Ilustrasi belanja bulanan. (Sumber gambar: Anna Shvets/Pexels)

6 Tip Belanja Bulanan Anti Bikin Kantong Boncos

05 October 2023   |   19:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang memiliki sejumlah kebutuhan yang perlu dipenuhi setiap bulan, mulai dari makanan, pakaian, skincare, hingga kebutuhan lainnya baik yang terencana maupun tidak. Oleh karena itu, kegiatan belanja bulanan biasanya dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh kebutuhan hidup itu terpenuhi secara konsisten.

Salah satu langkah awal yang perlu diperhatikan saat melakukan belanja bulanan adalah menyusun anggaran dengan teliti, agar memastikan pengeluaran tidak melebihi bujet yang sudah ditentukan. Dalam mengatur anggaran bulanan, diperlukan ketelitian dalam mengelola berbagai aspek agar dapat memenuhi kebutuhan serta menyisakan sebagian untuk menjadi tabungan. 

Baca juga: Tips Hemat Berbelanja Saat Tanggal Gajian

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa mengelola keuangan bukanlah tugas yang mudah, apalagi jika Genhype harus mengatur bujet untuk keluarga dengan kebutuhan yang beragam. Oleh karena itu, selain dari aspek ketelitian, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan guna meningkatkan efisiensi dalam setiap pengeluaran, salah satunya dengan lebih cermat saat menyusun rencana dan anggaran belanja bulanan.

Agar tidak membuat kantong boncos, berikut adalah sejumlah tip yang bisa kalian terapkan saat belanja bulanan.

1. Buat daftar belanja
Membuat daftar belanja adalah langkah yang paling mudah sekaligus penting untuk mengatur pengeluaran ketika belanja bulanan. Daftar belanja biasanya berisikan semua barang yang pelu kalian beli untuk kebutuhan hidup setidaknya dalam satu bulan ke depan. 

Dengan membuat daftar belanja, kalian akan lebih mudah menyiapkan bujet yang kamu butuhkan saat belanja bulanan. Selain itu, adanya catatan daftar belanja juga meminimalisir kalian untuk membeli barang-barang yang kurang atau tidak diperlukan, sehingga kalian bisa mengontrol pengeluaran.

2. Prioritaskan kebutuhan
Selanjutnya, penting untuk memprioritaskan kebutuhan utama di daftar tersebut, seperti makanan, tagihan, dan barang-barang yang diperlukan sehari-hari. Ini membantu kalian memastikan bahwa kebutuhan paling penting telah terpenuhi sebelum mempertimbangkan pembelian lainnya.

Jika tidak memiliki daftar prioritas, dikhawatirkan kalian akan mudah tergiur untuk bersikap konsumtif yang berlebihan dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. 

 

g

Ilustrasi belanja bulanan. (Sumber gambar: Gustavo Fring/Pexels)

3. Tentukan bujet belanja
Ukur kemampuan keuangan kalian sesuai dengan penghasilan bulanan. Setelah itu, kalian perlu membaginya ke beberapa pos pengeluaran, termasuk belanja rutin bulanan. Ketahui dengan pasti berapa nominal uang yang dialokasikan untuk belanja pokok bulanan, jajan, hingga liburan.

Tujuan dari budgeting ini supaya kalian bisa fokus dan mengetahui batas uang yang bisa dibelanjakan. Dengan begitu, kalian akan menjadi tidak mudah tergoda untuk membeli barang lain yang tidak dibutuhkan.

4. Belanja di pasar tradisional
Belanja bulanan tidak selalu harus di supermarket. Kalian juga bisa melakukannya di pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan bulanan mulai dari makanan hingga barang-barang kebutuhan rumah tangga. Harga barang-barang yang dijual di pasar tradisional atau agen biasanya jauh lebih murah dibandingkan di supermarket. Selain itu, kamu juga tidak akan banyak digoda dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Dengan begitu, belanja bulanan  jadi makin hemat dan efisien

5. Berburu diskon dan promosi
Berburu diskon dan promosi seringkali memberikan perasaan kepuasan dan senang tersendiri ketika kalian berhasil menemukan penawaran terbaik. Saat berhasil berburu diskon, rasanya seperti mendapatkan hadiah atau meraih kemenangan kecil dalam kegiatan berbelanja.

Keuntungan lain yang tentunya kalian dapat dengan berburu diskon adalah bisa mengurangi bujet untuk belanja. Semakin banyak kalian mendapatkan potongan harga, makin banyak pula uang yang bisa ditabung atau kalian gunakan untuk membeli barang-barang yang mungkin sudah lama masuk dalam wishlist.

6. Catat dan evaluasi pengeluaran
Setelah selesai belanja bulanan, biasakan untuk mencatat semua pengeluaran dan segera mengevaluasinya. Ini mencakup mencatat setiap pembelian, bahkan yang kecil sekalipun. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui berapa pengeluaran dan apakah semua kebutuhan sudah terpenuhi atau justru sebaliknya. Kalian juga bisa membandingkan beberapa tempat belanja serupa untuk menemukan harga terbaik dari barang yang dicari.

Baca juga: Hypereport: Badai Live Selling yang Mengubah Perilaku Belanja hingga Strategi Bisnis



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Antusiasme Besar, Tiket Konser Opera Tribute to Maria Callas Sudah Banyak Terjual

BERIKUTNYA

Platform Digital Jadi Kunci Transformasi Pendidikan di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: