Game Dark Souls 3 (dok. Bandai Namco)

Awas, Ada Eksploitasi Berbahaya Dalam Game Dark Souls 3

23 January 2022   |   17:47 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Permainan video gim Dark Souls 3 yang diterbitkan oleh Bandai Namco Entertainment dilaporkan memiliki exploit berbahaya bagi para pemain karena dapat menyerang komputer dan mengambil data atau informasi pribadi mereka. 

Seorang pemain gim dan pengguna Twitter, menemukan eksploitasi berbahaya dengan konsep remote code execution (REC) dari permainan aksi role playing game tersebut. menurutnya, eksploitasi berfungsi seperti virut trojan horse bukan lagi berupa cheat sederhana. 

Untuk itu, dia sangat menyarankan pemain Dark Souls 3 untuk tetap daring jika memungkinkan baik bagi mereka yang menggunakan mod atau tidak. Sebab, salah satu mod anti-cheat paling populer seperti Blue Sentinels tidak dapat melindungi perangkat dari eksploitasi tersebut. 

Dilansir dari GameRant, saat ini pembuat mod tersebut sedang mengerjakan pembaruan atau update yang menargetkan eksploitasi baru tersebut. Hingga saat itu, disarankan pemain hanya menjalankan gim secara offline

Exploit itu juga terlihat pada streamer Twitch dengan ID The Grim Sleeper. Saat melakukan siaran langsung gim Dark Souls 3, tiba-tiba permainan tersebut crash dan terdengar suara asisten digital generator text-to-speech Microsoft yang aktif sendiri. 

Dia juga melaporkan bahwa Microsoft PowerShell terbuka dengan sendirinya. Hal ini menandakan bahwa seorang peretas menggunakan program tersebut untuk menjalankan skrip yang dapat memicu fitur text to speech

Setelah kabar ini ramai. Muncul unggahan di platform Discord SpeedSouls yang menyatakan bahwa upaya peretasan itu tidak bermaksud jahat, tapi untuk memberitahu pengembang mengenai kerentanan atau masalah yang ada. 

Kendati begitu, hal ini akan sangat berdampak negatif terhadap banyak pengguna bila ditemukan terlebih dahulu oleh para peretas jahat. Seorang perwakilan Bandai Namco menyatakan dalam postingan Reddit bahwa masalah ini sedang ditanggapi oleh perusahaan. 

“Terima kasih banyak atas informasinya. Laporan tentang topik ini telah dikirimkan ke tim internal yang relevan sebelumnya, dan informasi ini sangat dihargai,” ujarnya. 

Editor : Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Startup di Dalam Negeri Punya Potensi Cerah, Ini Salah Satu Faktornya

BERIKUTNYA

Film The Science of Fictions Bakal Tayang di Netflix 1 Februari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: