Fitur NFC di realme C67 (Sumber Foto: realme)

3 Fitur NFC Canggih di realme C67, Ponsel Entry Level 2 Jutaan

21 January 2024   |   08:52 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Seiring perkembangan teknologi yang kian masif, gaya hidup berbasis digital mulai menyasar aspek komunikasi, konektivitas, bahkan transaksi. Guna menjawab kebutuhan tersebut jenama teknologi terkemuka Realme, melalui Realme C67 menghadirkan fitur NFC dengan fungsi yang telah ditingkatkan.

NFC atau Near Field Communication adalah sebuah teknologi nirkabel yang memungkinkan dua perangkat berkomunikasi satu sama lain. NFC digunakan dalam banyak aplikasi yang berbeda, termasuk kontrol akses, pembayaran nirkabel, dan pertukaran data. Saat menggunakan NFC, pengguna dapat melakukan koneksi dan transaksi dengan lebih cepat dan efisien.

Baca juga: Cek Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 13 Series Terbaru

Walaupun saat ini sudah banyak ponsel pintar yang disematkan NFC, namun fitur-fiturnya masih terbatas pada fungsi mengecek dan mengisi saldo uang elektronik. Mengutip dari rilisnya, simak fitur-fitur NFC pada Realme C67 yang memudahkan aktivitas sehari-hari.
 

1. Duplikasi Kartu Akses

Biasanya kita membuka pintu rumah, apartemen, dan kantor secara manual dengan kunci. Kini kita bisa membukanya dengan mudah pakai kartu akses yang ringkas dan praktis. Apalagi dengan adanya teknologi NFC yang bisa menduplikasi kartu akses sehingga kita tak perlu membawa banyak kartu sekaligus untuk membuka pintu rumah dan kantor.

Fungsi duplikasi kartu akses melalui NFC memungkinkan beberapa kartu dapat disimpan secara digital dalam sebuah ponsel pintar. Fitur ini memanfaatkan gelombang radio frekuensi tinggi yang akan mengirimkan data pada kartu dan alat pembaca sehingga memungkinkan pengguna mendapatkan akses secara nirkabel.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup menduplikasi kartu akses ke dalam ponsel pintar dan mendekatkannya ke alat deteksi pada pintu maupun gerbang untuk membuka akses.
 

2. Cek Saldo dan Top-up Kartu Uang Elektronik

Sejak ada kartu uang elektronik, pembayaran dengan nominal tertentu dapat dilakukan hanya dengan melakukan tap kartu saja. Kini kamu tidak perlu membawa dompet tebal untuk membawa uang tunai saat bepergian. Sayangnya, terkadang saldo kita tidak cukup saat akan melakukan transaksi. 

Fitur NFC dapat digunakan untuk mengisi saldo uang elektronik sehingga kamu tidak perlu ke ATM atau minimarket untuk melakukan top-up. Pengguna kini dapat mengecek dan mengisi kartunya dengan mudah, di mana saja, dan kapan saja. 
 

3. Menyambungkan Perangkat dengan Cepat

Pertukaran data atau pairing dengan perangkat lain kini bisa dilakukan secara nirkabel, salah satunya lewat teknologi Bluetooth. Namun saat melakukan proses pairing terkadang sangat lama. Pengguna perlu melakukan beberapa langkah, seperti mencari sinyal Bluetooth perangkat yang ingin dihubungkan, memasukkan password dan kode sebelum kedua perangkat dapat terkoneksi.

Namun, apabila perangkat yang ingin dihubungkan seperti headphone, speaker, atau AIoT dilengkapi dengan chip NFC, kamu bisa menyentuhkan smartphone ber-NFC seperti di tempat yang tepat lalu pairing akan dilakukan secara otomatis. Sebagai catatan, fungsi NFC di sini hanya untuk mempercepat proses pemasangan Bluetooth. Setelah proses pairing selesai, smartphone akan berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung melalui Bluetooth.

Selain memiliki teknologi NFC yang canggih, Realme C67 juga didukung oleh kualitas kamera, desain, dan dapur pacu yang mumpuni. Kameranya memiliki resolusi 108 MP dengan fitur 3x In-sensor Zoom. Desainnya tipis dan kompatibel dengan ukuran 7,59 mm. Ponsel pintar ini terdiri dari dua varian warna, yakni Sunny Oasis dan Black Rock.

Dapur pacunya ditenagai oleh chipset Snapdragon yang membuatnya memiliki performa bertenaga namun tetap hemat daya. Selain itu juga memungkinkan untuk multitasking dan interaksi yang lebih mulus tanpa hambatan. Smartphone ini dijual dengan harga Rp2.599.000 untuk tipe 8GB/128GB dan Rp2.999.000 untuk 8GB/256GB.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cori Broadus Kena Stroke Usia 24 Tahun, Kenali Penyebab dan Gejalanya

BERIKUTNYA

7 Manfaat Mengurangi Kafein untuk Kesehatan, Tidur Lebih Nyenyak & Tubuh Terasa Segar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: