Justin Hubner (Sumber gambar: PSSI)

Debut di Timnas Indonesia, Justin Hubner Akui Sulit Adaptasi

03 January 2024   |   15:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Setelah proses naturalisasinya selesai pada Desember 2023, Justin Hubner akhirnya mencatatakan debut di Timnas Indonesia pada laga uji coba melawan Timnas Libya, Selasa (2/1/2024). Sayangnya, tim Garuda mengalami kekalahan telak dengan skor 0-4 pada laga tersebut.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Antalya, Turki, tersebut, Hubner baru diberikan kesempatan bermain pada awal babak kedua. Bek Wolverhampton Wanderers ini menggantikan Ricky Kambuaya yang sudah bermain sejak awal laga.

Baca juga: Sah Jadi WNI, Cek Momen Menarik Justin Hubner Saat Pengambilan Foto KTP

Saat Hubner masuk, Timnas Indonesia dalam kondisi tertinggal 0-1. Hal ini membuat seluruh pemain Timnas Indonesia tampak berada di bawah tekanan. Mereka terus berusaha membobol pertahanan lawan yang begitu ketat.

Kehadiran Hubner di lapangan pada awalnya cukup berpengaruh. Dia tampil mengesankan. Namun, konsistensinya mulai berubah setelah serangan bertubi-tubi didapatkan Timnas Indonesia. Ada dua blunder fatal yang dilakukannya.
 

Justin Hubner (Sumber gambar: PSSI)

Justin Hubner (Sumber gambar: PSSI)

Hubner melakukan kesalahan yang kemudian bisa dimanfaatkan menjadi gol oleh Omar Al Khoja pada menit ke-58. Setali tiga uang, blunder yang mirip juga terjadi pada menit ke-89 dan membuat Nour Al Din Al Qulaib berhasil mencetak gol ke gawang Indonesia.

Selepas laga, Hubner mengakui masih kesulitan untuk adaptasi dalam laga pertamanya bersama Timnas Indonesia. Ada beberapa hal baru yang didapatnya dan itu membuatnya belum mencapai performa maksimal.

“Ini adalah pertandingan pertama saya. Laga ini sungguh sulit karena sistem baru untuk saya, formasi baru untuk saya. Jadi, benar-benar laga yang sulit untuk dimainkan,” ucap Hubner dikutip Hypeabis.id dari laman resmi PSSI, Rabu (03/01).

Bek yang bermain di liga Inggris ini memang hanya punya waktu singkat untuk persiapan menghadapi laga ini. Hubner diketahui tidak mengikuti pemusatan latihan sejak awal digelar. Sebab, dia masih harus menjalankan beberapa pertandingan bersama klubnya.

Dia baru menyusul ke Turki tanpa ada banyak waktu latihan bersama rekan-rekannya. Meskipun demikian, Hubner mengaku tetap bahagia mencatatkan debut di Timnas Indonesia. Dia berjanji akan melakukan hal terbaik setela ini.

“Namun, saya tetap senang bisa memainkan laga pertama saya bersama Timnas Indonesia,” tegasnya.


Eksperimen STY Jadi Sorotan

 

a

Justin Hubner (Sumber gambar: PSSI)

Kekalahan telak 0-4 membuat Timnas Indonesia kini jadi sorotan. Tak hanya karena tidak ada satu gol pun yang bisa dicetak oleh punggawa Garuda, tetapi juga karena eksperimen unik pelatih Shin Tae Yong (STY) pada laga ini.

Saat melawan Libya, STY hampir mencoba seluruh pemainnya pada pertandingan tersebut. Pada babak pertama, STY menurunkan Syahrul Trisna sebagai kiper. Di bagian belakang, ada Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Yakob Sayuri. Kemudian di tengah juga ada Richardo Kambuaya, Marc Klok, Saddil Ramdani, dan Dendy Sulistiawan. Adapun di lini depan ada Dimas Drajad dan Rafael Struick

Di babak kedua, semua pemain diganti kecuali kiper Syahrul. Pemain yang masuk mulai dari Justin Hubner, Jordi Amat, Sandy Walsh. Ada Edo Febriansyah, Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Marselino, Hokky Caraka, Adam Alis, dan Ramadhan Sananta dimainkan bersamaan di 45 menit kedua.

Kendati demikian, sejumlah pihak masih memaklumi langkah STY. Sebab, pertandingan ini hanyalah uji coba. Terlebih, laga ini juga tak masuk dalam kalender FIFA sehingga ketika kalah, poin yang berkurang tak terlalu mencolok.

Setelah ini, Indonesia akan kembali melawan Libya pada 5 Januari, lalu disusul melawan Iran pada 9 Januari. Rangkaian uji coba dan pemusatan latiha ini adalah agian dari persiapan akhir sebelum tampil di Piala Asia 2023. Turnamen bergengsi tersebut dihelat di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jadi Film Favorit Barack Obama, Cek 5 Fakta Film Monster

BERIKUTNYA

Cek Fitur Canggih di Samsung Galaxy S24, Pre Order Dibuka 18 Januari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: