Discord, platform perpesanan populer di kalangan gamers (Discord)

Discord Mulai Uji Coba Integrasi Layanan YouTube, Pengguna Bisa Nonton Video Bareng

23 September 2021   |   18:08 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Platofm perpesanan Discord mulai menguji coba integrasi dengan layanan video YouTube di dalam platform miliknya. Langkah ini diambil setelah YouTube menghentikan dua bot musik populer di Discord. Integrasi tersebut mulai muncul di sejumlah kecil server layanan sebagai bagian dari uji coba anyar dari kolaborasi itu.

Dilansir dari The Verge, Kamis (23/9), fitur hasil kolaborasi antara platform Discord dan YouTube.tersebut bernama Watch Together. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan anggota Discord untuk menonton video YouTube bersama-sama. Pengujian fitur serupa sebenarnya telah dilakukan sebelumnya dan kini kembali hadir dengan nama baru.

Watch Together sangat mirip dengan pengalaman seseorang menyiarkan/membagikan layar (share screen) mereka di Discord. Laporan The Verge menyebut bahkan tombol untuk meluncurkan fitur tersebut bersampingan dengan fitur berbagi layar.

Fitur ini dirancang dengan pertimbangan bahwa anggota server Discord akan membuat daftar putar video di YouTube. Pengguna juga bisa mengaktifkan tombol jarak jauh yang memungkinkan anggota lain untuk mengontrol pemutaran.
 
Watch Together Discord (The Verge)

 
Kendati fungsinya tidak identik dengan bot musik Rythm dan Groovy yang telah dihentikan, fitur ini memungkinkan pengguna menonton video dan mendengarkan musik melalui YouTube.

Bedanya, fitur ini memunculkan layanan iklan. Discord memperingatkan bahwa ketika pengguna pertama kali memakai fitur Watch Together, mereka bakal melihat iklan dalam video yang dilihat. 

Adanya iklan tentunya menjadi peluang pendapatan bagi YouTube. Di mana sebelumnya, bot musik yang ada di platform umumnya tidak menampilkan iklan. Oleh karena itu, Google menghentikan dua layanan bot tersebut.

Untuk saat ini, fitur tersebut hanya diluncurkan ke server tertentu dengan beta di lingkup yang juga kecil. Dilaporkan bahwa Discord bakal meluncurkan fitur ini ke seluruh pengguna pada akhir Oktober mendatang.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Siap Tayang 18 November, Film Losmen Bu Broto Rilis Poster & Video Teaser

BERIKUTNYA

Milo Menjadi Mitra Penyelenggaraan PON XX Papua 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: