iPhone menggunakan sistem operasi iOS. (Sumber gambar : Daniel Romero/Unsplas)

Ini Dia Daftar Fitur Terbaru dalam Update iOS 17.3

23 January 2024   |   22:32 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Apple merilis iOS 17.3 hari ini. Sistem operasi terbaru untuk iPhone itu membawa sejumlah perubahan dan fitur yang menarik ke dalam perangkat gadget mereka. Pengguna bisa mendapatkan perlindungan perangkat ekstra hingga Apple Music yang kolaboratif.

Salah satu fitur yang menjadi sorotan pada iOS 17.3 yakni Perlindungan Perangkat yang Dicuri. Dari laman resmi Apple, fitur ini dapat membatasi akses informasi pribadi ketika iPhone dicuri atau hilang. 

Baca juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 16 Pro, dari Chipset hingga Capture Button

Jika iPhone hilang dicuri, Perlindungan Perangkat yang Dicuri membuat ponsel hanya bisa dibuka atau diakses melalui otentikasi biometrik seperti wajah dan pola layar sentuh penggunanya. Selain kara sandi yang disimpan di iCloud, ketika fitur ini diaktifkan, pencuri juga tidak bisa melakukan transaksi di Apple Card, melihat Apple Card virtual kamu, matikan Mode Hilang. 

Pencuri juga tidak bisa menghapus semua konten dan pengaturan, bertransaksi menggunakan Apple Cash atau e-Wallet yang tersimpan. Kemudian tidak bisa menggunakan metode pembayaran yang disimpan di Safari, serta menggunakan iPhone untuk menyiapkan perangkat baru.

Oleh karena fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri hanya melindungi beberapa pengaturan, pengguna masih harus mengambil tindakan tambahan untuk melindungi informasi lainnya, seperti akun media sosial. Meskipun opsional, Apple menyarankan semua pengguna untuk mengaktifkannya.

Pembaruan iOS 17.3 juga menghadirkan daftar putar kolaboratif untuk pelanggan Apple Music. Mengutip CNet, fitur ini memungkinkan banyak orang untuk mengedit dan mengontrol playlist bersama di platform streaming musik. 

Penggguna dapat mengundang teman, anggota keluarga, dan orang lain yang memiliki preferensi musik yang sama. Sejauh ini tidak ada batasan berapa banyak orang yang dapat bergabung.

Namun, fitur ini menarik karena pengguna juga dapat bereaksi dengan emoji terhadap lagu di playlist kolaboratif yang ditambahkan orang lain. Dengan begitu, kamu bisa langsung memberi tahu seseorang apakah menyukai lagu di playlist tersebut atau tidak. 

Untuk menggunakan fitur kolaborasi ini, buka daftar putar di aplikasi ‌Apple Music‌ lalu ketuk ikon orang. Mengutip Macrumors, kamu dapat membuat tautan yang dapat dikirimkan ke orang lain, dan semua orang yang diundang dapat mengakses daftar putar tersebut. 

Ada opsi untuk setuju bergabung atau tidak. Orang yang membuat playlist dapat menghapus orang, menghapus lagu, dan menonaktifkan kolaborasi kapan saja.

Untuk menghormati Black History Month, iOS 17.3 menghadirkan wallpaper baru yang disebut Unity Bloom ke semua iPhone. Menurut Apple , wallpaper tersebut menampilkan garis besar bunga yang akan terisi warna setelah layar aktif. 

Baca juga: 5 Fakta Action Button pada Model iPhone 16

Pembaruan iOS juga mengoptimalkan fitur Crash Detection, khusus untuk iPhone 14 dan iPhone 15. Fitur lain yang mengalami perbaikan yakni dukungan AirPlay yang memungkinkan pengguna melakukan streaming konten langsung ke TV yang ada di kamar hotel. Ada pula AppleCare dan Garansi untuk semua  perangkat yang tertaut dengan ID Apple kalian. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Lengkap Nominasi Oscar 96: Cek 10 Film Terbaik Tahun Ini

BERIKUTNYA

Sistem Operasi Android 14 vs iOS 17, Mana yang Lebih Gahar?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: