Gim Counter Strike 2 (Sumber gambar: Steam)

10 Gim Steam yang Paling Sering Dimainkan Sepanjang 2023

03 January 2024   |   08:36 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

2023 telah usai. Valve, salah satu developer gim dunia, merilis berbagai macam hal terbaik tentang gim di platform Steam. Salah satu di antaranya adalah perminan yang paling sering dimainkan oleh para gamer sepanjang tahun lalu. Salah satu di antaranya Counter Strike 2.

Dalam lamannya, Valve menuliskan bahwa daftar gim yang paling sering dimainkan sepanjang 2023 itu memiliki lebih dari 300.000 pengguna. Permainan ini juga telah mendapatkan ulasan yang positif dari para penggunanya.

Baca: 10 Game Siap Rilis Januari 2024: Tekken 8 hingga Palworld

Pemain yang memberikan bahkan bisa mencapai jutaan orang. Kecintaan mereka terhadap gim itu membuatnya terus menjadi pilihan sepanjang 2023. Valve juga mengungkapkan bahwa permainan yang masuk dalam daftar paling sering dimainkan itu memiliki genre yang beragam.

Dikutip dari laman Steam, berikut gim-gim yang paling sering dimainkan sepanjang 2023.


1. Counter Strike 2

Steam mencatatkan bahwa gim ini telah mendapatkan ulasan lebih dari 7,7 juta pengguna dengan rata-rata sangat positif. Counter Strike merupakan gim tentang perang antara dua kubu, yakni polisi dan teroris. Permainan ini melibatkan banyak pemain dan termasuk untuk orang dewasa lantaran mengandung unsur kekerasan.

Counter Strike 2 merupakan upgrade gratis dari CS:GO dan merupakan penanda lompatan teknis terbesar dalam sejarah Counter Strike. Pengembang membuat gim ini dengan engine Source 2, dimodernisasi dengan rendering berbasis fisik yang realistis, jaringan canggih, dan alat workshop komunitas yang telah diperbarui.


2. PUBG: Battlegrounds

PUBG: Battlegrounds menjadi permainan lainnya masuk dalam kategori paling sering dimainkan dari platform steam. Gim ini serupa dengan Counter Strike 2, yakni tentang tembak-tembakan dua kubu yang dapat dimainkan dengan banyak pemain.

Steam menuliskan bahwa PUBG: Battlegrounds telah mendapatkan ulasan dari lebih 2 juta pengguna. Gim ini mengharuskan tim menjadi yang tetap hidup selama pertandingan dengan menggunakan berbagai strategi, bertahan atau menyerang.


3. Baldur’s Gate 3

Gim lain yang masuk dalam daftar paling sering dimainkan sepanjang 2023 dari platform steam adalah Baldur’s Gate 3. Permainan itu telah memperoleh lebih dari 400.000 ulasan pengguna sejak diluncurkan, yakni 3 Agustus 2023.

Tidak hanya itu, Baldur’s Gate juga masuk dalam kategori dewasa, sehingga tidak cocok untuk anak-anak karena mengandung konten yang vulgar. Baldur’s Gate 3 juga merupakan pemenang Penghargaan Steam 2023 dengan penilaian luar biasa positif.


4. DOTA 2

DOTA 2 menjadi permainan lain yang paling sering dimainkan sepanjang 2023. Dengan rata-rata penilain sangat positif, gim ini telah mendapatkan ulasan lebih dari 2 juta penggunanya. Dota adalah game RTS aksi multi-pemain. Para gamer yang memainkan Dota 2 harus berstrategi dan menerapkan taktik baru untuk mengalahkan lawan-lawannya untuk keluar sebagai pemenang.


5. Son of the Forest

Gim berjudul Son of the Forest menjadi permainan lainnya yang paling sering dimainkan oleh para gamer sepanjang 2023. Permainan yang rilis pada Februari 2023 itu mendapatkan ulasan sangat positif dari penggunanya. Steam mencatat bahwa ada lebih dari 100.000 pengguna yang memberikan ulasannya tentang permainan ini.


6. Apex Legends

Apex Legends menjadi salah satu permainan yang paling sering dimainkan sepanjang tahun lalu. Dengan ulasan dari lebih 700.000 pengguna, permainan yang rilis pada 2020 itu mendapatkan ulasan mayoritas positif. Gim yang berasal dari pengembang Respawn Entertainment dan penerbit Electronic Arts itu memiliki genre aksi dan petulangan.


7. Destiny 2

Destiny 2 menjadi gim lain yang paling sering dimanikan dalam daftar Steam sepanjang tahun lalu. Gim yang telah diulas oleh lebih dari 500.000 orang pengguna itu memiliki rata- rata penilaian sangat positif. Para pemain akan menjelajahi misteri tata surya dan merasakan pertempuran menembak ketika masuk ke dalam permainan. Tidak hanya itu, gim ini juga menyajikan cerita yang sinematik dan misi yang menantang untuk diselesaikan.


8. Hogwarts Legacy

Gim lain yang menjadi paling sering dimainkan lainnya adalah Hogwarts Legacy. Permainan ini mungkin tidak asing bagi Genhype yang sudah menonton cerita Harry Potter dan menemukan sekolah sihir Hogwarts sebagai bagian dari ceritanya.

Saat bermain gim  ini, kalian akan teringat atau merasakan suasana sekolah sihir seperti dalam cerita Harry Potter. Ya, Hogwarts Legacy adalah gim RPG aksi dunia terbuka berlatar dunia yang pertama kali diperkenalkan dalam buku Harry Potter.


9. Goose Goose Duck

Goose Goose Duck merupakan gim lainnya yang juga masuk dalam daftar paling sering dimainkan oleh para gamer sepanjang 2023. Permainan yang dibuat oleh pengembang Gaggle Studios Inc. itu adalah permainan deduksi soial yang mengharuskan pemain dan sesama angsa berkerja menyelesaikan misi. Permainan yang telah meraih lebih dari 57.000 ulasan dari para pengguna itu memiliki rata-rata penilaian sangat positif.


10. Starfield

Gim buatan pengembang Bethesda Game Studios ini adalah permainan yang baru rilis pada September 2023. Namun, Starfield sudah berhasil menarik perhatian para gamer yang penasaran, sehingga menempatkannya menjadi salah satu yang paling sering dimainkan pada 2023.

Starfield adalah alam semesta baru pertama dari Bethesda Game Studios dalam 25 tahun terakhir. Para gamer dapat bermain dengan latar bintang-bintang dan menciptakan karakter apa saja yang diinginkan untuk menjelajahai permainan ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Fakta Menarik Golden Disc Awards 2024 di Jakarta, Bakal Jadi Konser K-Pop yang Megah

BERIKUTNYA

Jadwal FA Cup Januari 2024 Putaran Ketiga, Wigan vs MU & Arsenal vs Liverpool

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: