Sistem operasi iOS 18 bakal jadi penerus iOS 17, diprediksi rilis pada 2024 (Sumber gambar: Pexels/Cottonbro Studio)

Cek Bocoran Fitur iOS 18, Bakal Fokus ke Teknologi AI?

29 January 2024   |   21:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Setiap tahunnya, raksasa teknologi Apple selalu menghadirkan pembaruan untuk sistem operasi iPhone, iOS. Versi mutakhir yang telah rilis dan bisa dinikmati para pengguna smartphone itu adalah iOS 17, yang meluncur pada September tahun lalu. Artinya, tahun ini perusahaan bakal mengeluarkan iOS 18

Memang, sejauh ini, masih belum ada informasi resmi apa pun mengenai operating system iOS 18, baik dari segi fitur maupun tanggal pengumumannya. Kendati begitu, jika melihat dari kebiasaan Apple, perangkat lunak anyar itu diperkirakan bakal dikenalkan ke publik sekitar September 2024. 

Prediksi itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, sejak merilis iOS 6 sampai sekarang, Apple selalu mengungkap sistem operasi termutakhirnya antara 13 September sampai 20 September. Peluncuran iOS 18 juga disebut-sebut bakal berbarengan dengan produk terbaru lainnya, iPhone 16 dan Apple Watch 10. 

Baca juga: Ini Dia Daftar Fitur Terbaru dalam Update iOS 17.3

Adapun, dari segi fitur yang bakal muncul, sejumlah laporan dari analis telah memberikan bocoran mengenai hal tersebut. Salah satu yang paling santer adalah topik seputar fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yang belakangan memang jadi fokus para vendor ponsel pintar. 

Analis Apple Mark Gurman bahkan menyebut bahwa iOS 18 dipandang oleh pihak internal sebagai salah satu pembaruan sistem operasi Apple yang terbesar dalam sejarah perusahaan. Klaim ini tentunya menarik untuk diikuti. 

Nah, lantas apa saja pembaruan yang akan hadir di sistem operasi iPhone tersebut? berikut ini adalah bocoran fitur iOS 18 sebagaimana dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber. Simak yuk. 
 

1. Siri yang lebih pintar 

Mark Gurman menyebut bahwa besar kemungkinan perusahaan akan menampilkan teknologi AI generatif di iOS 18. Menurutnya, hal ini bakal terwujud dalam bentuk peningkatan Siri dan aplikasi Message untuk menjawab pertanyaan serta melengkapi kalimat secara otomatis. Dia juga menyebut bahwa mereka telah melakukan eksplorasi fitur AI untuk sejumlah aplikasi lain seperti Apple Music, Pages, Keynote, dan Xcode. 

Laporan The Information juga menyatakan bahwa Apple berencana untuk memasukkan large language model (LLM) ke dalam Siri, yang memungkinkan pengguna menikmati beragam kemampuan dan menjalankan tugas-tugas kompleks. 

Pada pertengahan tahun lalu, Techradar juga sempat menyinggung soal Apple GPT, yang disebut-sebut bakal jadi pesaing chatbot AI populer ChatGPT. Dengan informasi yang beredar, tampaknya sangat besar kemungkinan bahwa iOS 18 memang akan menjadi debut Apple memaksimalkan teknologi itu di tengah gelombang besar pemanfaatan artificial intelligence

Sebagaimana diketahui, AI generatif telah menjadi tren dalam beberapa waktu terakhir. Utamanya sejak OpenAI merilis chatbot ChatGPT. Setelahnya, AI jadi topik utama perkembangan teknologi modern, tak terkecuali dimanfaatkan pada perangkat seperti smartphone. Ini termasuk perusahaan seperti Google dan yang paling terbaru adalah Samsung dengan produk Galaxy S24 Series
 

2. Dukungan Rich Communication Services 

Apple telah menyatakan bahwa mereka akan mendukung standar perpesanan lintas platform Rich Communication Services (RCS) di aplikasi Message iPhone mulai 2024. Artinya, kemungkinan besar ini akan menjadi salah satu fitur yang hadir di sistem operasi iOS 18, seperti dikutip dari MacRumors.  

RCS diharapkan bisa meningkatkan pengiriman dan penerimaan pesan antara perangkat iPhone dan Android. Fungsi RCS akan membawa peningkatan pengalaman yang lebih mulus termasuk menawarkan foto dan video resolusi tinggi, pesan audio, indikator pengetikan, peningkatan obrolan grup, sampai peningkatan enkripsi dari model SMS. 

Fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas sejatinya telah tersedia untuk percakapan antara perangkat iPhone ke iPhone melalui aplikasi internal iMessage dan layanan pihak ketiga semisal WhatsApp dan Telegram. 

Adapun, dukungan RCS akan memperluas fitur ini ke layanan lain seperti aplikasi Message, sehingga secara signifikan meningkatkan pengalaman perpesanan di luar perangkat Apple. Selain itu, perubahan ini akan mempersempit kesenjangan antara pengguna iPhone dan Android. 

Baca juga: Sistem Operasi Android 14 vs iOS 17, Mana yang Lebih Gahar?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ombre Lips hingga Contouring, Cek 5 Kiat Makeup Ini untuk Tingkatkan Skill Dandan

BERIKUTNYA

Drama Komedi Keluarga Batak dalam Teaser Trailer Film Tulang Belulang Tulang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: