Yakitori (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Resep Yakitori yang Simpel & Lezat, Cocok Buat Menu Anak Kos

14 January 2024   |   21:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Yakitori adalah salah satu hidangan paling populer dalam kuliner Jepang. Dalam bahasa Jepang, Yakitori bermakna daging ayam yang dibakar. Seperti namanya, Yakitori merupakan sate daging ayam yang dipotong kecil lalu ditusuk dengan tusukan bambu, dan dibumbui lalu dibakar dengan api arang.

Satu tusuk Yakitori umumnya berisi satu jenis bagian ayam yang terdiri dari 3 sampai 5 potongan daging. Sebagai variasi, ada juga Yakitoriya yang mencampur potongan daun bawang besar dan jamur shiitake ke dalam tusukan daging. Di Negeri Sakura, Yakitori biasanya dijual oleh Yakitoriya (kedai Yakitori), atau Izakaya yang berarti bar/restoran khas Jepang.

Baca juga: Ini Resep Puding Kukus Saus Karamel ala Jepang

Daya tarik hidangan ini adalah banyaknya variasi menu dengan menggunakan beberapa bagian daging ayam dan bumbu marinasi. Di negeri asalnya, ada beberapa jenis Yakitori yang umumnya dihidangkan sesuai dengan bagian ayam yang dipakai untuk sate.

Misalnya, mune & momo untuk bagian paha dan dada ayam, bagian leher dan dada ayam (seseri dan sasami), jantung (hatsu), hati (kimo), ampela (sunazuri), tulang lunak (yagen), sayap (tebasaki), kulit (kawa), dan daging ayam cincang (tsukune).
 

Yakitori. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Yakitori. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Begitu juga dari segi saus cocolan, biasanya restoran-restoran di Negeri Sakura akan menyediakan racikan saus khusus seperti tare. Pada umumnya, Yakitori yang sudah dibakar akan dicelupkan ke dalam saus tare yang terbuat dari kecap asin, mirin, arak, dan gula sehingga Yakitori mempunyai rasa perpaduan antara manis dan asin. Namun, ada pula Yakitori yang tidak berbumbu dan tidak bersaus, hanya dimakan dengan taburan garam.

Yakitori bisa menjadi pilihan menu simpel dan praktis tapi tetap lezat. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapatkan sehari-hari, yakni daging ayam, bumbu marinasi, dan sayuran seperti daun bawang. Begitupun cara membuatnya yang sederhana dan tidak memerlukan banyak alat, sehingga cocok menjadi salah satu menu untuk anak kos.

Buat Genhype yang sedang mencari ide menu simpel anak kos, yuk coba resep Yakitori sederhana berikut ini.
 

Resep Yakitori Ala Anak Kos
 

Bahan-bahan Sate

  • 500 gram daging paha ayam
  • 2 sdm mirin atau 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm kecap asin
  • 1/4 sdt MSG (opsional)
  • 80 gram daun bawang


Bahan-bahan Saus

  • 100 gram bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • 10 gram jahe
  • Garam secukupnya
  • 20 gram daun bawang
  • 100 ml air putih
  • 10 sdm mirin atau 5 sdm gula pasir
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdt bubuk dashi
 

Yakitori. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Yakitori. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Cara Membuat

  1. Buat saus terlebih dahulu. Iris tipis bawang bombai, bawang putih, dan jahe.
  2. Panaskan wajan dengan sedikit minyak lalu tumis bawang bombai, bawang putih, dan jahe. Tambahkan sedikit garam dan daun bawang lalu tumis hingga layu. 
  3. Tambahkan mirin atau gula pasir, kecap asin, air, dan bubuk dashi  lalu tumis hingga matang dan teksturnya mengental.
  4. Siapkan blender lalu haluskan semua bahan saus yang telah ditumis tadi, kemudian masak lagi di wajan hingga matang dan sisihkan.
  5. Potong kecil-kecil daging paha ayam lalu masukkan dalam wadah. Tambahkan kecap asin, mirin atau gula pasir, dan MSG lalu aduk hingga merata. Simpan dalam kulkas semalaman atau minimal 30 menit.
  6. Potong daun bawang agak panjang lalu sisihkan.
  7. Rendam tusuk sate terlebih dahulu dalam air sebelum digunakan. Tusuk daging ayam dan daun bawang secara bergantian dengan tusukan sate.
  8. Panaskan wajan anti lengket beri sedikit minyak lalu panggang daging ayam yang telah ditusuk dengan api sedang. Oles dengan saus yang telah dibuat pada seluruh permukaan, dan panggang hingga daging matang. Yakitori pun siap dinikmati.
Baca juga: Resep Kue Dango ala Jepang, Kudapan Manis yang Disajikan saat Musim Semi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Kata Produser Soal Adegan dengan Biaya Termahal di Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

BERIKUTNYA

7 Ide Outfit Interview Kerja untuk Wanita yang Rapi & Modis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: