Dior Couture Spring-Summer 2024 (Sumber Foto: Instagram/@dior)

Gaun dan Mantel Klasik Gaya Quiet-Luxury dari Koleksi Dior Couture Spring-Summer 2024

24 January 2024   |   20:04 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Rumah Mode Dior baru saja meluncurkan koleksi terbarunya dalam peragaan busana bertajuk Dior Couture Spring-Summer 2024 di Rodin Museum, Minggu 22 Januari 2024. Satu persatu model berjalan di runway yang di kanan kirinya terdapat instalasi seni bertajuk Big Aura karya seniman Isabella Ducrot. 

Big Aura dibuat menyerupai gaun raksasa dalam imajimasi anak-anak yang menjulang setinggi lima meter. Tampilannya sengaja dibuat tidak proporsional dengan tubuh manusia untuk menampilkan keunikan dan esensi haute couture.

Baca juga: Koleksi Gaun Putih Penari Balet dari Chanel Spring Summer 2024 Haute Couture Show

 

 
Peragaan busana couture Spring 2024 dibuka dengan alunan  musik menegangkan karya Jerskin Fendrix yang menjadi soundtrack film Poor Things. Terdengar puisi menyentuh hati berjudul To Weave is Human yang dipersembahkan untuk Isabella Ducrot, dibacakan aktris sekaligus model, Violeta Sanchez. Selanjutnya diputar lagu-lagu Björk yang mengiringi langkah para model di runway.

Maria Grazia Chiuri, direktur kreatif Dior meng-highlight penggunaan long coat bernuansa quiet luxury di antara deretan busana couture lainnya. Wanita kelahiran 1964 tersebut menggambarkannya secara sederhana sebagai 'percakapan antara dua hal yang tampaknya bertentangan'. 

Coat berbahan jatuh dipadukan dengan celana lebar yang kental dengan nuansa earth tone menjadi busana pertama untuk membuka pertunjukan mode tersebut. Chiuri berkerja dengan pemasok tekstil dekat ibu kota Lyon untuk memproduksi versi kain yang lebih ringan. Nantinya akan dia gunakan sebagai bahan jaket, coat, celana berkaki lebar, dan gaun malam.

 

 
Adapun presentasi gaun-gaun malam mewah yang menjadi nyawa dari couture show juga menarik untuk diamati. Chiuri mengeksplorasi bahan katun polos dan kain moire atau sutra bermotif air, berdasarkan penafsiran ulang dari siluet Christian Dior era 1950-an.

“Ini pertama kalinya saya menggunakan moire, kain ini memiliki palet warna yang luar biasa, dan polanya yang menarik cahaya mampu memberikan perspektif berbeda,” katanya, dikutip dari Vogue, Rabu (24/1/2024). 

 

 
Salah satu gaun malam bernama La Cigale dari kain moire tampak mencuri perhatian. Warnanya merah menyala seperti bunga poppy, mengingatkan kita pada jubah megah kardinal dan paus. Sementara roknya dilipit pada bagian depan dan  garis pinggulnya mengikuti bentuk korset, sederhana namun mewah pada saat bersamaan.

Christian Dior adalah penggemar garis desain bersih atau clean-cut yang dikontraskan dengan warna-warna halus dan sulaman dari abad ke-18. Ide tersebut nampak dalam mantel krem dengan motif permadani benang emas, serta tank top hitam bersulam grafism berpadu rok warna ivory yang serasi.

Dior Couture Spring-Summer 2024 dihadiri banyak tokoh penting dan selebriti yang tampil mempesona dalam balutan koleksi terbaru jenama tersebut. Sebut saja aktris Korea Selatan, Han So Hee, yang mengenakan gaun hitam transparan berpadu dengan long coat abu-abu motif abstrak.

Selain itu, ada juga Ruhanna dalam setelan outfit serba hitam yang bahannya bertekstur. Jaket mengembang dipadukan dengan rok midi, serta sarung tangan kulit dan topi hitam tinggi. Tak ketinggalan ada Natalie Portman dengan gaun v neck berkancing dan blazer hitam, lalu Anya Taylor Joy mengenakan gaun merah menyala bersulamkan bunga.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kolektor Seni Wajib Tahu, Begini Cara Memajang dan Merawat Lukisan yang Benar

BERIKUTNYA

Game Palworld Laris 7 Juta Kopi dalam 5 Hari, Developer Perbaiki Bug

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: