Perempuan berhijab (Sumber gambar: pexels/ destiawan nur agustra)

5 Cara Meriahkan World Hijab Day & Temanya pada Tahun Ini

01 February 2024   |   15:08 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tanggal 1 Februari merupakan hari perayaan World Hijab Day atau Hari Hijab Sedunia. Pada tahun ini, perayaan Hari Hijab Sedunia sudah yang ke-12, dan berbagai cara dapat dilakukan oleh banyak perempuan di seluruh dunia untuk meramaikannya.

Dikutip dari laman World Hijab Day, tema Hari Hijab Sedunia pada 1 Februari 2024 adalah Veiled in Strength atau Berkerudung Dalam Kekuatan. Tema ini menjelaskan bahwa perempuan di seluruh dunia memiliki kesempatan untuk mengambil sikap melawan diskriminasi yang dihadapi oleh perempuan muslim atas pilihan menggunakan hijab.

World Hijab Day adalah inisiatif global yang didirikan oleh Nazma Khan pada 2013. Wanita yang tinggal di New York itu memutuskan membentuk Hari Hijab Sedunia setelah menjadi korban pelecehan verbal dan fisik karena menggunakan jilbab.

Dia menerima diskriminasi dan perundungan yang kian parah setelah kejadian 9/11 di Amerika Serikat. Serangkaian pengalaman tidak menyenangkan itu membuatnya berusaha membuka pintu bagi kebebasan personal dalam berekspresi terkait dengan agama.

Baca juga:   Sejarah Hari Hijab Sedunia yang Didirikan oleh Nazma Khan

Tidak hanya itu, dia juga mengajak para perempuan di seluruh dunia untuk jalan-jalan selama satu hari sambil menggunakan hijab. Dalam rangka merayakan Hari Hijab Sedunia, ada bragam cara yang dapat dilakukan oleh Genhype versi Hypeabis.id dan World Hijab Day sebagai organisasi:
 

1. Kenakan jilbab saat berjalan-jalan di luar rumah

Cara pertama untuk merayakan Hari Hijab Sedunia bagi para wanita di Indonesia dan negara lain adalah menutup rambut dengan menggunakan jilbab. Sementara itu, para pria dapat menggunakan syal di leher atau menggunakan pin, stiker, dan sebagainya yang menyatakan dukungan terhadap Hari Hijab Sedunia.

Genhype juga dapat mempos foto selfie di media sosial dengan tagar tema Hari Hijab Sedunia 2024 dan memberitanda di @WorldHijabDay.
 

2. Tumbuhkan kesadaran

Cara lain yang dapat dilakukan oleh banyak orang untuk meramaikan Hari Hijab Sedunia adalah menumbuhkan kesadaran banyak pihak tentang perayaan ini. Genhype dapat membagikan berbagai informasi tentang jilbab atau Hari Hijab Sedunia di seluruh platform media sosial, blog, atau aplikasi berbagai pesan.

Banyak orang pengguna media sosial atau kontak dapat membaca informasi yang dibagikan, sehingga pada akhirnya dapat menumbuhkan kesadaran mereka.
 

3. Buat acara kumpul komunitas

Genhype juga dapat menyelenggarakan Hari Hijab Sedunia bersama komunitas. Kalian dapat berkumpul dan menjembatani kesenjangan yang ada terkait rasa hormat dan pemahaman beragama.  

Kalian dapat membuat acara seperti membuat stan informatif, memberikan bantuan penataan jilbab, mengadakan lokakarya, menyelenggarakan konferensi, memfasilitasi jalan-jalan damai, dan sebagainya.


4. Tonton film yang berkaitan dengan jilbab

Cara lain yang dapat dilakukan oleh Genhype untuk merayakan Hari Hijab Sedunia adalah dengan menonton film – film yang dapat menginspirasi atau menambah pengetahuan tentang wanita dan penggunaan jilbab.

Pada saat ini, ada banyak karya tentang jilbab atau seputarnya yang telah dibuat oleh para sineas, sehingga bisa menjadi tontonan bersama kawan, keluarga, atau orang terkasih.
 

5. Adakan pameran yang menarik

Pameran bisa menjadi cara lain yang dilakukan oleh Genhype dalam rangka merayakan Hari Hijab Sedunia. Kalian bisa mengadakan pameran, seperti pakaian, jilbab, karya seni, dan sebagainya yang dapat menarik perhatian dan memberikan pemahaman orang tentang jilbab.

Adakan pameran di tempat-tempat keramaian atau yang ikonik, sehingga orang mau datang ke pameran tersebut. Dengan begitu, mereka dapat melihat barang-barang yang dipamerkan. 

Baca juga:   6 Ide Padu Padan Tunik & Kulot Untuk Hijabers

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Dukung Pengusaha Agar Spa Tidak Dikenakan Pajak Hiburan

BERIKUTNYA

Kurang Dari 24 Jam, MV Stuck In The Middle Raih Lebih 5 Juta Penayangan & Trending Nomor 1 Musik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: