam penggarapan Uinyeo Dae Jang Geum.

Baca Juga: Sinopsis Film Horor Exhuma, Dibintangi Lee Do Hyun dan Kim Go Eun

"Penulis naskah Kim Young Hyun tidak memiliki kaitan dengan drama Uinyeo Dae Jang Geum yang sedang diproduksi oleh Fantagio. Kim Young Hyun mengetahui berita tentang pembuatan drama tersebut melalui laporan berita," tulis pernyataan dari KPJ.

Lebih lanjut, mereka menekankan, sebagai pencipta asli dari drama MBC 2003 Jewel in the Palace, Kim Young Hyun memiliki hak penuh atas semua konten dalam naskah, termasuk pengaturan karakter utama, hubungan antar karakter, hingga perkembangan peristiwa di setiap episodenya.

Dengan demikian cerita dalam Uinyeo Dae Jang Geum sama sekali tidak ada kaitannya dengan naskah yang diciptakan Kim Young Hyun. Ini membuka kemungkinan adanya alur dan karakter-karakter yang berbeda, namun tetap mengisahkan tokoh Seo Jang Geum sebagai dokter wanita pertama di era dinasti Joseon.

"Kami juga menduga bahwa Uinyeo Dae Jang Geum adalah drama yang benar-benar berbeda, bukan spin-off, sekuel, atau prekuel berdasarkan Jewel in the Palace, kami meminta agar tidak ada kekeliruan mengenai hal ini," tutup pernyataan tersebut.

Seperti yang diketahui, Uinyeo Dae Jang Geum akan diproduksi oleh Fantagio. Baru-baru ini perusahaan juga telah menyelesaikan penandatanganan kontrak dengan penulis naskahnya, yang ternyata sudah dikonfirmasi bukan Kim Young Hyun. Adapun proses syutingnya akan dimulai pada Oktober 2024 mendatang. Uinyeo Dae Jang Geum akan mendalami kisah hidup Jang Geum saat menjadi uinyeo atau dokter wanita.

Sementara itu, Jewel In The Palace yang tayang 2003 lalu berlatarkan era Dinasti Joseon, tepatnya saat pemerintahan Raja Seongjong (1469-1494), Raja Yeonsan-gun (1494-1506) dan Raja Jungjong (1506-1544). Kisahnya dimulai ketika ibu dari Yeonsan-gun muda diracuni oleh sekelompok pengawal istana di bawah perintah raja.

Sementara itu Seo Jang Geum, seorang gadis sebatang kara. Sebelum ibunya meninggal, dia sempat berpesan supaya anaknya menjadi kepala dayang dapur di kerajaan. Ibunya menyuruhnya mengambil buku harian kepala dayang dapur tertinggi untuk mengungkap penyebab kasus keracunan ibu dari raja Yeonsan-gun. 

Baca Juga: 6 Film & Serial yang Tayang di Viu Sepanjang Februari 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Tren Kuliner Pedas: Evolusi dan Prospek Bisnis Sambal di Indonesia

BERIKUTNYA

Australia Rayakan 1 Dekade New Colombo Plan, Beasiswa yang Perkuat Pemahaman Lintas Budaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: