Fitur NFC saat ini sudah banyak diadopsi oleh smartphone dari berbagai kelas (Sumber gambar: Unsplash/Jonas Leupe)

Lagi Cari Smartphone Harga Terjangkau dengan Fitur NFC? Coba Cek Daftar Ini 

25 April 2022   |   13:48 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Komunikasi medan dekat atau yang lebih familiar dengan sebutan near field communication (NFC), merupakan salah satu fitur dengan banyak kegunaan yang saat ini sudah banyak hadir di perangkat ponsel pintar atau smartphone. NFC dapat mendeteksi data dengan mudah dan cepat serta bekerja secara otomatis.

Pada awalnya, NFC merupakan fitur yang hanya disematkan para vendor pada produk kelas atas dan kelas menengah mereka. Akan tetapi, sekarang fitur tersebut sudah banyak tersedia bahkan pada ponsel kelas bawah (entry level) sebagai salah satu nilai jual. 

Sebagaimana diketahui, NFC biasanya digunakan oleh para pengguna untuk mengisi uang elektronik (e-money), yang banyak digunakan untuk aktivitas harian misalnya transportasi menggunakan kendaraan atau angkutan umum. 

Selain itu fitur ini sebetulnya memiliki beragam fungsi lain seperti digunakan untuk berbagi data menggunakan Android Beam, mengaktifkan speaker bluetooth, melakukan transaksi pembayaran, berbagi koneksi Wi-Fi, dan lain-lain. 

Bagi Genhype yang tengah mencari ponsel pintar untuk penggunaan pribadi atau sebagai hadiah lebaran, dan ingin memastikan bahwa perangkat memiliki fitur NFC, berikut ini adalah beberapa rekomendasi smartphone NFC dengan harga terjangkau: 
 

1. Infinix Hot 11S NFC 

Ponsel dari produsen Infinix ini telah menyematkan unsur NFC dalam nama produknya, yang dipastikan bahwa Infinix Hot 11S NFC memiliki fitur tersebut. Dirilis pada akhir tahun lalu dengan harga yang relatif murah sebesar Rp1,9 juta (saat perilisan) 

Perangkat ini ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G88 Dual Chip dengan RAM 6GB dan pilihan memori penyimpanan 64GB/128GB dengan baterai 5.000 mAh. Layarnya berukuran 6,78 inci resolusi FHD+ dengan refresh rate 90Hz. 

Sementara itu, bagian fotografinya dibekali dengan format triple camera yakni 50MP kamera utama, 2MP depth kamera, dan AI Kamera. Adapun, pada bagian depannya ponsel menyematkan kamera 8MP untuk keperluan swafoto dan video.  
 

2. Tecno Spark 8C 

Smartphone berikutnya yang memiliki fitur NFC dan masuk dalam kategori ramah kantong, yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli adalah Tecno Spark 8C dari produsen Tecno Mobile. Perangkat ini rilis pada Maret 2022 dengan harga Rp1,5 juta. 

Tidak disebutkan prosesor apa yang digunakan perusahaan pada perangkat ini, tetapi sistem operasinya sudah memakai HiOS 7.6 yang berbasis Android 11. RAM 4GB yang bisa diperluas dengan teknologi Memory Fusion menjadi 7GB. 

Layar ponsel ini berukuran 6,5 inci HD+ dengan refresh rate 90Hz. Bagian kameranya disematkan dua kamera belakang yakni 13MP kamera utama dan QVGA. Sementara itu, bagian depannya menggunakan kamera 8MP yang dilengkapi LED Flash. 
 

3. Poco M4 Pro 

Beralih ke vendor ponsel pintar asal China, Poco yang juga punya jajaran smartphone dengan fitur near field communication. Salah satu yang belum lama ini dirilis adalah Poco M4 Pro, yang dijual dengan harga mulai dari Rp2,9 juta. 

Spesifikasi utamanya mengusung dapur pacu MediaTek Helio G96 dengan 6GB/8GB RAM yang bisa diperluas lewat teknologi Dynamic RAM Expansion hingga 8GB/11GB. Dibekali dengan baterai 5.000 mAh dan pengisian daya 33 watt. 

Bagian kameranya, produk ini menjadi perangkat pertama generasi M yang mendapatkan resolusi 64MP. Formasi kamera belakangnya adalah 64MP kamera utama, 8MP kamera ultra lebar, dan 2MP kamera makro. Tak ketinggalan bagian depannya dengan kamera 16MP.
 

4. Redmi Note 11 

Ponsel lain yang punya fitur konektivitas NFC dari pabrikan asal China Xiaomi adalah Redmi Note 11 yang juga belum lama dirilis di pasar Indonesia, tepatnya pada Maret lalu. Perusahaan membanderol perangkat ini dengan harga Rp2,5 juta. 

Dapur pacu perangkat ini ditenagai oleh Snapdragon 680 dengan pilihan RAM 4GB/6GB dan penyimpanan 128GB. Sistem operasinya menggunakan MIUI 13 berbasis Android 11 dengan baterai berukuran 5.000 mAh. 

Produk ini punya layar 6,43 inci resolusi Full HD dengan refresh rate 90Hz. Kameranya terdiri dari 50MP kamera utama, 8MP kamera ultra lebar, 2MP kamera makro, dan 2MP kamera depth sensor serta kamera depan resolusi 13MP. 


Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

Ingin Liburan Lebaran Berbeda, Coba Saja Datang ke Wahana Misteri Ini

BERIKUTNYA

Hari Terakhir, Ini 3 Kiat Lolos Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: