Para pemeran film Oppenheimer. (Sumber foto: Twitter/OppenheimerFilm)

Kenalan dengan Para Pemeran Film Oppenheimer, Ada Cillian Murphy hingga Matt Damon

21 July 2023   |   18:35 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Film Oppenheimer jadi perbincangan publik belakangan ini, sejak tayang di bioskop pada 19 Juli lalu. Bukan apa-apa, film garapan sutradara Christopher Nolan ini menceritakan sosok penting dalam Perang Dunia II, Julius Robert Oppenheimer, sang bapak bom atom. 

Film ini berangkat dari buku American Prometheus karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin yang menyoroti Julius Robert Oppenheimer. Dia adalah fisikawan teoritis yang terlibat dalam proyek pengembangan senjata nuklir Manhattan Project, selama perang dunia II. Film ini mengulas kehidupan dan karya Oppenheimer yang mengubah dunia. 

Baca juga: Oppenheimer, Kisah Bapak Bom Atom yang Menentang Pembuatan Bom Hidrogen

Selain jalan cerita, Oppenheimer ditunggu-tunggu karena para pemeran di dalamnya. Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris Hollywood ternama. Misalnya, Cillian Murphy yang menjadi figur utama. Kemudian ada Matt Damon, Robert Downey Jr, Florence Plugh, dan lain-lainnya. Dihimpun dari People dan berbagai sumber lainnya, berikut informasi selengkapnya:


Cillian Murphy (J. Robert Oppenheimer)

 

Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer. (Sumber foto: Universal Pictures)

Cillian Murphy sebagai J. Robert Oppenheimer. (Sumber foto: Universal Pictures)

Untuk memerankan Oppenheimer, Murphy rela menurunkan berat badannya agar terlihat mirip dengan sosok ilmuwan yang bertubuh langsing. Aktor berusia 47 tahun itu dikenal karena perannya sebagai Tommy Shelby di BBC Drama, Peaky Blinders. Pada 2020, dia juga ikut berperan dalam horor sekuel A Quiet Place Part II. Oppenheimer bukanlah proyek pertama Murphy dengan Nolan. Sebelumnya, dia juga terlibat dalam beberapa film Nolan. Di antaranya, The Dark Knight (2008), Inception (2010), dan Dunkirk (2017).


Emily Blunt (Katherine "Kitty" Oppenheimer)

   

Emily Blunt sebagai Katherine "Kitty" Oppenheimer. (Sumber foto: Universal Pictures)

Aktris berusia 40 tahun ini dipercaya memerankan istri Oppenheimer, Katherine “Kitty” Oppenheimer. Di film ini, Blunt kembali beradu akting dengan Murphy. Sebelumnya, mereka terlibat dalam seri A Quiet Place (2018). Di samping itu, Blunt juga dikenal lewat peran-perannya seperti The Devil Wears Prada (2006), Salmon Fishing in the Yemen (2011), Mary Poppins Returns (2018), dan The Girl on the Train (2016)Aktris kelahiran London ini menikah dengan bintang The Office, John Krasinski. Sejak 2010, pasangan ini dianugerahi dua orang putri, Hazel dan Violet. 


Matt Damon (Letnan Jenderal Leslie Groves)

  

Matt Damon sebagai Letnan Jenderal Leslie Groves. (Sumber foto:

Matt Damon sebagai Letnan Jenderal Leslie Groves. (Sumber foto: Universal Pictures)

Aktor yang melejit lewat film Good Will Hunting (1997) ini memerankan perwira militer AS Leslie Grovers. Selain Good Will Hunting, kualitas akting Damon juga telah teruji dalam beberapa film, di antaranya Saving Private Ryan (1998), The Talented Mr. Ripley (1999), dan The Martian (2015). 

Menurut catatan Atomic Heritage Foundation, Letnan Leslie Grovers adalah perwira Korps Insinyur Angkatan Darat Amerika Serikat dan direktur Proyek Manhattan. Pada September 1942, Groves ditunjuk untuk memimpin Proyek Manhattan. Sebagai pemimpin proyek, dia bertanggung jawab atas semua fase proyek, termasuk pengembangan ilmiah, teknis, dan proses; konstruksi; produksi; intelijen keamanan dan militer dari aktivitas musuh; dan perencanaan penggunaan bom.


Florence Pugh (Jean Tatlock)

  

Florence Pugh

Florence Pugh sebagai Jean Tatlock. (Sumber foto: Universal Pictures)

Florence Pugh, didaulat memerankan psikiater Jean Tatlock, wanita yang dikenal sebagai kekasih Oppenheimer sebelum kematiannya pada 1944. Karier keaktrisan Pugh dikenal lewat berbagai film. Misalnya, sebagai Dani dalam Midsommar (2019) dan Amy March dalam Little Women (2019). Dia juga tampil dalam Don’t Worry Darling (2022) dan The Wonder (2022)serta berperan sebagai Yelena Belova dalam film MCU, Black Widow (2021).

Lahir di kota Oxford, Inggris, salah satu saudara kandungnya adalah aktor Game of Thrones, Toby Sebastian. Saat masih kecil, Florence tinggal di Spanyol selama tiga tahun. Hal itu karena keluarganya ingin iklim yang lebih hangat di sana. Sebab akan bermanfaat bagi kesehatannya, ketika itu dia menderita trakeomalasia. 


Robert Downey Jr. (Lewis Strauss)

 

Robert

Robert Downey Jr. sebagai Lewis Strauss. (Sumber foto: Universal Pictures)

Sebagian dari kita mungkin mengenal aktor ini sebagai Iron Man, di berbagai film Marvel Cinematic Universe. Namun, di Oppenheimer, kita disuguhkan peran lain dari Downey, yaitu sosok Lewis Strauss. Dia merupakan ketua Komisi Energi Atom AS (AEC), sekaligus penentang penemuan Oppenheimer. Sebagai aktor dengan bayaran tertinggi di Hollywood dari 2013 hingga 2015 menurut Variety, Downey juga dikenal lewat karakter Sherlock Holmes dalam film karya Guy Ritchie berjudul sama. 


Josh Hartnett (Ernest Lawrence)

 

Josh Hartnett sebagai Ernest Lawrence.

Josh Hartnett sebagai Ernest Lawrence. (Sumber foto: Universal Pictures)

Josh Hartnett, memainkan peran sebagai fisikawan nuklir Ernest Lawrence. Namanya mulai dikenal ketika berperan sebagai Trip Fontaine dalam film garapan Sofia Copppola, The Virgin Suicides (1999). Dari situ, Hartnett pun mulai membintangi film boox office lainnya seperti Pearl Harbor (2001) dan Black Hawk Down (2001). Dari 2014 hingga 2016, Hartnett berperan sebagai Ethan Chandler dalam seri horor Penny Dreadful di Showtime. Sejak 2012, dia menjalin hubungan dengan aktris asal Inggris, Tamsin Egerton, dan mereka telah dikaruniai tiga orang anak. Pada 2021, pasangan ini memutuskan untuk menikah.
 

Casey Affleck (Boris Pash)

Adik dari Ben Affleck ini mendapat jatah peran petugas intelijen militer bernama Boris Pash. Soal karier layar lebarnya, Casey mengawalinya sebagai aktor cilik pada era 1980-an. Dia mencapai ketenaran pada 2007 setelah berperan sebagai penjahat Robert Ford dalam film The Assassination of Jesse James by the Coward Robert Ford, serta tampil dalam film Gone Baby Gone, yang merupakan proyek debut Ben Affleck sebagai sutradara.
 

Rami Malek (David Hill)

 

Rami Malek sebagai David Hill.

Rami Malek sebagai David Hill. (Sumber foto: Universal Pictures)

Melejit lewat perannya sebagai Freddie Mercury di film Bohemian Rhapsody (2018), Rami Malek dipercaya berperan sebagai fisikawan eksperimental David Hill. Rami lahir di California dari orang tua asal Mesir. Sebelumnya dia juga dikenal lewat perannya sebagai peretas komputer Elliot Alderson dalam serial Mr. Robot di USA Network (2015 hingga 2019). Pada 2018, berkat perannya sebagai Freddie Mercury, Malek diganjar penghargaan Oscar, Golden Globe, dan SAG Award.
 

Kenneth Branagh (Niels Bohr)

 

Kenneth Branagh sebagai Niels Bohr.

Kenneth Branagh sebagai Niels Bohr. (Sumber foto: Universal Pictures)

Usia 62 tahun tidak menyurutkan semangat Kenneth Branagh dalam memerankan sosok fisikawan Denmark, Niels Bohr di Oppenheimer. Aktor asal Irlandia Utara ini telah berhasil mengukir reputasi gemilang dengan menyutradarai, serta bermain dalam banyak adaptasi karya-karya Shakespeare selama bertahun-tahun. Menurut laporan BBC, penghargaan tertinggi pun diraih saat ia dianugerahi gelar kehormatan Sir pada 2012, sebagai bentuk apresiasi atas karya-karyanya yang luar biasa di dunia perfilman. Pada 2002, dia juga berhasil meraih penghargaan Emmy berkat perannya sebagai Reinhard Heydrich dalam film HBO berjudul Conspiracy.


Benny Safdie (Edward Teller)

 

Benny Safdie sebagai Edward Teller.

Benny Safdie sebagai Edward Teller. (Sumber foto: Universal Pictures)

Di usia 37 tahun, Benny Safdie menjadi sosok yang memerankan fisikawan teoretis terkenal sebagai "bapak bom hidrogen," Edward Teller. Sebelumnya, dia mungkin dikenal secara luas karena kolaborasinya dengan saudaranya, Josh, dalam berbagai film, seperti Good Time (2017) dan Uncut Gems (2019). Selain itu, akting Benny juga teruji dalam film-film seperti Person to Person (2017), Pieces of a Woman (2020) dan Licorice Pizza (2021.

Baca juga: Cara Memilih Tempat Duduk Terbaik Nonton Oppenheimer versi Christopher Nolan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Film & Serial Dokumenter di Netflix dengan Plot Twist yang Enggak Ketebak

BERIKUTNYA

Collector-x, Gim Mobile MMORPG Buatan Lokal yang Bikin Nostalgia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: