Robert Downey Sr. (Dok. Robert Downey Jr./Instagram)

Terkenal Nyeleneh, Ini 4 Film Eksperimental Karya Robert Downey Sr.

08 July 2021   |   15:54 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sutradara yang terkenal karena film satir komedi Putney Swope sekaligus ayah dari aktor Robert Downey Jr., tutup usia pada Rabu, (7/7/2021), di New York dengan usianya yang ke 85 tahun.

Kabar tersebut terlihat dari unggahan Robert Downey Jr. yang memberikan penghormatan sekaligus mengungkapkan kesedihannya lewat sebuah unggahan di akun instagram pribadinya.

“Tadi malam, ayah meninggal dengan tenang dalam tidurnya setelah bertahun-tahun menanggung kesakitan akibat Parkinson, dia adalah pembuat film maverick sejati,” ungkapnya.

Sosok Downey Sr. yang ambisius dalam membuat film memang memiliki kontribusi yang besar bagi sejarah perfilman Amerika Serikat. Film-film retrospektif monumental yang hadir dalam kurun waktu 1960 sampai 1970-an miliknya mendapatkan sambutan besar pada masa itu.

Berikut ini beberapa film Downey Sr. yang mendapatkan respons terbaik sepanjang karier sinematiknya.

1. Chafed Elbows (1966)
Film yang tayang pada tahun 1966 ini adalah satu dari sekian karya eksperimental milik Downey Sr. yang memiliki kualitas film lama dan direkam pada model 24 frame per detik dengan kamera berdiameter 35 mm. Chafed Elbows bercerita tentang kehidupan seorang pria bernama Walter Dinsmore yang mengalami gangguan dalam hidupnya.

Narasi film menggambarkan sosoknya yang memiliki hubungan cinta dengan ibunya, mengingat operasi histerektominya, menyamar sebagai polisi sampai menjual dirinya sebagai karya seni yang hidup. Berkat keabsurdan film tersebut, beberapa kritikus masih belum mengerti apa yang ingin disampaikan Downey Sr. dalam filmnya pada saat itu.

2. Rittenhouse Square (2005)
Rittenhouse Square adalah karya garapan terakhir Downey Sr. sekaligus film dokumenter satu-satunya yang dia buat pada tahun 2005.

Berlatar di sebuah taman di Philadelphia, film itu menangkap segala momen yang terjadi dengan natural di mana orang-orang bertemu, menemukan romansa, merenungkan kehidupan, menikmati keindahan alam, dan bermain musik.

Berbeda dengan film-film lainnya, Rittenhouse Square digarap dengan premis yang lebih sederhana.

 
1
2


SEBELUMNYA

Ingin Terjun ke Bisnis Daur Ulang? Kini Makin Mudah Dapatkan Pembiayaan

BERIKUTNYA

Tencent Tambah Fitur Verifikasi Wajah Sebelum Main Game, Buat Apa?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: