Layanan chatbot atau asisten virtual berbasis AI Microsoft Copilot (Sumber gambar: Microsoft)

Perbedaan Asisten Chatbot Copilot, Copilot for Microsoft 365 & Copilot Pro

17 January 2024   |   08:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kecerdasan buatan kian berkembang. Sejumlah perusahaan mulai melakukan development terkait tersebut. Salah satu di antaranya adalah asisten berbasis kecerdasan buatan yang memudahkan banyak orang dalam menunjang tugas dan aktivitas di perangkat yang dimiliki.
 
Microsoft merupakan salah satu perusahaan yang melakukan pengembangan asisten virtual berbasis artificial intelligence (AI). Perusahaan memiliki layanan yang disebut Copilot. Total, ada tiga layanan turunan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yakni Copilot gratis, Copilot for Microsoft 365, dan Copilot Pro. 

Baca juga: Microsoft Hapus Wordpad di Versi Windows 11 Insider Build 26020
 
Dalam keterangan di layanan Google Play, Copilot adalah asisten obrolan perintis dari Microsoft yang didukung oleh model OpenAI terbaru, GPT-4, dan DALL·E 3. Teknologi AI canggih itu diklaim memberikan respons yang cepat, kompleks, tepat, serta kemampuan untuk menciptakan visual dari deskripsi teks sederhana. 

Seperti disebutkan sebelumnya, Microsoft menghadirkan tiga varian dari layanan Copilot miliknya. Lantas apa yang membedakan ketiganya? Yuk cek! 
 

Copilot 

Copilot (reguler) merupakan layanan gratis yang memiliki sejumlah fitur seperti menulis cerita atau naskah, meringkas teks yang kompleks, terjemahan konten multibahasa, proofreading, dan optimasi, membuat rencana perjalanan yang dipersonalisasi, menulis dan memperbarui resume pekerjaan, serta lainnya. Layanannya masih cukup terbatas pada tugas-tugas dasar.
 

Copilot for Microsoft 365 

Copilot for Microsoft 365 adalah layanan Copilot yang berbayar. Pengguna perlu merogoh kantong sekitar US$30 per bulan untuk bisa menikmati fitur yang ditawarkan dalam layanan ini. 
 
Berbeda dengan versi gratis, Copilot for Microsoft 365 adalah asisten yang bisa membuat draf konten, menyarankan berbagai cara untuk mengatakan sesuatu yang telah ditulis, memberi saran dan menyisipkan gambar, membuat presentasi PowerPoint dari dokumen Word, dan sebagainya.
 
Copilot for Microsoft 365 menghubungkan ChatGPT dengan Microsoft 365, menggabungkan kekuatan large language models (LLM) dengan data pengguna di Microsoft Graph (termasuk kalender, email, obrolan, dokumen, rapat, dan lainnya) dan aplikasi Microsoft 365.
 
Disematkan di aplikasi Microsoft 365 yang dipakai oleh pengguna setiap hari, Copilot bekerja sama dengan pengguna untuk membantu meningkatkan kreativitas, menaikkan produktivitas, dan mengasah berbagai keterampilan.
 

Copilot Pro 

Adapun, Copilot pro adalah layanan berbayar lainnya. Berbeda dengan Microsoft 365 Copilot, layanan ini hanya dibanderol US$20 per bulan. Ini menawarkan kemampuan untuk mengakselerasi pekerjaan mulai dari pembuatan gambar AI lebih cepat, akses ke Copilot di Word, Excel (Pratinjau), PowerPoint, Outlook, dan OneNote jika pengguna juga pelanggan Microsoft 365 Personal atau Family.
 
Microsoft menyatakan bahwa Copilot Pro meningkatkan pengalaman pengguna. Langganan bulanan ini mencakup semua yang ada di Copilot dengan sejumlah tambahan, yakni akses prioritas ke GPT-4 dan GPT-4 Turbo, termasuk selama waktu puncak untuk akselerasi performa guna menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat.
 
Kemudian, pengguna Copilot Pro juga dapat memperoleh akses Copilot di aplikasi Microsoft 365 tertentu untuk membuat draf dokumen, meringkas email, membuat presentasi, dan banyak lagi.
 
Selain itu, pelanggan layanan Copilot Pro dapat membuat gambar AI dengan DALL-E 3 dalam format lanskap lebih cepat dengan 100 peningkatan per hari dengan Designer (sebelumnya Bing Image Creator). 

Baca juga: Microsoft Hadirkan Fitur AI Copilot di Pembaruan Windows 11

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Motif Bunga & Tanaman dalam Koleksi Garden of GAIA Karya Agnes Linggar Budhisurya

BERIKUTNYA

Ibu Hamil Wajib Hindari Vape, Begini Dampaknya pada Janin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: