Jennie BLACKPINK. (Sumber gambar: Jennie Official Instagram)

Jennie BLACKPINK Jadi Solois K-Pop Wanita Pertama Raih 1,2 Miliar Streaming Tanpa Album Solo

23 January 2024   |   10:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jennie BLACKPINK mengukuhkan dirinya sebagai salah satu artis solo terkemuka di Korea Selatan. Penyanyi bernama asli Jennie Kim itu baru saja mencetak sejarah dengan mencapai 1,2 miliar streaming di Spotify di seluruh kredit karyanya. Hal ini membuatnya jadi artis solo K-Pop wanita pertama yang mencapai prestasi ini tanpa merilis album solo.

Menukil dari laman Allkpop, lagu-lagu Jennie BLACKPINK mengalami lonjakan popularitas yang signifikan, ditandai dengan akun Spotify-nya yang mendapatkan ribuan pendengar baru setiap hari. 

Baca juga: Jennie BLACKPINK Kolaborasi dengan Mangaka Naoko Takeuchi di Single Baru You & Me

Sejak akhir 2023, penyanyi yang juga dikenal dengan nama Jennie Ruby Jane ini tidak hanya melampaui jumlah pendengar bulanan NewJeans di Spotify, tetapi juga mengalahkan BTS tak lama kemudian. Popularitasnya telah membuatnya mendapatkan 33 juta lebih pendengar bulanan di Spotify, dan menjadi rekor tertinggi untuk artis K-Pop solo wanita.

Hebatnya lagi, Jennie mencapai tonggak sejarah ini tanpa merilis album solo apa pun. Capaiannya ini didapat dari tiga lagu solo yang pernah dirilisnya yakni "Solo", "You & Me", dan "One of The Girls". Pencapaian ini pun menggarisbawahi pengaruh dan popularitasnya yang signifikan di industri musik baik Korea Selatan maupun global.
 

Sebelumnya, Jennie juga mencetak sejarah di tangga lagu Billboard Hot 100 berkat lagu terbarunya "One of the Girls", yang berkolaborasi dengan musisi Kanada The Weeknd serta aktris sekaligus penyanyi Prancis-Amerika Lily-Rose Depp. Lagu itu berada di posisi ke-61 di Billboard Hot 100 global.

Hal tersebut membuat Jennie didapuk sebagai artis solo K-Pop wanita yang memecahkan rekor dengan charting tertinggi. Tak hanya itu, lagu "One of the Girls" juga berada di posisi ke-7 Billboard Global Excl. Chart AS dan nomor 10 di Billboard Global 200

"One of the Girls" adalah lagu hasil kolaborasi antara Jennie BLACKPINK, The Weeknd, dan Lily-Rose Depp yang dirilis ada 8 Desember 2023. Karya yang dirilis lewat label XO dan Republic Records ini menjadi soundtrack dari serial televisi HBO, The Idol, yang dibintangi oleh ketiga penyanyi tersebut.
 

Lagu yang ditulis oleh Mike Dean dan diproduseri juga olehnya bersama The Weeknd, Lily-Rose Depp, Ramsey, dan Sam Levinson itu mengusung aransemen musik R&B bertempo lambat dengan sentuhan synth. Sementara dari segi lirik lagu, "One of the Girls" mengangkat tema-tema seputar kontrol diri, ketenaran, hasrat, dan sindrom Stockholm yang mengerikan secara emosional.

Tema-tema tersebut berkaitan dengan plot serial The Idol , yang menggambarkan hubungan intim antara bintang pop Jocelyn (diperankan oleh Depp) dan pemimpin sekte Tedros (Tesfaye). Lagu itu mendapatkan tanggapan beragam dari para kritikus, mulai dari pujian dari segi vokal, nuansa menggoda, dan produksi, tetapi mengkritik liriknya yang eksplisit.

Lagu "One of the Girls" pun mendapatkan respons positif dari kalangan pendengar global. Di Amerika Serikat, lagu tersebut debut di nomor 14 di tangga lagu Billboard Hot R&B Songs dengan 2,5 juta streaming, dan 1.000 unduhan terjual di minggu pembukaannya. Termasuk, debut di nomor 11 di Penjualan Lagu Digital R&B dan nomor 19 di Penjualan Lagu Digital R&B/Hip-Hop. Berkat capaian ini, Lily-Rose Depp mencetak penampilan pertamanya di tangga lagu Billboard. 

Pada 16 Desember 2023, lagu "One of the Girls" debut di nomor 18 di Bubbling Under Hot 100, naik ke puncak tangga lagu pada minggu berikutnya. Billboard mengaitkan pertumbuhan popularitas lagu tersebut dengan viralitasnya di platform TikTok, terutama dari dukungan Blinks terhadap bagian-bagian Jennie dalam lagu tersebut. Para penggemar memuji vokal Jennie yang mempesona.

Seiring waktu, popularitas lagu ini juga terus menanjak dan memulai debutnya di nomor 100 di Billboard Hot 100 dengan 6 juta streaming dan 1,5 juta tayangan pemirsa radio, menandai entri pertama Depp di tangga lagu dan entri pertama Jennie sebagai artis solo. 

Sementara di tangga lagu Billboard Global 200 per 20 Januari 2024, "One of the Girls" naik dari nomor 15 ke 10, memasuki sepuluh besar untuk pertama kalinya dengan 40,6 juta streaming di seluruh dunia. Dengan capaian ini, The Weeknd mencapai hit sepuluh besarnya yang ke-11, Jennie yang kedua, dan Depp yang pertama di tangga lagu tersebut.

Baca juga: 10 Konser K-Pop dengan Pendapatan Tertinggi Sepanjang 2023, Blackpink Peroleh US$148 Juta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Terbaik FFI 2023 Women from Rote Island Tayang di Bioskop 22 Februari

BERIKUTNYA

Update Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia 2023 & Skenario Indonesia Lolos 16 Besar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: