Prestasi Sinematik dan Box Office jatuh ke tangan Barbie! (Sumber gambar: goldenglobes)

Skandal Berlalu, Golden Globe Awards 2024 Kembali Curi Perhatian Penonton

10 January 2024   |   13:42 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Penghargaan Golden Globe 2024 mendapatkan apresiasi yang baik dari penonton. Menurut data Nielsen, acara yang untuk pertama kalinya disiapkan di saluran televisi CBS itu setidaknya ditonton oleh 9,4 juta pemirsa. Pencapaian ini menandakan Golden Globe telah comeback.

Dalam 3 tahun terakhir, ajang penghargaan ini selalu mencatatkan tren penurunan penonton. Namun, tahun ini berbeda, Golden Globe kembali naik daun dan mencatatkan kenaikan jumlah penonton hingga 50 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Sebagai catatan, tahun lalu ketika acara ini masih ditayangkan di saluran NBC dan streaming Peacock, Golden Globe hanya mampu meraih rating 1,1. Kala itu, ajang penghargaan ini hanya ditonton oleh 6,3 juta pemirsa.

Baca juga: 5 Gaya Vintage Aktris di Red Carpet Golden Globe Awards 2024, Elle Fanning sampai Dua Lipa

Melansir Variety, debut pertama CBS yang menayangkan acara ini terbilang sukses. Saluran televisi ini mampu mengembalikan daya tarik Golden Globe ke performa yang lebih baik, setidaknya setelah acara ini terguncang akibat berbagai skandal.

Tak jauh berbeda, di platform streaming Paramount+, acara yang digelar Minggu malam ini juga memecahkan rekor untuk layanannya karena menjangkau penonton terbesar untuk acara penghargaan. Acara ini menempati posisi puncak di Paramount+ dan platform CBS lainnya sejak The 65th Grammy Awards ditayangkan pada Februari 2023.

Reformasi tim inti di Golden Globe setelah skandal dan munculnya saluran televisi baru yang menyiarkan acara ini tampaknya bukan alasan tunggal. Sebab, ada banyak faktor lain yang diduga menjadi penyebab acara ini kembali begitu diminati dan naik daun pada tahun ini.

Menurut Deadline, ajang penghargaan ini kembali bisa menyedot perhatian masyarakat karena pemilihan tanggal pelaksanaannya. Tahun lalu, Golden Globe ditayangkan pada Selasa, 10 Januari 2023.

Acara yang berlangsung di tengah hari kerja ditengarai menjadi alasan sepi penonton. Sebaliknya, tahun ini penyelenggara Golden Globe melakukan terobosan dengan menggelarnya pada Minggu malam (7/1/2024). Hal ini membuat penonton jadi lebih dapat meluangkan waktu untuk menyaksikan acara penghargaan tersebut.

Di luar itu, banyaknya film dan serial televisi yang memukau penonton juga menjadi salah satu kekuatan ajang tahunan ini. Penonton tentu ingin melihat apakah film atau aktor kesukaannya berkiprah di ajang penghargaan tersebut.


Pemenang Golden Globe

Dalam Golden Globe tahun ini, Oppeheimer karya Christopher Nolan meraih 8 nominasi. Lima di antaranya berhasil dimenangkan, yakni untuk kategori Best Motion Picture, Best Director, Best Actor Motion Picture untuk Cillian Murphy, Best Supporting Actor untuk Robert Downey Jr., dan Best Score Motion Picture.

Sementara itu, film Barbie bersaing ketat dengan Oppenheimer dan tayang bersamaan di bioskop, juga meraih piala di ajang ini. Sayangnya, pencapaiannya tak sebanyak film karya Nolan tersebut. Barbie hanya meraih dua piala,  yakni Cinematic and Box Office Achievement dan Best Song Motion Picture berkat lagu What Was I Made For? yang dilantunkan Billie Eilish.

Di kategori serial televisi, judul Succession meraih penghargaan terbanyak dengan empat piala. Serial HBO ini menang di kategori Best Drama Series, Best Television Actor, Best Television Actress, dan Best Supporting Actor.

Baca juga: Profil dan Fakta Menarik Cillian Murphy, Aktor Terbaik di Golden Globe Awards 2024

Di sisi lain, serial The Bear dan Beef sama-sama mendapatkan tiga piala di Golden Globe Awards 2024. Tahun ini memang terbilang penuh keseruan. Karya-karya muncul memiliki kualitas yang baik dan punya banyak penggemarnya masing-masing. Hal itulah yang menjadi daya tarik ajang Golden Globe Awards 2024. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Spesifikasi dan Harga ASUS ROG Phone 8

BERIKUTNYA

Gim Buatan Indonesia Kuasai Pasar Asia Tenggara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: