ATEEZ, Le Sserafim, The Rose. (Sumber foto: Official Twitter/Dive Studio)

ATEEZ, Le Sserafim, dan The Rose Masuk Line Up Coachella 2024, Tuai Pro Kontra dari Warganet

17 January 2024   |   14:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Festival musik terbesar di dunia, Coachella akan digelar pada 12-14 April 2024 dan 19-21 April 2024. Line up lengkap musisi yang akan tampil baru saja dirilis melalui laman Instagram resminya hari ini, Rabu (17/1/2024). Adapun untuk penjualan tiket presale dibuka mulai 19 Januari pukul 11.00 PT di laman website coachella.com

Menariknya tahun ini ada tiga grup K-Pop yang akan tampil, mereka adalah ATEEZ, Le Sserafim, dan band The Rose. Gelombang Hallyu atau Korean Wave yang kian diminati orang-orang membuat sejumlah idol grup disertakan dalam line up festival musik ini.

Baca juga: BLACKPINK Jadi Headliner di Coachella 2023, Yuk Kepoin Penampilannya

BLACKPINK mencatatkan sejarah sebagai girl grup K-Pop pertama yang diundang ke Coachella pada 2019. Selanjutnya disusul oleh 2NE1 pada 2022 yang sekaligus menjadi ajang reuni bagi keempat anggotanya Park Bom, CL, Dara, dan Minzy. Pada tahun yang sama aespa juga tampil membawkaan lagu-lagu hit mereka dan lagu baru berjudul Life's Too Short yang belum pernah dirilis. 

Membuktikan popularitasnya di kancah global, BLACKPINK pun diundang lagi di Coachella 2023. Kali ini menjadi salah satu headliner-nya bersama Bad Bunny, Rosalia, Frank Ocean, dan Calvin Harris. Namun, sebelum deretan grup K-Pop mewarnai panggung Coachella, sudah ada duo hip-hop asal Korea Selatan yakni Epik High yang tampil sebanyak tiga kali mulai 2016, 2020, dan 2022.

Sayangnya, kemunculan line up grup K-Pop kali ini kurang mendapat sambutan yang antusias dari sejumlah penggemar K-POP. Kehadirannya di Coachella dinilai tak lepas dari pengaruh BLACKPINK yang sudah membuka jalan bagi mereka. 

 

 
Terutama Le Sserafim, warganet menilai HYBE selaku agensi yang menaungi mereka belum saatnya membawa grup tersebut ke Coachella, lantaran Chaewon dan kawan-kawan belum lama debut di industri musik. Mereka juga protes kenapa bukan New Jeans yang tampil, padahal banyak lagu-lagunya yang viral seperti Hype Boy, Super Shy, dan lainnya.

Meski begitu, tentunya ada alasan mengapa Le Sserafilm dan deretan idol grup lainnya bisa tampil di panggung musik megah tersebut. Salah satunya, tentu saja karena basis penggemar mereka yang besar di luar negeri. Belum lagi deretan lagu dan albumnya yang mampu menembus peringkat terbaik di Billboard maupun tangga lagu di seluruh dunia. Baru-baru ini Le Sserafim menembus peringkat 120 di chart Billboard berkat kesuksesan lagu Perfect Night.

Sementara ATEEZ sejak debutnya justru mendapatkan popularitas yang tinggi di luar negeri, dibandingkan negara asalnya. Berdasarkan data Billboard Boxscore, tur konser ATEEZ WORLD TOUR THE FELLOWSHIP: BREAK THE WALL berhasil menjual 103.000 tiket untuk 10 pertunjukkan meliputi negara-negara di kawasan Asia, Amerika Tengah dan Selatan. Grup besutan KQ Entertainment tersebut berhasil meraih pendapatan kotor sebesar 13,9 juta dolar atau setara 215.347 milliar rupiah.

Sementara The Rose, membuktikan bahwa mereka adalah grup band Korea Selatan yang menjadi langganan festival Amerika setelah tahun lalu mengguncang panggung Lollapalooza Chicago. Woo-sung dan lainnya tampil membawakan kurang lebih 11 lagu, seperti Back to Me, RED, Alive, dan lainnya.

Di panggung Coachella 2024, ATEEZ akan tampil lebih dulu pada 12 dan 19 April, lalu Le Sserafim pada 20 April, terakhir The Rose pada 14 dan 21 April. Selain musisi K-POP perwakilan Asia lainnya juga tampil. Ada grup duo YOASOBI dan Peggy Gou yang dijadwalkan manggung pada 12 dan 19 April, Hatsune Miku pada 13 dan 20 April, serta Atarashii Gakko pada 14 dan 21 April.

Lana Del Rey, Tyler, The Creator, Doja Cat, dan No Doubt akan menjadi headliner Coachella 2024.Ini merupakan pertama kalinya festival musik besar tersebut menyoroti musisi perempuan, setelah sekian lama dinominasi oleh laki-laki. Tyler, The Creator menjadi satu-satunya headliner laki-laki. Pelantun We Still Friends tersebut akan tampil pada 13 dan 20 April 2024. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Keren! Begini Penerapan Teknologi IoT di Sektor Pertanian

BERIKUTNYA

Dipecat AS Roma, Ini Rekam Jejak Pelatih Jose Mourinho yang Dijuluki The Special One

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: