Justin Hubner. (Sumber gambar: Instagram/Justin Hubner)

Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Justin Hubner Siap Jadi WNI, Cek Profilnya

06 December 2023   |   08:40 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah melalui proses yang panjang, bek klub Liga Premier Wolverhampton Wanderers U-21 Justin Hubner akan mengambil sumpah sebagai warga negara Indonesia. Atlet wonderkid liga premier Inggris itu kabarnya akan disumpah sebagai WNI pada Rabu (6/12/2023), dan dipersiapkan untuk memperkuat tim garuda.

Dirangkum dari berbagai sumber, Justin Hubner lahir di Belanda pada 14 September 2003. Pria yang bermain di posisi bertahan itu memiliki memiliki darah Indonesia dari sang ayah berdarah Makassar dan Bandung.

Baca juga: Profil Jay Idzes, Pesepakbola Liga Italia yang Bakal Dinaturalisasi Perkuat Timnas Indonesia

Kariernya dalam sepak bola bermula dari sebuah klub bernama VV TGG pada 2013 atau ketika Justin masihberusia 10 tahun. Kemudian, dia bergabung dengan Brabant United Youth pada 2017. Di klub ini, pria yang memiliki nama lengkap Justin Quincy Hubner itu bermain sampai musim 2019/2020.

Dia kemudian pindah ke tim FC Den Bosch Youth dengan status bebas transfer. Di tim ini, sang atlet berhasil naik ke Den Bosch U17. Pada musim 2019/2020, Justin pindah ke Wolverhampton Wanderers U18, dan kini dia bermain untuk tim U21 di klub dengan lambang serigala tersebut.

Dia terikat kontrak dengan Wolverhampton Wanderers U21 sampai 30 Juni 2025. Sebelumnya, pria yang memiliki kaki dominan kiri itu memperpanjang kerja sama dengan tim pada 1 Februari 2023.
 

Justin tercatat telah bermain untuk Wolverhampton Wanderers U21 sebanyak 9 kali sejak Agustus sampai Desember tahun ini. Tidak hanya itu, dia juga telah melesatkan tiga gol ke gawang lawan, yakni saat berhadapan dengan Leicester U21, Leeds U21, dan Fulham U21.

Selain bermain di posisi bertahan tengah atau bek tengah, sang pemain juga tercatat kerap mengisi posisi bertahan kiri atau bek kiri ketika bermain di tim Wolverhampton Wanderers U21.

Dalam karier internasionalnya, pria dengan tinggi 1,87 meter ini melakukan debut dengan tim nasional Belanda U19 pada 6 Septemebr 2021 dan tercatat pernah bermain untuk negara yang kerap disebut Negeri Kincir angin sebanyak 7 kali.

Setelah itu, dia juga melakukan debut dengan menjadi pemain tim nasional Indonesia U20 pada 17 November 2022. Sang pemain tercatat telah membela Garuda Muda sebanyak dua kali. Pada tahun ini, Justin juga mendapatkan panggilan dari tim nasional Belanda U20.

Dia berseragam tim nasional Belanda muda saat berhadapan dengan tim nasional Prancis U20 dalam laga uji coba. Saat itu, Justin bermain selama 90 menit dan Negeri Kincir Angin menang dengan skor 2 – 1.

Dikutip dari laman PSSI, pemain dengan posisi bek tengah menjadi salah satu incaran pelatih Shin Tae-yong untuk menjadi bagian dari tim nasional Indonesia U20 yang akan tampil di ajang Piala Dunia U20 pada tahun ini.

Sayang, Indonesia batal tampil di ajang tersebut dengan berbagai faktor dan justin pun tidak jadi membela Garuda muda. Namun, rasa untuk menjadi bagian dari tim nasional Merah Putih tidak batal.

Proses naturalisasi Hubner berjalan bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael William Struick. DPR telah setuju untuk menjadikan ketiga pemain itu sebagai warga negara Indonesia dalam sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Sinopsis La Luna, Film Komedi Kampung dengan Unsur Satir

BERIKUTNYA

Ada Nadin Amizah hingga Panggung Spesial God Bless, Ini Line Up Musisi di Everyday Festival 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: