Batu Love Garden (Baloga). Sumber gambar: Instagram.com/@balogaofficial

Menjajal Baloga, Wisata Taman Bunga Kekinian di Kota Agropolitan Batu

10 January 2024   |   17:43 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Tren hiburan satu atap makin menggaung di kota-kota besar di Indonesia. Konsep one stop-entertainment tersebut banyak diisi dengan ragam atraksi seru. Salah satunya adalah Batu Love Garden (Baloga), taman hiburan yang menghadirkan destinasi untuk bersantai menikmati keindahan bunga hingga atraksi pemacu adrenalin. 
 
Area wisata yang dikelola oleh Jawa Timur Park ini menghadirkan taman bunga seluas 7 hektare yang siap memanjakan mata para pengunjung. Setidaknya terdapat 600 jenis bunga yang menyebar di bagian dalam dan luar ruangan wisata. Uniknya, beberapa bunga disusun indah menggunakan tanaman rambat menyelimuti semacam patung berbentuk burung merak. Keunikan tersebut membuat patung bunga burung merak ini menjadi spot foto yang diincar oleh penggemar fotografi.

Baca juga: 7 Rekomendasi Glamping di Semarang dengan Pemandangan Estetis
 

Batu Love Garden (Baloga). Sumber gambar: Instagram.com/@balogaofficial

Batu Love Garden (Baloga). Sumber gambar: Instagram.com/@balogaofficial


Pengunjung bisa mengeksplorasi keindahan bunga-bunga sejak awal memasuki bagian pintu masuk Batu Love Garden. Selain bunga-bunga segar, terhadap zona tanaman dried flower dan bunga tiruan yang tak kalah cantik. Kawasan asri yang disulap menjadi aesthetic ini juga diburu pengunjung karena paduan bunga asli yang memiliki warna-warni indah.

Ada pula zona bonsai dengan keunikan bentuknya yang meliuk dan menghadirkan nuansa tenang sepanjang berjalan di sudut wilayah ini. Salah satu spot yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Batu Love Garden adalah Walang Green House. Area tersebut menampilkan koleksi tanaman raksasa dalam ruangan.

Keindahannya makin komplit dengan paduan bangunan arsitektur ikonik yang populer ala Amerika Serikat, Jepang, Yunani, dan Spanyol. Paling menarik bagi penyuka wisata adrenalin adalah rainbow slide, sebuah seluncuran warna-warni yang seru dan menegangkan. Ditambah, eksotisme Gunung Arjuno yang menjadi latar belakang wisata Batu Love Garden ini. 

Buka sejak Desember 2020, taman luas ini juga menjadi wahana edukasi yang ramah anak. Sebab, Batu Love Garden juga menyajikan informasi dasar hampir tiap jenis tanaman, termasuk bunga, hingga tanaman sayur dan buah. Ragam tanaman buah dan sayur tersebut dapat disaksikan di zona hortikultura.

Anak-anak bisa diajak mempelajari cara bercocok tanam dan tata cara merawat tumbuhan dengan baik. Mereka juga bisa menyaksikan proses budidaya tanaman sayur dan buah dimulai dari proses pembibitan hingga panen.
 

Batu Love Garden (Baloga). Sumber gambar: Instagram.com/@balogaofficial

Batu Love Garden (Baloga). Sumber gambar: Instagram.com/@balogaofficial

Bahkan, Batu Love Garden menyediakan ruang khusus bagi pengunjung yang ingin belajar lebih dalam tentang budidaya tanaman. Beberapa kelas yang dibuka antara lain budidaya jamur, anggrek, bonsai, hingga membuat karangan bunga yang indah. Kelas ini tak hanya bisa diikuti anak, melainkan juga bagi orang dewasa. 

Selain edukasi tumbuhan, pengunjung bisa menjelajah indahnya kehidupan kupu-kupu yang terkenal dengan proses metamorfosisnya. Rumah Kupu-Kupu juga tak kalah menjadi lokasi favorit pengunjung baik untuk berfoto ataupun belajar. Terdapat puluhan jenis kupu-kupu dengan ragam motif yang dapat disentuh di area ini. Selain itu, anak-anak juga bisa diajak bersenang-senang dengan menunggangi unta di Batu Love Garden ini.
 
Tak perlu takut kelelahan, Batu Love Garden menyediakan fasilitas sepeda elektrik berbayar dengan harga mulai dari Rp100.000 untuk 3 jam pemakaian untuk mengelilingi seluruh area wisata. Batu Love Garden buka setiap hari mulai Pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Untuk masuk ke Batu Love Garden, pengunjung perlu mengeluarkan dana Rp60.000 per orang untuk hari biasa, dan Rp90.000 per orang untuk hari libur.
 
Batu Love Garden terletak di Jalan Raya Pandanrejo No 91, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk bisa sampai di Batu Love Garden, pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 3 kilometer dari Alun-Alun Kota Batu. Cukup ikuti jalur menuju arah Pandanrejo dengan waktu tempuh kira-kira 7 menit untuk sampai di taman bunga tersebut.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Serial Stranger Things Mulai Produksi Season 5

BERIKUTNYA

Cek Harga Mobil Listrik MG yang Dirakit di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: