Malam penganugerahan Piala Oscar akan berlangsung pada Maret 2024 (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ RDNE Stock project)

321 Film Memenuhi Syarat Berkompetisi Dalam Ajang Academy Awards ke-96

09 January 2024   |   11:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan 321 film layar lebar memenuhi syarat untuk mengikuti ajang Academy Awards ke-96. Sementara itu, 265 di antaranya memiliki syarat untuk dipertimbangkan masuk dalam kategori Film Terbaik.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Hypeabis.id, film-film tersebut berhasil memenuhi syarat yang terdapat dalam aturan yang diterapkan oleh penyelenggara dalam Academy Awards ke-96. Salah satu syarat utamanya adalah film telah tayang di bioskop komersial pada 1 Januari – 31 Desember 2023 di setidaknya satu dari enam wilayah metropolitan di Amerika Serikat.

Baca juga: Bakal Ada yang Beda pada Academy Awards 2024, Intip Ketentuannya Yuk!

Wilayah tersebut mencakup Los Angeles County; Kota New York; Wilayah Teluk; Chicago, Illinois; Miami, Florida; dan Atlanta, Georgia.

Film terpililh juga harus memiliki durasi lebih dari 40 menit dan menyelesaikan babak kualifikasi minimum tujuh hari berturut-turut di tempat yang sama.

Sementara itu, film yang masuk untuk dipertimbangkan masuk dalam kategori Film Terbaik di ajang Academy Awards ke-96 telah memenuhi syarat untuk pendaftaran umum dan sudah menyerahkan formulir Academy Representation and Inclusion Standards (RAISE).

Kemudian, karya-karya itu juga telah memenuhi dua dari empat standar yang disyaratkan selain persyaratan kelayakan teater. AMPAS juga menuliskan bahwa distributor atau produser memiliki pilihan untuk tidak ikut dalam pertimbangan Film Terbaik.

AMPAS menambahkan bahwa pemungutan suara nominasi akan dimulai pada 11 Januari 2024, dan berakhir pada 16 Januari 2024. Setelah itu, penyelenggara akan mengumumkan nominasi Academy Awards ke-96 pada 23 Januari 2024.  

Malam penganugerahan pemenang dalam ajang Academy Awards ke-96 akan berlangsung pada 10 Maret 2024 di Dolby Theather di Oviation Hollywood. Ajang tersebut juga akan disiarkan secara langsung di lebih dari 200 wilayah di dunia.

Untuk diketahui, batas waktu penyerahan Oscars Submission Forms (OSF) kategori umum dan formulir RAISE untuk Film Terbaik AMPAS berakhir pada 15 November 2023. Penyelenggara tidak akan menerima film untuk dipertimbangkan masuk dalam nominasi jika melewati batas waktu.

Pada saat itu, distributor atau produser harus mengunggah salinan OSF yang telah dipindai dan ditandatangani serta legal billing agar sebuah film layar lebar dapat dipertimbangkan untuk masuk dalam Academy Awards ke-96.

Meskipun batas waktunya 15 November 2023, film layar lebar memiliki waktu hingga 31 Desember 2023 untuk diputar di bioskop komersial di salah satu dari enam wilayah metropolitan Amerika Serikat.

Academy of Motion Picture Arts and Sciences adalah rumah bagi keanggotaan global yang terdiri lebih dari 10.500 seniman dan pemimpin industri film paling berprestasi. Akademi ini mengakui dan merayakan seluruh aspek seni dan ilmu pembuatan film melalui penghargaan tertinggi atas pencapaian sinematik, termasuk Oscars.

Dengan museum dan koleksi film terbesar di dunia, Akademi ini melestarikan sejarah sinematik dan menyajikan program-program yang jujur dan kuat tentang masa lalu, masa kini, dan masa depan perfilman.

Di seluruh inisiatif, AMPAS menghubungkan penonton global – para anggotanya, industri film, dan penggemar film – melalui hasrat bersama mereka untuk membuat dan menonton film.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cerita Chand Parwez Soal Izin Hak Cipta Lagu "Can't Help Falling in Love" di Film Sehidup Semati

BERIKUTNYA

Pemeran Utama Five Nights at Freddy's Konfirmasi Sekuel Filmnya Sedang Dikerjakan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: