Blackpink (Sumber gambar: Blackpink Official Twitter)

Blackpink Cetak Rekor di Tangga Lagu Dunia lewat Single Pink Venom

24 August 2022   |   07:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Blackpink kembali mencetak rekor dengan single terbaru mereka berjudul Pink Venom. Single pre-release dari album Born Pink yang akan dirilis itu telah membuat debut yang mengesankan dan melesat ke peringkat satu tangga lagu Global Top Songs Spotify.

Pink Venom menjadi lagu berbahasa Korea pertama dalam sejarah yang menduduki puncak tangga lagu seluruh dunia di Spotify. Satu-satunya lagu K-Pop lain yang mencapai nomor 1 di tangga lagu tersebut hingga saat ini adalah single berbahasa Inggris BTS, Dynamite, yang meraih posisi itu pada 2020 lalu.

Selain itu, Blackpink juga menjadi grup musik wanita pertama di dunia yang mencapai nomor 1 di tangga lagu Top Global Spotify.

Baca juga: Blackpink Curi Perhatian, Intip 7 Fakta Menarik Video Klip Pink Venom

Melansir dari Soompi, Pink Venom juga mencetak rekor baru untuk jumlah streaming tertinggi yang dicapai dalam satu hari pada tahun ini oleh artis wanita. Single ini mengumpulkan 7,9 juta streaming pada hari pertama perilisannya, melampaui single Break My Soul milik Beyonce dengan total 5,1 juta streaming.

Tak hanya itu, Pink Venom juga menyalip rekor sebelumnya yang dipegang lagu hit Taylor Swift, Cardigan, yang dirilis pada 2020, dengan 7,7 juta streaming. Sebelumnya, pencapaian itu merupakan debut Spotify terbesar lagu dari artis wanita manapun yang dirilis sejauh dekade ini.

Selain di Spotify, single Pink Venom juga merajai tangga lagu iTunes di seluruh dunia. Segera setelah dirilis, lagu ini menduduki puncak beberapa tangga lagu realtime Korea, mencapai nomor 1 di platform Bugs, Vibe, dan Genie, juga melonjak ke puncak tangga lagu iTunes di banyak negara di seluruh dunia.

Menurut YG Entertainment, lagu Pink Venom telah mencapai nomor 1 di tangga lagu iTunes Top Songs di setidaknya 69 wilayah di seluruh dunia.
 

Di sisi lain, video klip Pink Venom juga mencapai rekor baru bagi Blackpink. Klip yang disebut-sebut termahal yang pernah dibuat Blackpink itu berhasil mencapai 100 juta penayangan di YouTube hanya dalam waktu kurang dari 2 hari, tepatnya 1 hari, 5 jam, dan 36 menit.

Pink Venom saat ini menjadi klip tercepat yang mencapai angka 100 juta penayangan dari grup wanita manapun dalam sejarah YouTube. Pencapaian ini juga mengalahkan rekor Blackpink sebelumnya yang diraih klip single How You Like That pada 2020. Single itu meraih angka 100 juta penayangan di YouTube dengan perolehan waktu 1 hari, 8 jam, dan 22 menit. 
 

BORN PINK

Sementara itu, Blackpink resmi mengumumkan bahwa grup kuartet itu akan kembali dengan album full-length terbaru berjudul Born Pink. Album ini masuk sebagai album studio yang diperkirakan akan hadir dengan lebih dari tujuh lagu hingga belasan lagu, termasuk single pre-release Pink Venom.

Berdasarkan unggahan di Facebook Blackpink yang dibagikan ulang dalam akun Twitter resmi mereka, album studio kedua ini akan hadir dalam lima versi album: tiga versi BOX SET (Pink, Black, Gray), satu versi KiT Album, dan satu versi Vinyl LP Limited Edition. Semua album bisa dipesan bahkan sebelum hari perilisannya, kecuali Vinyl LP yang hanya hadir dalam periode pra-pembelian.
 

Lebih terperinci, album ini memulai sistem pre-order mulai 11 Agustus sampai 15 September 2022 dengan estimasi harga mulai 20.000 Won sampai 60.000 Won. Pemesanan untuk album fisik ini tersedia melalui beberapa platform, yaitu Ktown4U, YG Select, Weverse Shop, dan Universal Music Store Japan. 

YG Entertainment menyebut bahwa album fisik Born Pink dibuat dengan bahan ramah lingkungan seperti kertas karbon rendah dan tinta yang terbuat dari minyak kedelai.

Baca juga: Blackpink Padukan EDM dan Musik Tradisional Korea di Single Pink Venom

Melansir dari The Korea Times, versi kit dari album Born Pink, yang tidak memiliki CD, dibuat dari plastik biodegradable, serta bahan yang diekstraksi dari tepung jagung akan digunakan sebagai kertas pembungkus dan bungkus plastik dari album tersebut.
 

PROYEK BORN

Pink sendiri merupakan comeback pertama Blackpink setelah sekitar 1 tahun 10 bulan pascaperilisan album panjang bertajuk The Album pada 2020. Album itu tercatat telah terjual lebih dari 1,4 juta kopi. Sejak 2021, grup asuhan YG Entertainment ini tidak banyak merilis karya, kecuali album The Album - JP Version yang rilis pada Agustus 2021.


Setelahnya, Blackpink disibukkan dengan kegiatan individu sebagai duta global atau brand ambassador untuk sejumlah produk, seperti brand fashion CELINE, BVLGARI, Gucci, Dior, Calvin Klein, hingga MAC. Lalu, 2021 juga diisi dengan proyek-proyek solo dari para personel seperti album single R milik Rose dan LALISA milik Lisa.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jadi Syarat Naik KA Jarak Jauh, KAI Sediakan Fasilitas Vakinasi & RT-PCR

BERIKUTNYA

Tayang Besok, Simak Dulu 6 Fakta Menarik Film Mencuri Raden Saleh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: