Ilustrasi berbelanja online (sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

4 Tipe Konsumen saat Berbelanja Online, Salah Satunya Si Paling Atur Strategi

15 January 2024   |   21:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Siapa sih yang enggak pernah berbelanja secara online saat ini? Rasa hampir semua masyarakat, terutama kelompok milenial dan generasi Z yang sudah sangat akrab dengan dunia digital, pasti pernah atau bahkan sering berbelanja secara daring di platform e-commerce

Nah, saat berbelanja, setiap individu cenderung memiliki gaya dan karakteristik masing-masing. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan preferensi hingga urutan aspek prioritas yang dicari saat berbelanja. Terlebih, seiring dengan kemajuan teknologi, perilaku belanja online masyarakat pun ikut bergerak.

Misalnya, jika dulu seseorang hanya berbelanja dengan melihat foto produk di aplikasi digital, kini proses berbelanja terjadi melalui interaksi yang dilakukan secara real time dengan berbagai kreasi video sehingga konsumen dapat melihat secara langsung detail produknya.

Tak heran bila sejumlah e-commerce pun menawarkan penjualan secara langsung dengan menghadirkan konten yang lebih bersifat interaktif melalui fitur live streaming.

Baca juga: 6 Tip Belanja Bulanan Anti Bikin Kantong Boncos

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia, mengatakan hadirnya fitur-fitur yang terintegrasi ini bukan hanya sebagai pelengkap, tetapi telah menjadi wujud dari pemahaman terhadap kebutuhan dan preferensi unik masing-masing pengguna.

“Selain dapat meningkatkan keterlibatan pembeli, baik dengan interaksi langsung atau konten-konten kreatif yang memberikan inspirasi saat berbelanja, kampanye ini diharapkan dapat menjadi ranah bagi pelaku usaha baik brand lokal dan UMKM untuk memperkuat strategi dan meningkatkan daya tarik produknya,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima, Senin (15/1/2024).

Untuk mengetahui bagaimana preferensi Genhype saat berbelanja online, yuk kita intip tipe-tipenya. Kalian yang mana nih? 
 

1. Si paling sat set

Bagi mereka yang suka terlibat langsung, video live streaming seperti Shopee Live adalah tempatnya. Dengan fitur siaran langsung ini, para pembeli dapat berinteraksi secara real-time dengan para penjual.

Jika ditelusuri, sistem live shopping ini memungkinkan para calon pembeli bertanya, memberikan komentar, tap love, bahkan berpartisipasi dalam permainan atau kontes yang diadakan selama siaran live, sehingga membuat proses jual-beli terasa lebih personal.

Menariknya berbelanja melalui fitur live menjadi daya tarik utama beberapa tahun ini, dengan pengalaman yang berbeda dan lebih atraktif. 
 

2. Si paling jatuh cinta dengan visual

Bagi kamu yang memang fokus dan senang terhadap konten visual, berbelanja lewat Shopee Video bisa jadi pilihan. Dalam fitur ini, penjual atau kreator konten menyajikan ulasan mendalam, memperlihatkan produk secara detail, memberikan wawasan yang berharga, dan menciptakan pengalaman langsung kepada konsumen dalam bentuk video review atau unboxing.

Manfaatnya konsumen dapat mengidentifikasi lebih rinci, seperti memahami tekstur dan warna, bahkan menjadi poin pertimbangan sebelum keputusan pembelian. Tak hanya untuk konsumen, ini juga bisa jadi kekuatan untuk pelaku usaha untuk memberi informasi dan hiburan di tiap produk yang dijajakan. 
 

3. Si pengatur strategi list pembelian

Beberapa konsumen lebih suka membuat daftar keinginan sebelum berbelanja. Dengan adanya fitur keranjang, pembeli dapat dengan mudah menyimpan produk yang diinginkan, sehingga mempermudah chek-out saat mendapat pemberitahuan produk tersebut diskon atau tersedia dalam promo khusus.

Gaya belanja ini memanfaatkan strategi perencanaan yang matang untuk mendapatkan barang impian dengan harga terbaik, dan mereka termasuk ke dalam tipe pantang menyerah dalam scrolling produk sampai menemukan yang pas. 
 

4. Si enggak tahan godaan promo

Tipe terakhir adalah mereka yang paling enggak tahan dengan godaan promo. Apalagi, saat ini platform e-commerce banyak menawarkan promosi, mulai dari potongan harga diskon, cashback, dan gratis ongkos kirim. Bahkan, tak sedikit yang mengombinasikan beberapa promo sehingga terlihat sangat menarik untuk konsumen. 

Jadi, termasuk ke dalam tipe belanja manakah kamu? Tentunya setiap pembeli dapat menyesuaikan gaya belanjanya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi.

Baca juga: TikTok atau Shopee, Siapa Pemimpin Tren Belanja Live Streaming di Indonesia?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

SEBELUMNYA

Sinopsis & Daftar Pemeran Serial Komedi Kacau, Proyek Terbaru dari Raditya Dika

BERIKUTNYA

Faktor Kecepatan & Keringkasan Dorong Transaksi Dompet Digital Melonjak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: