Ilustrasi bekerja dari rumah (Photo by cottonbro from Pexels)

7 Cara Menjadi Lebih Produktif Saat Bekerja dari Rumah

15 August 2021   |   09:25 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sudah satu tahun lebih sejak pandemi mengubah gaya hidup manusia. Banyak pekerja dan pemilik bisnis harus melakukan pekerjaan mereka dari rumah. Berbagai hal disesuaikan, dari koordinasi secara virtual hingga pemaksimalan teknologi digital. Namun, ada orang yang masih sulit bekerja secara maksimal dari rumah karena berbagai alasan.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut tujuh cara untuk menjadi lebih produktif saat bekerja dari rumah, diolah dari Entrepreneur.

1. Kurang distraksi
Bekerja di kantor memaksa kita bekerja dalam batasan. Pekerja hanya punya meja, komputer, dan beberapa pernak-pernik. Di rumah, ada begitu banyak gangguan yang dapat mengganggu fokus.

Ada anak-anak berlarian di dalam rumah, kucing menggaruk-garuk sofa ingin keluar, pengantar paket datang untuk mengirimkan pesanan belanja terbaru dan notifikasi media sosial di ponsel berbunyi setiap beberapa menit.

Untuk semua alasan ini, dan mungkin beberapa alasan lainnya, kalian perlu membuat ruang kerja yang bersih. Batasi potensi gangguan yang akan muncul, dan isi meja dengan hanya pada hal-hal penting. Selalu ingat ungkapan "Meja bersih, pikiran bersih".

2. Persiapkan diri dengan alat kerja yang dibutuhkan
Setelah mengatur ruang kerja, kita harus memiliki perlengkapan yang tepat. Ada tiga hal yang akan membantu kita: monitor besar, kursi ergonomis atau buku catatan lainnya, dan pencahayaan yang bagus.

Di kantor, mungkin ada batasan tentang apa yang dapat kita gunakan, tetapi di rumah, kitalah yang menentukan apa yang paling nyaman untuk kita gunakan.

3. Menerapkan waktu fokus tunggal (single focus time/SFT)
Darren Hardy, yang pernah menjadi bagian dari Success Magazine, memiliki kesempatan untuk berbicara dengan orang-orang paling sukses di planet ini.

Hardy berbicara secara mendalam tentang pentingnya fokus dan apa yang dia sebut dengan sesi jam 90 menit.

Mungkin tidak semua orang berada dalam posisi untuk melakukan itu, tetapi tujuannya adalah mendedikasikan setidaknya dua kali setiap hari untuk bekerja tanpa gangguan. Tidak ada panggilan telepon, email, atau apa pun--hanya fokus tunggal meskipun hanya 30 menit

4. Gunakan timer
Jangan tenggelam dalam pekerjaan. Dalam kondisi global yang gila dan tak terduga ini, selalu ada banyak hal yang harus dilakukan. Kalau kita jatuh ke dalam perangkap itu, kita mungkin tidak bisa keluar.

Susun jadwal atau periode waktu untuk mengerjakan tugas, dan berhenti setelah timer mencapai nol, waktu habis. Sungguh menakjubkan betapa cepatnya kita bergerak saat kita bekerja dengan jadwal.
 
5. Istirahat sebentar
Jika kalian serius ingin meningkatkan produktivitas, hal pertama yang harus dilakukan adalah mulai memperhatikan kebutuhan diri sendiri.

Setelah sesi fokus, saran terbaik adalah berjalan-jalan. Beri waktu khusus untuk ini. Sangat penting bagi kita untuk menemukan cara untuk menyegarkan pikiran kita dari pekerjaan, meskipun hanya untuk waktu yang singkat.

6. Buat daftar tugas prioritas
Ini akan membantu kita mengatur ide, proyek, serta masalah menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola, dan membuat tugas yang ada jauh lebih mudah dilakukan.

Daftar to-do list adalah sesuatu yang diterapkan banyak orang, tetapi kunci sebenarnya terletak pada penentuan prioritas. Jadi, selain menulis apa saja yang harus dikerjakan, tulis jugalah yang mana yang harus lebih dulu dikerjakan.

7. Bahagiakan diri Anda
Ini mungkin terdengar aneh, tapi kebahagiaan meningkatkan produktivitas.

Pernah melihat seseorang bekerja sehari sebelum libur panjang? Mereka bekerja sepanjang hari. Beberapa akan menyelesaikan lebih banyak dalam sehari daripada yang mereka lakukan sepanjang pekan.

Hal ini biasa disebut sebagai fenomena sehari-sebelum-liburan. Itulah mengapa sangat penting untuk menjadwalkan beberapa kesenangan setiap pekan. 

Sekarang beranjaklah dari sofa dan mulai menjadi lebih produktif.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Suasana Musim Panas dalam Preview Lagu Kolaborasi ATEEZ & Kim Jong-kook

BERIKUTNYA

Melihat Tokoh-tokoh yang Menjadi Miliarder Sebelum Usia 40 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: