Penumpang di dalam LRT (Sumber gambar ilustrasi: pexels/Alvin Bondoc Decena)

Jangan Khawatir, LRT Sumsel Tambah 10 Perjalanan saat Malam Tahun Baru 2023

30 December 2022   |   13:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ada kabar baik bagi Genhype yang ingin merayakan malam tahun baru di Palembang, Sumatra Selatan lantaran PT Kereta Api Indonesia menambah jumlah perjalanan kereta api ringan atau light rail transit (LRT) sampai dengan pukul 01.09 WIB, 1 Januari 2023.

Kabag Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan bahwa penambahan perjalanan LRT Sumatra Selatan yang akan berlangsung pada 31 Desember 2022 membuat jumlah perjalanan kereta api menjadi 104 perjalanan.

“Dari 94 perjalanan pada hari biasa,” katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Dia menuturkan bahwa penambahan jumlah perjalanan kereta api ringan itu sebagai bentuk layanan perusahaan pada masa Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang khusus diberikan pada malam pergantian tahun.

Baca jugaTradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara, Mengecat pintu hingga Bunyikan Lonceng

Selain menambah perjalanan LRT, perusahaan juga menyiapkan petugas untuk mendukung kelancaran operasional pada malam tahun baru, yakni petugas stasiun, di dalam kereta, petugas keamanan, kebersihan maupun di pusat pengendali siap siaga hingga perjalanan terakhir.

Dia pun menghimbau seluruh pengguna LRT Sumatra Selatan agar tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan (Prokes) dan aturan yang berlaku di dalam stasiun dan kereta saat menaiki LRT pada malam tahun baru.

Perusahaan akan melarang penumpang membawa barang yang mudah terbakar, seperti kembang api dan petasan untuk keamanan dan kenyamanan bersama saat menaiki LRT Sumatra Selatan.

Dia menambahkan bahwa banyak masyarakat melewatkan malam pergantian tahun baru 2023 dengan bepergian ke pusat keramaian yang ada di Kota Palembang.

Contoh pusat keramaian yang biasanya menjadi tujuan masyarakat adalah Kawasan Jembatan Ampera, Masjid Agung, Kawasan Monpera, Air Mancur, dan pusat keramaian lainnya yang menjadi langganan masyarakat Kota Padang dalam merayakan malam tahun baru.

Untuk diketahui, sampai akhir Desember 2022, LRT Sumsel telah mengangkut lebih dari 3 juta orang dengan rata-rata penumpang harian sebanyak 8.404 penumpang, dan diharapkan terus mengalami peningkatan pada 2023.

“Seiring dengan meningkatnya keinginan masyarakat menggunakan transportasi publik dan  kemudahan-kemudahan masyarakat dalam menggunakan LRT Sumsel seperti ada 7 koridor feeder yang telah terintegrasi dengan stasiun-stasiun LRT,” katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya, dalam rangka melayani penumpang pada malam pergantian tahun, perusahaan melalui anak usahanya, yakni PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) juga menambah jumlah perjalanan KRL commuterline di lintas Bogor, Cikarang/Bekasi, Rangkasbitung, Tangerang, dan Tanjung Priok.

Setiap lintas akan memiliki jumlah KRL commuterline tambahan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Lintas Bogor adalah lintas yang memiliki jumlah KRL commuterline tambahan terbanyak, yakni mencapai 9 kereta tambahan.

Lintas Bekasi/Cikarang adalah lintas yang memiliki jumlah KRL commuterline tambahan terbanyak kedua pada malam pergantian tahun dengan jumlah tujuh kereta api tambahan. Total, terdapat 28 perjalanan KRL commuterline tambahan di lintas-lintas tersebut dengan jadwal keberangkatan sampai dengan pukul 03.00 WIB, 1 Januari 2023.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Industri Mode Berduka, Desainer Vivienne Westwood Meninggal Dunia

BERIKUTNYA

Rekam Jejak Pele, dari Keluarga Sederhana hingga Boyong 3 Trofi Piala Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: