Salah satu gawai pintar Xiaomi (Sumber gambar: Pexels/Mustafa Ezz)

Intip Bocoran Spesifikasi Xiaomi 15 Series

30 January 2024   |   15:18 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Produsen gawai pintar terus meluncurkan produk teranyarnya pada tahun ini. Salah satunya adalah Xiaomi, yang disebut-sebut akan mengeluarkan smartphone Xiaomi 15 Series. Perusahaan dikabarkan bakal menyematkan system on chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 sebagai dapur pacu gawai tersebut.

Dikutip dari Gizmochina, kabar tersebut beredar setelah salah satu akun yang terdapat di Weibo, yakni Smart Pikachu menyampaikan hal tersebut. "Xiaomi 15 Series [akan] diluncurkan dengan Snapdragon 8 Gen 4," demikian pernyataan tertulis akun itu. 

Untuk spesifikasi lainnya, smartphone ini akan menggunakan layar OLED 6,36 inci dengan refresh rate 120Hz dan kecerahan puncak 1400 nits. Teknologi refresh rate yang tersemat adalah LTPO 1, sehingga dapat menghemat daya hingga 20 persen dari masa pakai baterai. Ponsel ini juga menyuguhkan resolusi hingga 1,5K. 

Xiaomi 15 series juga disebut-sebut akan terdiri dari dua jenis, yakni Xiaomi 15 yang akan menggunakan layar berukuran 6,36 inci. Sementara itu, Xiaomi 15 Pro yang memiliki layar agak melengkung dan menawarkan resolusi 2K dengan bezel 0,6 mm.

Baca juga: Cek Daftar Smartphone yang Bakal Dapat Update Xiaomi HyperOS

Penyematan SoC Snapdragon 8 Gen 4 dalam Xiaomi 15 Series membuatnya menjadi salah satu gawai pintar yang menggunakan chip terbaru dari Qualcomm tersebut. Prosesor itu diklaim kian gahar untuk mendukung kinerja berbagai skenario di smartphone

Cip paling mutakhir dari Qualcomm itu bahkan mampu digunakan untuk memainkan gim Genshin Impact dengan lancar selama 45 menit. Pengujiannya dilakukan dengan resolusi 1080p dan frame rate 60fps. 

Tidak hanya itu, chipset ini juga mendapatkan skor 10 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan chip M2 Apple saat diuji dalam 3DMark Wild Life Extreme Stress Test. Hasil pengujian itu menunjukkan cukup mengesankan karena M2 dibuat untuk perangkat yang lebih besar, seperti Mac.

Selain punya kinerja yang lebih baik, chipset ini juga memiliki konsumsi baterai yang lebih efisien. Snapdragon 8 Gen 4 juga disebut akan memiliki CPU octa-core dengan dua inti Phoenix besar dan enam inti Phoenix sedang. Sementara itu, inti lainnya masih belum diketahui. 
 

Perkiraan Jadwal Rilis

Sumber lain dari Gizmochina menyebutkan bahwa Xiaomi 15 Series sedang dalam pengujian. Kemudian, perusahaan gawai pintar itu akan mulai melakukan produksi massal pada September 2024.

Dengan begitu, perusahaan berpotensi merilis gawai pintar terbarunya pada November atau Desember 2024. Perkiraan ini sesuai dengan kebiasaan Xiaomi yang selalu meluncurkan gawai pintar andalannya di China pada kuartal 4.  

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan gawai pintar tersebut akan diluncurkan lebih cepat – sesuai dengan debut Snapdragon 8 Gen 4 yang diperkirakan rilis lebih awal dari biasanya pada tahun ini.

Baca juga: Cek Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 13 Series Terbaru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Spoiler One Piece 1106, Aksi Luffy & Munculnya Para Raksasa

BERIKUTNYA

Daftar Film Box Office Dunia Januari 2024, dari Mean Girls sampai Night Swim

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: