Ilustrasi rambut pria (Sumber gambar: Hair Spies/Unsplash)

Survei ZAP Menology Index 2024: Pria Indonesia Prioritaskan Rambut sebagai Penunjang Penampilan

30 January 2024   |   19:24 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Tak cuma wanita, pria juga memiliki preferensi dalam menunjang penampilan mereka. Perusahaan yang bergerak dalam bidang kecantikan dan estetika, ZAP melakukan survei mengenai arti tampan bagi pria untuk menemukan faktor dan aspek apa saja yang menjadi prioritas mereka dalam berpenampilan.

Temuan menarik memperlihatkan sebanyak 23,5% pria Indonesia merasa berpakaian rapi membuat mereka merasa lebih tampan. Persentase ini membawahi faktor wajah bersih dan mulus yang dipilih oleh 19,1% responden. Selain faktor fisik, sebanyak 12,9% pria Indonesia juga mempercayai pentingnya mindset positif untuk membuat mereka terlihat tampan. 

Baca juga: Survei ZAP Beauty Index 2024: Wanita Indonesia Makin Melek Kandungan Skincare

DI luar aspek berpakaian, sebanyak 96,7% pria menganggap rambut sebagai hal yang paling signifikan dalam mempengaruhi penampilan mereka. Pria lebih mengedepankan faktor rambut untuk menunjang penampilan mereka. 

Tidak hanya rambut di kepala, sekitar 59% pria Indonesia juga lebih suka memiliki facial hair. Sebanyak 24,2% pria menyukai jenis facial hair berupa brewok, sementara 18,3% lainnya lebih menyukai kumis. 

Dalam menata rambut, laporan ZAP Menology Index 2024 menyebutkan sebanyak 29,5% pria Indonesia paling menyukai jenis potongan taper cut, utamanya bagi kaum Gen X (41,9%), Gen Y (30,5%), dan Gen Z (25,4%).

Menariknya, pria Indonesia tidak hanya fokus dengan penataan rambut, tetapi juga cukup berupaya untuk merawat dan memperbaiki kondisi permasalahan rambut mereka. 
 

Masalah Kerontokan Rambut

Selain soal tren, laporan ZAP juga menemukan sebanyak 34,7% pria mengalami masalah kerontokan rambut. Dermatologis & Co-founder MEN/O/LOGY by ZAP Endi Novianto mengatakan, pria memang lebih rawan mengalami masalah kebotakan yang disebabkan oleh kerontokan rambut.

“Belakangan, permasalahan rambut pria makin banyak. Bahkan yang datang ke klinik kita usianya makin muda-muda, usia 20-an sudah mengalami masalah rambut tipis,” kata Endi.

Masalah kerontokan yang berujung pada kebotakan ini memang bisa terjadi karena multifaktor, mulai dari aspek kesehatan, genetik, usia, dan gaya hidup.

Lantaran cukup mengkhawatirkan kesehatan rambut, pria Indonesia cenderung pilah-pilih produk untuk membersihkan dan merawat rambut mereka. Salah satunya dengan menggunakan sampo. 

Selain sampo, sebanyak 34,4% pria Indonesia juga membeli conditioner untuk memastikan rambut mereka terawat. Sementara sebanyak 33,2% lainnya juga menyadari pentingnya menggunakan produk hair tonic untuk merangsang pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. 

Tidak hanya memperhatikan rambut, pria Indonesia juga mulai merasa paham dengan kandungan skincare untuk menunjang perawatan kulit wajah. ”Pria lebih banyak menghadapi masalah akibat produksi minyak berlebih, biasanya berdampak pada pertumbuhan jerawat dan berujung pada bekas luka atau scar,” kata Endi.  

Saat ini , pria Indonesia lebih fokus menggunakan produk-produk yang bersifat membersihkan wajah, seperti facial wash dan cleansing balm. Laporan ZAP Menology Index 2024 menyebut sebanyak 6,9% pria Indonesia telah menggunakan cleansing balm sebagai produk pembersih wajah yang digunakan sehari-hari. 

Baca juga: Tren Gaya Rambut Pria 2024: Korean Hairstyle hingga Comma Shag dan Bowl Shag

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Zac Efron dan John Cena Bakal Duet dalam Film Komedi Ricky Stanicky

BERIKUTNYA

Fakta-fakta Student Loan di Negara Maju, Mahasiswa Wajib Tahu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: