Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Sumber gambar: PBSI)

Jadwal Badminton Malaysia Open 2024, Kontingen Indonesia Optimistis

09 January 2024   |   13:14 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Turnamen badminton Malaysia Open resmi dimulai pada hari ini, Selasa 9 Januari 2024 dan akan berakhir pada Minggu, 14 Januari 2024. Digelar di Axiata Arena, turnamen di Negeri Jiran ini menjadi salah satu kejuaraan bergengsi karena masuk ke dalam kategori Super 1.000. 

Para pebulu tangkis top dunia yang berlaga di kejuaraan ini sudah pasti akan berjuang gigih. Selain untuk mengharumkan nama bangsa, mereka juga akan memperebutkan total hadiah US$1,3 juta atau Rp20,1 miliar.

Dalam turnamen yang berlangsung selama enam hari ini, para pebulutangkis dunia akan saling bertanding di dalam beberapa kategori, dari tunggal putra/putri, ganda putra/putri, dan ganda campuran. 

Baca juga: Candra Wijaya Nilai Regenerasi Atlet Bulutangkis Nasional Masih Hadapi Sejumlah Tantangan

Mengingat pentingnya turnamen ini, Indonesia resmi mengirimkan 12 perwakilannya di Malaysia Open 2024. Di tunggal putra, Indonesia memercayakan sektor ini kepada Jonathan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Untuk tunggal putri, skuad Merah Putih diwakili oleh Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Empat wakil Indonesia lain akan bertanding di ganda putra, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Kemudian, di sektor ganda campuran, wakil Indonesia terdiri dari Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emmanuelle Widjaja. Sayangnya, Indonesia tak berlaga di sektor ganda putri karena dua duet andalannya mengalami cedera.


Jadwal Babak 32 Besar – Grand Final

Kejuaraan badminton Malaysia Open 2024 akan dimulai dari babak 32 besar. Di babak ini, setiap pebulu tangkis akan saling bertanding untuk bisa meraih kemenangan. Dengan sistem gugur, maka hanya mereka yang menang yang akan berlanjut ke babak selanjutnya. 

Babak 32 besar akan digelar selama dua hari, yakni 9-10 Januari 2024. Pertandingan akan digelar mulai pukul 08.20 WIB. Pemenang dari pertandingan ini akan berlaga kembali di babak 16 besar yang akan berlangsung pada 11 Januari 2024.

Setelah melewati babak 16 besar, pebulutangkis yang berhasil lolos akan melaju ke perempat final. Laga delapan besar ini akan digelar pada 12 Januari 2024. Tanpa jeda, pemenang dari babak perempat final akan melaju ke semifinal.

Laga semifinal Malaysia Open 2024 bakal berlangsung pada 13 Januari 2024. Ini adalah pertaruhan terakhir sebelum pebulutangkis masuk ke babak final. Adapun, pertandingan final akan digelar pada 14 Januari 2024. Berikut jadwal lengkapnya.
  • 9-10 Januari 2024: Babak 32 besar
  • 11 Januari 2024: Babak 16 besar
  • 12 Januari 2024: Babak perempat final
  • 13 Januari 2024: Babak semifinal
  • 14 Januari 2024: Babak final


Optimisme Skuad Indonesia 

Kontingen Indonesia cukup optimistis dalam melaju di turnamen ini. Mereka diharapkan bisa meraih hasil yang maksimal di kejuaraan level Super 1.000 ini. Pasalnya, kemenangan bisa menambah poin yang memengaruhi ranking. Ini modal penting untuk mengejar tiket lolos ke Olimpiade 2024.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan persiapan Indonesia di turnamen ini terbilang baik. Sebelum terbang ke Malaysia, pihaknya telah menitikberatkan pada penambahan latihan fisik dan strategi di lapangan.

Selain itu, mereka juga menonton video analisis pertandingan untuk menerka kekuatan lawan. Video analisis itu juga menjadi bahan diskusi dengan para pemain untuk sama-sama dipelajari sebelum akhirnya menentukan strategi yang tepat.

“Persiapan baik dan bagus tinggal bagaimana nanti permainan di lapangan. Saya meminta ke anak-anak supaya tidak terlalu terbeban terutama untuk Fajar/Rian yang statusnya juara bertahan. Ini momentum untuk meraih start bagus di awal tahun,” ucap Mainaky dalam keterangan tertulis PBSI, dikutip Hypeabis.id Selasa (9/1).

Sementara itu, pada hari pertama babak 32 besar yang berlangsung hari ini, Selasa (9/1), ada enam wakil Indonesia yang tampil.

Dimulai sejak pukul 08.20 WIB, di lapangan 1, ada tunggal putra Jonatan Christie yang akan melawan wakil India Kidambi Srikanth.  Kemudian, tunggal Indonesia lain, ykani Anthony Sinisuka Ginting akan melawan Su Li Yang sebagai wakil dari Taiwan.

Di Lapangan dua, ada ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang akan melawan wakil Jerman Mark Lamsfuss/Isabel Lohau. Terakhir, di lapangan tiga ada tunggal putri Putri Kusuma Wardani yang akan melawan Han Yue dari China. Lalu, ada ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang bertarung dengan wakil Kanada Dong Adam/Nyl Yakura. 

Sejauh ini, Rehan/Raisa meraih hasil positif dengan kemenangan tiga gim saat melawan wakil Jerman Mark/Isabel. Sementara itu, wakil Indonesia lain masih menanti giliran bertanding. 

Baca juga: Persiapan & Teknik Dasar Olahraga Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui Biar Makin Jago

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pemeran Utama Five Nights at Freddy's Konfirmasi Sekuel Filmnya Sedang Dikerjakan

BERIKUTNYA

Pakar Ungkap Bahaya Teknologi Face Recognition di Ruang Publik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: