Koleksi Garden of GAIA (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

6 Motif Bunga & Tanaman dalam Koleksi Garden of GAIA Karya Agnes Linggar Budhisurya

17 January 2024   |   13:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Agnes Linggar Budhisurya menampilkan peragaan busana bertajuk Garden of GAIA pada hari pertama pagelaran karyanya yang dihelat sejak 16-18 Januari 2024 di Sarinah Thamrin. Sebanyak 36 gaun-gaun cantik dikenakan oleh para model yang beberapa di antaranya merupakan wanita paruh baya.

Selain gaun, potongannya terdiri dari outer, atasan tank top dan bustier, serta bawahan rok dan celana lebar. Motifnya terinspirasi dari bunga dan tanaman lainnya, dilukis langsung oleh Agnes Linggar Budhisurya sebagai hand-painted designer alias perancang busana yang melukis di atas kain. 

Baca juga: Agnes Linggar Budhisurya Hadirkan Pagelaran Karya Dukung Misi Rumah Sakit Apung

Selama lebih dari 6 dekade berkarya, Agnes tak pernah lupa menambahkan unsur tanaman yang juga menjadi hobinya sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah bunga-bunga cantik, seperti Bunga Matahari (Sunflower), Airmata Pengantin, Hortensia, Monstera, Wijaya Kusuma, Lotus, Kadaka Papua, Anggrek Bulan, dan lainnya.

"Motif bunga-bunga ini terinspirasi dari koleksi tanaman saya di rumah, bahkan saya hadirkan langsung semuanya disini untuk mendekorasi panggung," ujar Agnes. 

Nah Genhype, simak beberapa bunga dan tanaman lainnya yang menjadi sumber inspirasi dari desain Agnes Linggar Budhisurya dalam peragaan busana Garden of GAIA.
 

1. Bunga Matahari

Koleksi Gaun Motif Bunga Matahari (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Koleksi Gaun Motif Bunga Matahari (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Koleksi busana dengan motif Bunga Matahari atau sunflower membuka panggung mode Garden of GAIA yang didekorasi seperti taman bunga. Terdiri dari tiga potong pakaian yang terdiri dari gaun, atasan, serta bawahan celana dan rok.

Gaunnya didesain seperti busana yang dikenakan masyarakat Yunani kuno. Penggunaan bahan satin yang jatuh membuat tampilannya makin anggun dan elegan. Ada juga atasan bertangan lebar seperti kaftan yang dipadukan dengan celana bergaris atau rok kotak-kotak.

Palet warnanya tak jauh-jauh dari bunga matahari yakni kuning, oranye, dan hijau lime. Tak ketinggalan aksesorinya seperti topi bucket, hiasan bunga pada rambut yang digelung sederhana, serta sepatu hak warna cokelat nude.


2. Air Mata Pengantin 

Gaun motif tanaman air mata pengantin (Sumber Foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Gaun motif tanaman Air Mata Pengantin (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Perpaduan warna merah muda dan hijau tua dari bunga Air Mata Pengantin menghiasi lima busana selanjutnya yang ditampilkan. Potongannya terdiri dari gaun-gaun berlengan lebar dengan atasan off shoulder. Ada juga atasan yang dipadukan dengan legging

Bunga Air Mata Pengantin merefleksikan kemurnian dan kelembutan. Hal itu juga tampak dari permainan warnanya yang sejuk seperti gradasi putih, hijau muda, sampai hijau tua. Sebagai pelengkap penampilannya ditambahkan aksesori klasik seperti anting panjang keemasan dan sepatu hak hitam. 
 

3. Hortensia

Motif Hortensia

Gaun motif tanaman Hortensia (Sumber Foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Motif Hortensia atau hydrangea (bokor) menghiasi lima busana dalam koleksi Garden of GAIA. Palet warna ungu dan biru berhiaskan butiran payet berkilau seolah menciptakan nuansa lautan atau langit malam yang cantik. Ada juga penambahan warna hijau sebagai motif daun.

Potongannya terdiri dari gaun-gaun polos fit body yang mengepas di tubuh. Sang desainer menambahkan kain transparan yang dilukis bunga Hortensia. Ada juga atasan bustier yang bagian dadanya berbentuk hati, kemudian dilapisi lagi dengan outer atau luaran aksen rumbai. Bawahannya celana kulot berbahan lembut atau rok satin yang bagian belakangnya menjuntai panjang.
 

4. Kadaka Papua

Monstera

Monstera Gaun motif kadaka papua (Sumber Foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Kadaka Papua merupakan tanaman eksotis dengan tampilan daunnya yang bertekstur unik. Kali ini Kadaka Papua dilukiskan oleh Agnes Linggar Budhisurya sebagai motif busananya. Terdiri dari dua gaun, sama-sama bermodelkan off shoulders atau tak berlengan dan bertali.

Gaun pertama berwarna hijau, memiliki motif pada bagian pahanya. Luarannya dilapisi dengan tulle transparan yang diimpit pada bagian dadanya. Sementara gaun kedua berwarna hitam dengan belahan tinggi di atas lutut, ditambahkan outer berkibar dengan motif Kadaka Papua di punggungnya.
 

5. Wijaya Kusuma

Motif Wijaya Kusuma (Sumber Foto:

 Gaun motif Wijaya Kusuma (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Motif bunga Wijaya Kusuma menghiasi empat potong gaun yang dikenakan oleh sejumlah wanita paruh baya atau ibu-ibu sosialita. Palet warnanya terdiri dari putih untuk kelopak bunganya, hijau untuk dedaunan, dan biru langit. 

Selain gaun, siluetnya terdiri dari atasan model kaftan berlengan lebar dan halter neck, dipadukan dengan bawahan rok mengembang atau rok pendek yang belakangnya menjuntai. Tak ketinggalan penambahan payet berkilauan untuk menambahkan unsur mewah. 
 

6. Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Gaun motif Anggrek Bulan (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Motif Anggrek Bulan menghiasi sejumlah gaun off shoulder yang dilapisi luaran jaring-jaring kotak. Ada juga gaun-gaun fit body dengan teknik fabric manipulation yang menciptakan tekstur lipatan dan kerutan pada bagian depannya.

Koleksi Garden of GAIA ditutup oleh gaun pengantin cantik berhiaskan motif Anggrek Bulan pada dadanya. Tampilannya sekilas memang sederhana namun ditambahkan tulle transparan yang menjuntai sehingga menciptakan kesan mewah. Palet warnanya putih dengan gradasi hijau yang mempesona. 

Baca juga: Definisi Cantik Wanita Paruh Baya dalam Balutan Gaun Rancangan Agnes Linggar Budhisurya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

8 Gaya Selebritas yang Mencuri Perhatian di Emmy Awards 2023

BERIKUTNYA

Perbedaan Asisten Chatbot Copilot, Copilot for Microsoft 365 & Copilot Pro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: