Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

Update Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia 2023 & Skenario Indonesia Lolos 16 Besar

23 January 2024   |   11:42 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki pekan krusial dalam matchday ketiga Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sejauh ini masih nyaman berada di runner up peringkat ketiga terbaik. Hasil pertandingan terakhir di Grup A belum mampu membuat posisi Timnas Indonesia bergeser.

Pada Senin (22/1/2024) malam, Grup A melangsungkan dua pertandingan terakhirnya. Dalam laga tersebut, Timnas Qatar berhasil mengalahkan Timnas China dengan skor tipis 1-0. Hasil ini membuat tim tuan rumah berhasil menyapu bersih seluruh laga di Grup A dengan kemenangan.

Hasil tersebut juga memastikan Timnas Qatar berada di puncak klasemen Grup A. Sebaliknya, kekalahan tipis ini justru memperkecil peluang Timnas China untuk lolos ke babak 16 besar. Sebab, saat ini China berada di posisi ketiga grup.

Baca juga: 6 Tim dengan Rata-rata Pemain Termuda di Piala Asia 2023, dari Indonesia hingga Vietnam

Tim dengan julukan Dragon ini tergeser karena pada waktu yang bersamaan, Timnas Tajikistan berhasil mengalahkan Lebanon dengan skor 2-1. Tambahan tiga poin membuat Timnas Tajikistan yang tadinya di peringkat ketiga kini naik ke peringkat kedua.

Kemenangan Tajikistan dan China pada laga tersebut patut dirayakan oleh pendukung Timnas Indonesia. Pasalnya, hal tersebut makin memudahkan jalan skuad Garuda untuk lolos ke babak 16 besar.

Sebab, apa pun yang terjadi, Timnas China yang berada di peringkat ketiga grup tersebut tidak akan bisa melampaui poin Indonesia di klasemen peringkat 3 terbaik. Saat ini, Timnas Indonesia sudah mengumpulkan tiga angka dari dua pertandingan, unggul satu poin dari Timnas China.


Skenario Timnas Indonesia Lolos Babak 16 Besar

Kepastian Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar bisa saja terjadi malam nanti, Selasa (23/1/2024). Pada hari ini, Grup B akan melangsungkan pertandingan terakhir mereka, yakni Timnas Suriah vs India dan Timnas Australia vs Uzbekistan.

Namun, hanya pertandingan Suriah vs India yang akan berpengaruh pada peluang Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar. Pasalnya, saat ini Suriah telah mengoleksi satu poin dan berada di peringkat ketiga, sedangkan India berada di peringkat keempat dengan nol poin. 

Jika pertandingan ini berakhir dengan hasil imbang, bisa dipastikan Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar. Sebab, Suriah yang menjadi peringkat ketiga grup ini hanya mengoleksi dua poin saja.

Jika pertandingan tersebut berhasil dimenangkan India, Timnas Indonesia juga kemungkinan tetap melaju ke babak selanjutnya. Dengan catatan India hanya menang tipis, karena tim ini terbilang punya beban selisih gol cukup besar, yakni -5.

Akan tetapi, jika Timnas Suriah menang melawan India, Timnas Indonesia masih belum aman. Kemenangan Suriah akan membuat tim ini mengoleksi empat poin. Hasil tersebut membuat mereka memuncaki klasemen peringkat tiga terbaik, disusul Bahrain, lalu Indonesia harus turun ke peringkat ketiga.

Timnas Indonesia pun harus menunggu hasil pertandingan terakhir dari Grup C, yakni Palestina vs Hong Kong. Jika hasil pertandingan berakhir imbang, Timnas Indonesia lolos karena Palestina yang berada di peringkat ketiga hanya memiliki dua poin.

Andai semua skenario ini gagal, maka Timnas Indonesia harus memastikan sendiri hasilnya lewat pertandingan terakhirnya melawan Jepang. Jika menang melawan Jepang, Indonesia bisa lolos dari jalur runner up.

Namun, jika kalah, tim Garuda harus puas berada di peringkat ketiga klasemen. Asnawi dan kawan-kawan masih perlu bersabar sembari tetap menunggu hitung-hitungan dari grup E dan F untuk kepastian lolos tidaknya ke babak 16 besar.

Hasil klasemen peringkat ketiga terbaik sementara Piala Asia 2023, Selasa (23/1/2024) pagi. 
1. Bahrain = 3 poin
2. Indonesia = 3 poin
3. China = 2 poin
4. Oman = 1 poin
-batas lolos-
5. Suriah = 1 poin
6. Palestina = 1 poin

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Jennie BLACKPINK Jadi Solois K-Pop Wanita Pertama Raih 1,2 Miliar Streaming Tanpa Album Solo

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Tentang Shio Naga Kayu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: