Kereta api (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Ada 10 KA Ekstra Periode Libur Panjang Pekan Ini, Cek Rute yang Ketambahan

05 February 2024   |   14:40 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Genhype yang hendak berwisata atau pulang kampung pada periode libur panjang akhir pekan Isra Mikraj enggak perlu khawatir tidak kebagian tiket kereta api jarak jauh. Sebab, PT Kereta Api Indonesia menambah sebanyak 10 perjalanan kereta api jarak jauh yang bisa dimanfaatkan. 

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan bahwa penambahan jumlah perjalanan moda transportasi berbasis rel tersebut guna mengantisipasi peningkatan volume traveller pada libur panjang akhir pekan.

Dia menuturkan, manajemen mendapati total tiket kereta api jarak jauh yang terjual pada 7-11 Februari 2024 mencapai 462.592 tiket atau rata-rata penjualan sebanyak 92.518 tiket per hari. Jumlah penjualan itu baru 64 persen dari total keseluruhan tiket kereta api jarak jauh yang disediakan oleh perusahaan, yakni 722.472 tiket. 

Baca juga: Harga Tiket dan Rute Kereta Api Suites Class

Joni menambahkan, perusahaan berharap masyarakat bisa segera membeli tiket moda transportasi berbasis rel melalui berbagai saluran resmi atau saluran lain yang bekerja sama dengan perusahaan jika hendak melakukan perjalanan dengan kereta api.

Traveler dapat memilih tanggal dan rute alternatif jika tiket perjalanan dengan kereta jarak jauh yang diinginkan telah habis terjual. Selain itu, Genhype juga dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan pilihan perjalanan dengan mengombinasikan jadwal satu kereta dengan kereta lain yang saling menyambung.

Joni mengungkapkan bahwa rute favorit masyarakat pada periode libur panjang pekan ini adalah Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Solo pp, Jakarta-Malang pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, Blitar-Bandung pp, dan relasi lainnya.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya pada masa long weekend, KAI memastikan akan mengantarkan masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” ujarnya.

Pada periode libur panjang akhir pekan pertama Februari 2024, perusahaan mengoperasikan total 1.085 kereta api jarak jauh  atau rata-rata mencapai 217 perjalanan KA jarak jauh setiap hari. Jumlah perjalanan tersebut sudah termasuk 10 perjalanan kereta api tambahan.

Selain itu, KA yang dioperasikan oleh perusahaan juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, yaitu dari Rabu (31/1/2024) sampai Minggu (4/2/2024) dengan total jumlah perjalanan sebanyak 1.075 KA jarak jauh.

Berikut daftar kereta api jarak jauh yang mengalami penambahan jumlah perjalanan pada periode libur panjang akhir pekan:

1. Kereta Api Manahan

Kereta api jarak jauh pertama yang jumlah perjalanannya mengalami penambahan adalah KA Manahan dengan relasi Stasiun Gambir-Solo Balapan pp. Perusahaan tercatat menambah jumlah operasional kereta tersebut sebanyak 4 perjalanan.

2. KA Sancaka

Kereta api jarak jauh lainnya yang memiliki penambahan jumlah perjalanan adalah KA Sancaka. Perusahaan menambah operasional moda transportasi berbasis rel yang beroperasi di rute Stasiun Yogyakarta-Surabaya Gubeng pp tersebut sebanyak 4 perjalanan.

3. KA Kaligung

Kereta api jarak jauh KA Kaligung adalah rangkaian lainnya yang juga mendapatkan penambahan operasional pada periode libur panjang akhir pekan. PT Kereta Api Indonesia tercatat memperbanyak operasional KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan-Semarang Poncol pp sebanyak 2 perjalanan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bobby iKON Umumkan Jadwal Tur Asia 2024, Mampir ke Jakarta 15 Maret

BERIKUTNYA

Daftar Harga Tiket Konser Bobby iKON di Balai Sarbini Jakarta 15 Maret 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: