Ilustrasi tablet (Sumber gambar: Samuel Bryngelsson/Unsplash)

Gadget Sering Nganggur? Begini Cara Tetap Produktif Pakai Tablet

20 July 2023   |   18:10 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan, media sosial TikTok ramai dengan keluhan kurang produktif saat baru membeli produk gadget berupa tablet. Padahal, tablet memilki banyak fungsi yang dapat dimaksimalkan jika saja pengguna memahami fitur-fiturnya. Kebanyakan pengguna mungkin masih setia dengan laptop sebagai alat bekerja dan ponsel pintar untuk berkomunikasi.

Dua gadget ini tampak sudah memenuhi kebutuhan harian pengguna, sehingga ketika pengguna membeli tablet baru, banyak yang bingung ingin dipakai sebagai apa. Ada banyak fitur tablet yang mungkin tak dimiliki laptop atau smartphone. Biasanya, tablet hadir dengan layar seukuran 7 hingga 14 inci.

Tablet bukan hanya bisa digunakan sebagai media streaming atau menonton, melainkan juga bisa mengisi fungsi dan kebutuhan kerja yang lebih efisien dan ringkas. MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Annisa Maulina mengatakan jika tablet bisa juga menjadi sarana streaming dan video call yang tetap nyaman dan memuaskan.

Khusus tablet berlayar lebih besar, penggunaannya akan lebih nyaman sebagai alat kerja yang mungkin membutuhkan layar yang lebih besar. “Misalnya kita punya Galaxy Tab S8 Ultra, layarnya 14,6 inci dan Super AMOLED. Layar lebar ini bisa digunakaan untuk penggunaan moderen sepert video call meeting atau bahkan bekerja,” kata Annisa kepada Hypeabis.id.

Menurut Annisa, tablet  bisa menjadi media untuk mengejarkan banyak kebutuhan dalam waktu bersamaan atau multitasking, mulai dari menonton serial, bermain game, dan lainnya. Khusus untuk fitur kerja, Samsung memiliki fitur yang membantu virtual meeting lebih efektif. “Semua aplikasi yang dibutuhkan bisa dibuka langsung secara bersamaan di layar,” katanya.

Layar lebar di tablet mendukung pengalaman menyaksikan atau viewing experience yang lebih imersif. “Ketika butuh break dari kerja dan menikmati hiburan, layar yang luas membuat semua detail terlihat jelas saat menonton. Sehingga, tablet bisa digunakan secara maksimal baik sebaga alat kerja atau hiburan saat beristirahat dari kerja," katanya.

 

Ilustrasi tablet (Sumber foto: Freepik)

Ilustrasi tablet (Sumber foto: Freepik)


Selain itu, ada pula fitur auto framing yang membuat tablet menyesuaikan posisi kamera untuk menempatkan pengguna di tengah layar video call secara otomatis. Biasanya, tablet sering dijual lengkap dengan pena atau tablet pen yang sangat cocok bagi profesi illustrator.

“Ini membuat pengalaman menulis dan menggambar akan makin mendekati pengalaman atau sensasi menulis menggunakan pena atau melukis dengan kuas,” katanya.

Maka sebetulnya, penggunaan tablet dapat dimaksimalkan, baik dari segi hiburan dan alat kerja. Pekerja yang menyukai alat kerja yang lebih kompak dapat memanfaatkan tablet untuk kerja di luar kantor. Misalnya saat nongkrong di kafe sembari mengerjakan pekerjaan atau tugas, maka tablet akan lebih ringkas untuk dibawa dalam tas.

Baca juga: Menengok Fitur-fitur Canggih Tablet yang Makin Menyerupai Laptop

Alat tambahan seperti tablet pen juga dapat dimanfaatkan bagi penghobi gambar untuk berkarya kala waktu senggang. Tablet pen juga bisa digunakan untuk kerja yang melibatkan kenyamanan menulis, misalnya membuat jurnal, menulis catatan, dan sebagainya.Tablet juga telah banyak menerapkan split screen sehingga penggunanya bisa menyaksikan hiburan dan kerja bersamaan di satu layar yang terbagi.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Tren Korean Beauty Meningkat, Kecantikan Natural Makin Diminati Khalayak

BERIKUTNYA

Inilah Alasan Mengapa Musik Sped Up Lebih Ramai Digunakan Dibanding Versi Aslinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: