Instagram Flipside. (Sumber foto: Instagram)

Cek Fitur Flipside di Instagram yang Sedang Viral, Ini Bedanya dengan Second Account

26 January 2024   |   17:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Siapa Genhype di sini yang punya lebih dari satu akun Instagram? Jika kebanyakan orang membuat second account (akun kedua) untuk stalking atau menyimpan foto/video pribadi, sekarang ada fitur baru yang bisa memudahkan kalian membagikan berbagi konten dengan teman dekat tanpa harus membuat akun baru.

Instagram diketahui sedang menguji fitur baru bernama 'Flipside' yang memungkinkan pengguna membuat halaman pribadi pada profil mereka untuk berbagi konten dengan teman dekat. Di kalangan pengguna Instagram, sebutan second account atau finsta. Fitur ini jelas mempermudah pengguna untuk menciptakan ruang privat di sosial media.

Baca juga: Cara Menambahkan Video Dalam Fitur Note Instagram

Untuk saat ini, fitur Flipside belum tersedia bagi seluruh pengguna Instagram. Menurut konsultan media sosial Matt Navarra, beberapa orang sudah melihat fitur ini di profil mereka dan peluncuran yang lebih luas mungkin akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang. 

Penggunaan fitur ini terbilang cukup mudah. Pengguna cukup menekan profil dan memilih garis tiga di pojok atas kanan. Setelah itu, kalian dapat melihat berbagai fitur, seperti pengaturan dan privasi, arsip, kode QR, dan sebagainya.

Flipside terdapat di bagian paling bawah. Untuk menggunakannya, Genhype cukup menekan ikon 'kunci' dan halaman akan beralih. Pengguna cukup menekan pilihan “Buat” atau “Buat dari draf” untuk mengunggah gambar atau video. Genhype juga dapat memilih terlebih dahulu teman-teman yang akan menjadi bagian dalam Flipside.

“Kami akan memberitahu orang-orang yang Anda tambahkan, tetapi bukan orang-orang yang telah Anda hapus. Mereka yang Anda tambahkan akan dapat melihat apa yang telah Anda bagikan ke flipside Anda,” tulis Instagram.

Saat menggunakan fitur Flipside, pengguna Instagram juga tidak perlu keluar dari akun yang digunakannya atau menggantinya dengan akun yang baru. Namun, Genhype dapat menambahkan nama dan keterangan pada profil di fitur tersebut.

Dengan kata lain, nama akun dan profil yang terdapat di dalamya tidak langsung terhubung dengan akun yang digunakan. Tidak hanya itu, pengguna Instagram yang akan menggunakan Flipside juga dapat mengunggah foto baru sebagai profil dalam fitur tersebut.  

Sebelumnya pada November 2023, Instagram memperluas fitur Close Friend, yang awalnya dirancang untuk berbagi konten story, kini menyertakan konten feed utama pada aplikasi. Dengan Flipside, postingan ini dapat ditempatkan di sisi terpisah dari profil pengguna alih-alih digabungkan di feed utama.

?Fitur Flipside Instagram muncul sebagai terobosan potensial di dunia media sosial, memperkenalkan cara baru bagi pengguna untuk menyusun dan berbagi cerita pribadi mereka dalam ruang pribadi di profil mereka.

Saat ini Instagram masih berupaya menavigasi keseimbangan antara privasi pengguna dan fitur-fitur inovatif. Kehadiran Flipside disebut akan menyederhanakan pengalaman berbagi, menghilangkan kebutuhan akan akun terpisah sambil menyediakan ruang yang lebih terkontrol untuk koneksi intim.

Meskipun statusnya saat ini masih sebagai fitur uji coba, prospek Flipside mengundang antisipasi terhadap evolusi komitmen Instagram terhadap peningkatan yang berpusat pada pengguna. Sambil menunggu perkembangan lebih lanjut, kira-kira seperti apa ya perubahan dampak budaya yang dapat ditimbulkan oleh fitur inovatif ini?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jaehyun NCT Debut Layar Lebar di Film You Will Die After Six Hours, Kapan Tayang?

BERIKUTNYA

Resep Corn Dog dengan Saus Rosé ala Chef Devy Anastasia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: