NewJeans. (Sumber gambar: NewJeans Official X)

4 Fakta Menarik Golden Disc Awards 2024 di Jakarta, Bakal Jadi Konser K-Pop yang Megah

03 January 2024   |   08:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tiga hari lagi, Golden Disc Awards (GDA) ke-38 akan dihelat di Jakarta. Ajang penghargaan musik bergengsi itu bakal berlangsung pada 6 Januari 2024 di Jakarta International Stadium (JIS). Belasan musisi dan grup dari Korea Selatan siap menyapa sekaligus menampilkan pertunjukan terbaiknya seluruh penggemar K-Pop di Indonesia.

Jelang perhelatannya, NICE Entertainment selaku promotor GDA baru saja mengumumkan terkait e-voucher dan informasi seat yang dikirimkan melalui email masing-masing pembeli tiket. Di samping itu, banyak warganet di media sosial juga mengungkapkan bahwa mereka tak sabar untuk menyaksikan GDA di Jakarta. Sampai-sampai kata kunci #GDAinJakarta menjadi trending topic di X.

Baca juga: Cek Lineup Presenter Golden Disc Awards di Jakarta, Ada Lee Jun-ho & Tiffany Young

Golden Disc Awards (GDA) sendiri adalah sebuah acara penghargaan musik yang telah berlangsung sejak 1986. Ajang tahunan ini digagas oleh Asosiasi Industri Musik Korea Selatan untuk mengakui sekaligus mengapresiasi pencapaian luar biasa industri musik di Negeri Ginseng.

Sebelum dikenal dengan nama Golden Disc Awards, ajang penghargaan ini lebih dulu hadir dengan nama Korea Visual and Records Grand Prize Awards. Hingga pada 2001, ajang ini berganti nama menjadi Golden Disk Awards, dan pada 2015 ada perubahan pengejaan menjadi Golden Disc Awards.
 

Perhelatan GDA selalu ditunggu-tunggu para penggemar K-Pop karena banyak artis yang akan membawakan penampilan spesialnya. Tahun lalu, ajang pernghargaan ini dimeriahkan oleh PSY, Stray Kids, Seventeen, (G)I-DLE, Enhypen, Treasure, Le Sserafim, NewJeans, hingga penyanyi trot Lim Young Woong.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah sejumlah fakta menarik perhelatan GDA di Jakarta seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id.


1. Perdana Digelar di Indonesia

Gelaran GDA di Jakarta disambut riuh khususnya oleh para pencinta K-Pop di Indonesia. Maklum saja, pasalnya, ini akan menjadi pertama kalinya ajang GDA diadakan di Jakarta. Kendati demikian, Jakarta menjadi lokasi penyelenggaraan kelima ajang GDA di luar Korea Selatan. Sebelumnya, GDA juga pernah dihelat di Thailand pada 2022, di China pada 2015, di Malaysia pada 2013, dan di Jepang pada 2012.

Perwakilan Sekretariat Golden Disc Awards mengatakan penyelenggaraan GDA di luar Korea Selatan dilatarbelakangi oleh pengaruh K-Pop yang terus tumbuh di pasar global. Termasuk, adanya peningkatan permintaan dari penonton Asia yang ingin melihat artis-artis K-Pop.

"Menanggapi minat yang meningkat ini, kami berdedikasi untuk membangun platform di mana berbagai penggemar musik dalam dan luar negeri dapat terlibat dan menikmati lingkungan artistik K-Pop. Jakarta menyediakan ruang unik untuk menciptakan pertukaran yang menarik ini," tulis mereka seperti dikutip dari Allkpop.


2. Diramaikan Bintang K-pop Kenamaan

GDA di Jakarta akan diramaikan oleh deretan bintang K-Pop kenamaan. Mereka adalah Enhypen, NewJeans, STAYC, Stray Kids, ZEROBASEONE, Seventeen, BOYNEXTDOOR, FIFTY FIFTY, IVE, Le Sserafim, YB, TXT, Parc Jae-jung, dan Lapoem.

Salah satu grup yang dinantikan di ajang GDA yakni NewJeans. GDA ke-38 akan menjadi momentum grup besutan label ADOR itu bertandang ke Tanah Air sejak debut pada 2022. Tak hanya menjadi penampil, NewJeans juga masuk ke dalam jajaran nominasi Lagu Digital Terbaik dengan lagu Ditto.

Ada pula FIFTY FIFTY yang masuk ke dalam dua nominasi di GDA 2024 yakni kategori Artis Rookie dan Lagu Digital Terbaik, serta ZEROBASEONE yang masuk ke dalam nominasi Artis Rookie dan Album Terbaik. Begitupun dengan Le Sserafim yang masuk ke dalam nominasi Lagu Digital Terbaik dan Album Terbaik.
 
 

3. Dipandu oleh 5 Presenter

GDA 2024 di Jakarta bakal dipandu oleh lima presenter sekaligus yakni Cha Eun-woo ASTRO, Sung Si-kyung, Lee Jun-ho, Tiffany Young, dan Ha Jung-woo. GDA 2024 menjadi kali kedua bagi Lee Jun-ho memandu acara penghargaan industri hiburan yang digelar tahunan itu. Sebelumnya, personel boygroup K-Pop 2PM itu juga menjadi presenter GDA 2023 yang berlangsung di Thailand, bersama Lee Da-hee, Sung Si-kyung, Park So-dam, Nichkhun 2PM, dan Song Joong-ki.

Sementara bagi Tiffany Young, Hang Jung-woo, dan Cha Eun-woo, GDA 2024 akan menjadi momen pertama mereka memandu ajang penghargaan bergengsi itu. Lain halnya dengan Sung Si-kyung. GDA ke-38 di Jakarta bakal menjadi kesempatan kedelapan baginya sebagai pembawa acara. Selain aktif sebagai penyanyi, artis berusia 44 tahun itu dikenal juga sebagai komedian dan pembawa acara. 


4. Bakal Suguhkan Pertunjukan Besar

Ajang GDA ke-38 yang berlangsung di Jakarta disebut bakal menjadi produksi acar terbesar dalam sejarah konser K-Pop di Indonesia, dengan panggung, visual, dan tata cahaya yang megah. Pihak promotor memastikan bahwa mereka akan memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan idola untuk para penonton. 

Untuk memberikan pengalaman terbaik tersebut, pihak penyelenggara menyiapkan sebuah pertunjukan berstandar internasional tertinggi di Asia Tenggara. Adapun, GDA 2024 bakal berlangsung selama 4 jam.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Pemain Film Suami yang Lain, Dibintangi Acha Septriasa & Morgan Oey

BERIKUTNYA

10 Gim Steam yang Paling Sering Dimainkan Sepanjang 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: