Durian menjadi buah yang memiliki banyak penggemar (Sumber gambar: pexels/ Tom Fisk)

Eksplorasi 5 Jenis Durian Populer di Indonesia

21 January 2024   |   15:09 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Musim durian merupakan momen yang dinantikan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Keunikan dan kelezatan rasanya menjadikan buah berduri ini pilihan utama untuk dinikmati bersama keluarga, orang terkasih, atau teman-teman. Tak jarang, mereka bahkan bersedia melakukan perjalanan khusus untuk menikmatinya.

Dikutip dari laman Kementerian Pertanian, kondisi wilayah Indonesia membuat musim panen durian tidak serentak, sehingga menjadikan musim panen buah yang memiliki aroma sangat kuat itu cenderung berurutan hampir sepanjang tahun. 

Baca juga: Cara Sederhana Menghilangkan Bau Mulut Setelah Makan Durian

Tidak hanya itu, setiap daerah penghasil durian memiliki ciri khas masing-masing yang menawarkan aroma serta rasa unik. Tentunya hal ini tidak boleh terlewatkan oleh Genhype pencinta durian. Banyak pelancong rela bepergian ke sejumlah daerah di Indonesia saat musim panen untuk mencicipi satu per satu jenis duren khas Nusantara.

Salah satu contohnya adalah durian merah yang terkenal di Banyuwangi, Jawa Timur. Selain warnanya yang unik karena beda dari kebanyakan durian, rasa durian merah juga begitu nikmat dan menggoda selera.

Durian merah hanya satu dari banyak jenis yang tumbuh di Indonesia. Berikut 5 jenis durian populer yang dapat kalian coba.

 

1. Durian Medan

Saat Genhype berkunjung ke Medan, Sumatra Utara, salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan adalah durian medan yang memiliki cita rasa begitu menggoda. Daging buah yang begitu lembut dan rasanya yang manis membuatnya menjadi buruan banyak wisatawan dari dalam negeri. 

Di kota ini, ada banyak penjaja durian medan yang akan memuaskan kalian dalam menikmat buah berduri dengan aroma yang sangat kuat itu. 


2. Durian Bawor

Durian Bawor adalah jenis buah durian lain yang populer dan kerap menjadi buruan masyarakat di dalam negeri untuk dinikmati. Berasal dari Banyumas, Jawa Tengah, jenis durian ini memiliki daging buah tebal, berwarna oranye, rasa manis, dan biji yang kecil. 

Karakteristik buah itu membuat para pencinta durian di dalam negeri kerap memburunya untuk memperoleh kenikmatan dari durian bawor. Rasanya yang manis dan sedikit pahit menjadikan penikmatnya ketagihan. 


3. Durian Petruk

Durian Petruk menjadi salah satu jenis populer lainnya di Indonesia. Berasal dari Jepara, Jawa Tengah, Petruk memiliki rasa yang manis dengan aroma durian yang khas dan kuat. 

Jenis durian ini memiliki karakteristik daging buah berwarna kuning dan agak tebal. Namun, teksturnya terasa sedikit lembek dan berserat. Meskipun begitu, daging buah durian petruk begitu halus. 

 

4. Durian Montong

Setiap pencinta durian pasti kenal dengan jenis montong. Durian yang satu ini begitu terkenal lantaran memiliki daging yang besar dan tebal serta biji yang kecil.  Tidak hanya itu, daging durian montong yang begitu manis juga menjadikan buah yang satu ini kerap menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

Meski dikenal sebagai primadona dari Thailand, bibit durian montong ternyata berasal dari Indonesia. Melansir Good News From Indonesia, bibit durian montong berasal dari varietas durian sukun yang diambil di Matasih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bibit ini kemudian dikembangkan di Thailand dan berhasil menjadi varietas Durian Montong yang unggul.


5. Durian Merah

Berbeda dengan durian pada umumnya, durian merah yang banyak ditemukan di Banyuwangi, Jawa Timur memiliki daging berwarna merah dan menjadi salah satu jenis durian populer lainnya di Indonesia. Daging buah durian merah lebih tebal dan manis jika dibandingkan dengna banyak durian pada umumnya. Selain itu, biji jenis durian ini juga lebih kecil daripada durian umumnya. Kadar alkoholnya pun lebih rendah dengan aroma buah yang lebih menyengat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Ide Hampers Anti Mainstream Untuk Rayakan Imlek

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Not Friends, Wakil Thailand di Festival Film Oscar 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: