Plakat Scientific and Technical Awards 2014. (Sumber foto: Academy Awards)

Daftar Penerima Penghargaan Sci-Tech Academy Mulai dari Laser, OpenVDB, Hingga Codex HDE

12 January 2024   |   20:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) akan memberikan penghargaan kepada 16 pencapaian ilmiah dan teknis dalam ajang Scientific and Technical Awards pada Jumat, 23 Februari 2024 di Academy Museum of Motion Pictures.
 
CEO Academy of Motion Picture Arts and Sciences Bill Kramer mengatakan bahwa AMPAS mengakui dan merayakan seluruh aspek industri film dan beragam orang berbakat yang membuat film. Dia menuturkan bahwa penghargaan Scientific and Technical Awards menghormati individu dan perusahaan yang penemuan dan inovasinya telah memberikan kontribusi signifikan dan bertahan lama bagi industri film. 

Baca juga: 321 Film Memenuhi Syarat Berkompetisi Dalam Ajang Academy Awards ke-96
 
Pada kesempatan yang sama, Barbara Ford Grant, ketua Komite Penghargaan Ilmiah dan Teknis The Academy, menuturkan sekelompok praktisi dan pakar teknologi global berusaha untuk menguji alat dan teknik luar biasa yang digunakan dalam pembuatan film. 
 
Wanita yang mengawasi pemeriksaan film itu mengungkapkan bahwa komite memberikan penghargaan kepada 16 teknologi atas kontribusinya yang luar biasa terhadap cara kami menciptakan dan meningkatkan pengalaman film, mulai dari eksekusi efek khusus yang aman di lokasi syuting hingga tingkat fidelitas presentasi gambar yang baru dan suara yang imersif hingga kerangka kerja terbuka yang memungkinkan seniman untuk berbagi kreasi digital mereka di berbagai perangkat lunak dan studio dengan lancar.
 
"Pencapaian luar biasa dalam bidang seni dan sains pembuatan film ini telah mendorong medium kita ke tingkat kehebatan yang belum pernah terjadi sebelumnya," ujarnya. 
 
Berbeda dengan Academy Awards lainnya yang diberikan pada tahun ini, pencapaian yang menerima Penghargaan Ilmiah dan Teknis tidak perlu dikembangkan dan diperkenalkan selama periode tertentu.
 
Sebaliknya, prestasi yang dicapai harus menunjukkan catatan yang terbukti memberikan kontribusi nilai yang signifikan terhadap proses pembuatan film.
 

Penerima Technical Achievement Awards (Academy Certificates):

 
1. Bill Beck
Bill Beck mendapatkan penghargaan atas pionirnya dalam pemanfaatan laser semikonduktor untuk sistem proyeksi laser teater. Advokasi dan pendidikan Bill Beck terhadap industri sinema selama di Laser Light Engines berkontribusi terhadap transisi ke proyeksi laser dalam pameran teater.
 
2. Gregory T. Niven
Gregory T. Niven menerima penghargaan atas karya perintisnya dalam menggunakan dioda laser untuk sistem proyeksi laser teater. Di Novalux dan Necsel, Gregory T. Niven mendemonstrasikan dan menyempurnakan spesifikasi sumber cahaya laser untuk pameran teater, memimpin transisi industri ke teknologi proyeksi bioskop laser.
 
3. Yoshitaka Nakatsu , Yoji Nagao , Tsuyoshi Hirao, Tomonori Morizumi, dan Kazuma Kozuru
Kelima orang ini meraih penghargaan atas pengembangan dioda laser untuk sistem proyeksi laser teatrikal. Yoshitaka Nakatsu, Yoji Nagao, Tsuyoshi Hirao, Tomonori Morizumi, dan Kazuma Kozuru berkolaborasi erat dengan para profesional dan produsen bioskop saat berada di Divisi Dioda Laser Nichia Corporation. Adapun, perusahaan ini mengerjakan pengembangan dan adopsi modul laser biru dan hijau di seluruh industri yang menghasilkan panjang gelombang dan tingkat daya yang sesuai kebutuhan spesifik pasar bioskop.
 
4. Arnold Peterson, Elia P. Popov, dan John Frazier
The Academy juga memberikan penghargaan kepada Arnold Peterson dan Elia P. Popov atas desain dan rekayasa berkelanjutan yang dibuat serta kepada John Frazier atas konsep awal Blind Driver Roof Pod.
 
Blind Driver Roof Pod meningkatkan keselamatan, kecepatan, dan jangkauan aksi berkendara, memperluas pilihan penempatan kamera sekaligus memperoleh rekaman gambar mobil dengan talenta di dalam kendaraan, yang mengarah pada adopsi yang cepat di seluruh industri.
 
5. Jon G. Belyeu
Jon G. Belyeu meraih penghargaan atas desain dan rekayasa perangkat Pemotong Kabel Movie Works. Desain yang unik dan tangguh dari rangkaian pemotong kabel piroteknik ini menjadikannya metode pilihan untuk pelepasan kabel suspensi yang aman, tepat, dan andal selama lebih dari tiga dekade dalam produksi film.
 
6. James Eggleton dan Delwyn
James Eggleton dan Delwyn Holroyd mendapatkan penghargaan atas desain, implementasi, dan integrasi algoritma kompresi lossless High-Density Encoding (HDE) dalam perangkat perekaman Codex. Codex HDE memungkinkan produksi memanfaatkan alur kerja yang lebih familiar dan membuktikan alur kerja camera raw lebih efisien dengan mengurangi penyimpanan dan bandwidth yang diperlukan untuk peningkatan jumlah data dari kamera dengan jumlah fotosite tinggi.
 
7. Jeff Lait, Dan Bailey, dan Nick Avramoussis 
Ketiga orang ini meraih penghargaan atas kelanjutan evolusi dan perluasan rangkaian fitur OpenVDB. Perkembangan rekayasa inti yang disumbangkan oleh komunitas sumber terbuka OpenVDB telah menghasilkan kesuksesan berkelanjutan sebagai platform yang memungkinkan untuk merepresentasikan dan memanipulasi data volumetrik untuk fenomena alam. Penambahan ini telah membantu memperkuat OpenVDB sebagai standar industri yang mendorong inovasi berkelanjutan dalam efek visual.
 
8. Oliver Castle, Marcus Schoo, dan Keith Lackey
Oliver Castle dan Marcus Schoo meraih penghargaan atas desain dan rekayasa Atlas. Sementara itu, Keith Lackey memperolehnya atas pembuatan prototipe dan pengembangan awal Atlas. Deskripsi adegan dan kerangka evaluasi Atlas memungkinkan integrasi beberapa alat pembuatan konten digital ke dalam jalur produksi yang koheren. Arsitektur plug-in dan mesin evaluasi yang efisien memberikan representasi yang konsisten mulai dari produksi virtual hingga pencahayaan.
 
9. Lucas Miller, Christopher Jon Horvath , Steve LaVietes dan Joe Ardent
Lucas Miller, Christopher Jon Horvath, Steve LaVietes dan Joe Ardent akan memperoleh penghargaan atas penciptaan sistem Alembic Caching dan Interchange.
 
Algoritme Alembic berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data dan diberi sampel waktu memungkinkan penyimpanan cache dengan efisiensi tinggi di seluruh jalur produksi digital dan berbagi adegan antar fasilitas. Sebagai perpustakaan pertukaran sumber terbuka, Alembic telah diadopsi secara luas oleh vendor perangkat lunak besar dan studio produksi.
 

Penerima Scientific and Engineering Awards (Academy Plaques) 

1. Charles Q. Robinson , Nicolas Tsingos , Christophe Chabanne , Mark Vinton dan tim insinyur perangkat lunak, perangkat keras dan implementasi dari Cinema Audio Group di Dolby Laboratories 
Mereka meraih penghargaan dari Academy untuk pembuatan Sistem Suara Sinema Dolby Atmos. Dolby Atmos telah menjadi standar industri untuk pembuatan konten audio bioskop berbasis objek dan menghadirkan pengalaman audio imersif utama bagi penonton teater.
 
2. Steve Read dan Barry Silverstein
Kedua orang ini akan memperoleh penghargaan atas kontribusi mereka terhadap desain dan pengembangan Proyektor Laser Prismless IMAX. Memanfaatkan sistem cermin optik baru, Proyektor Laser Prismless IMAX menghilangkan prisma dari jalur sinar laser untuk menciptakan kecerahan dan kontras tinggi yang diperlukan untuk presentasi teater IMAX.
 
3. Peter Janssens , Goran Stojmenovik, dan Wouter D'Oosterlinck
Ketiganya memperoleh penghargaan dari The Academy atas desain dan pengembangan Proyektor Laser Barco RGB. Desain baru dan modular Proyektor Laser Barco RGB dengan sumber cahaya laser yang terintegrasi secara internal menghasilkan bidang gambar seragam bebas kedipan dengan kontras dan kecerahan yang ditingkatkan, memungkinkan jalur peningkatan yang diadopsi secara luas dari xenon ke presentasi laser tanpa memerlukan perubahan pada layar atau bilik proyeksi tata letak teater yang ada.
 
4. Michael Perkins , Gerwin Damberg , Trevor Davies,  dan Martin J. Richards 
The Academy memberikan penghargaan kepada empat orang ini atas desain dan pengembangan Sistem Proyeksi Sinema Dolby Vision Christie E3LH, yang diterapkan melalui kolaborasi antara Dolby Cinema dan tim teknik Christie Digital.
 
Sistem Proyeksi Bioskop Christie E3LH Dolby Vision menggunakan teknik modulasi ganda baru yang menggunakan chip DLP berjenjang bersama dengan jalur optik laser yang ditingkatkan, memungkinkan presentasi teater dengan rentang dinamis tinggi.
 
5. Ken Museth, Peter Cucka, dan Mihai Aldén
Tiga orang ini akan mendapatkan Scientific and Engineering Awards atas penciptaan OpenVDB dan dampak berkelanjutannya dalam industri film. Selama lebih dari satu dekade, struktur data voxel inti OpenVDB, antarmuka pemrograman, format file, dan alat yang kaya untuk manipulasi data terus menjadi standar untuk secara efisien merepresentasikan efek volumetrik kompleks, seperti air, api, dan asap.
 
6. Jaden Oh
Jaden Oh juga menjadi salah satu penerima penghargaan Scientific and Engineering Awards. Dia mendapatkannya atas konsep dan pengembangan sistem pembuatan pakaian Marvelous Designer. Marvelous Designer memperkenalkan pendekatan berbasis pola pada konstruksi kostum digital, menyatukan desain dan visualisasi, serta memberikan analogi virtual pada penjahitan fisik.

Di bawah bimbingan Jaden Oh, tim insinyur, desainer UX, dan desainer 3D di CLO Virtual Fashion telah membantu meningkatkan kualitas penampilan dan gerak dalam kreasi lemari pakaian digital.
 
7. F. Sebastian Grassia , Alex Mohr , Sunya Boonyatera , Brett Levin,  dan Jeremy Cowles 
Lima orang ini memperoleh Award untuk desain dan rekayasa Universal Scene Description (USD) Pixar. USD adalah kerangka deskripsi adegan sumber terbuka pertama yang mampu mengakomodasi seluruh cakupan alur kerja produksi di berbagai jalur studio.

Tekniknya yang kuat dan desainnya yang matang dicontohkan oleh sistem pelapisannya yang serbaguna dan format file peti yang berperforma tinggi. Adopsi USD yang luas telah menjadikannya format pertukaran adegan 3D secara de facto, memungkinkan penyelarasan dan kolaborasi di seluruh industri film.
 
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Bukan Film Horor, Petualangan Anak Penangkap Hantu Tunjukkan Pelajaran Berani bagi Anak

BERIKUTNYA

AQUA Elektronik Rilis Produk Premium, Sematkan Pengalaman AI di Kulkas hingga TV

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: